Apa Itu Investasi Properti Syariah

Melakukan investasi properti sudah lama dilakukan dan selalu ada peminatnya hingga sekarang. Selain memberikan keuntungan yang berkali-kali lipat, investasi properti juga dapat dimanfaatkan sebagai pemasukan pasif atau orang-orang sering menyebutnya sebagai passive income.

Berbagai jenis investasi sekarang juga bermacam-macam dan salah satu yang mulai naik adalah investasi properti syariah.  Tren properti syariah kian meroket karena tidak hanya memberikan keuntungan materi, tetapi juga dapat memberikan kepuasan spiritual.

Untuk kamu yang ingin tahu apa itu investasi peroperti syariah dan keuntungan di dalamnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Investasi Properti Syariah

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang menganggap properti syariah hanya berlaku pada kaum muslim saja. Padahal, investasi satu ini bisa diperuntukkan bagi seluruh umat beragama.

Secara umum, investasi properti syariah adalah jenis investasi properti yang prosedur transaksinya dijalankan sesuai dengan akidah Islam. Di dalam skemanya, pembayaran properti ini menjalankan syariat Islam yang tidak menerapkan prinsip pinjaman seperti bank. Adapun proses pembelian unit rumahnya bisa dilakukan kepada developer syariah dengan tidak melibatkan orang ketiga atau pihak bank.

Keuntungan Investasi Properti Syariah

Setelah mengetahui apa itu investasi properti syariah, maka selanjutnya adalah memahami apa saja keuntungan yang didapatkan saat mengambil investasi ini. Agar lebih paham, simak ulasannya di bawah ini.

Risikonya Cukup Rendah

Investasi properti syariah lebih memiliki resiko kerugian yang terbilang cukup rendah dibandingkan dengan investasi yang lainnya. Contohnya seperti investasi saham, surat utang dan lain sebagainya.

Hal Ini dikarenakan investasi properti syariah memiliki keuntungan yang jelas dan dapat digunakan kapan saja. Investasi ini juga cocok untuk investor yang tidak ingin mengambil terlalu banyak risiko.

Apa Itu Investasi Properti Syariah dan Keuntungan Di Dalamnya

Mempunyai Nilai Plus yang Tinggi

Keuntungan investasi properti syariah lainnya adalah mempunyai nilai plus yang tinggi. pada dasarnya, Investasi properti syariah memiliki nilai tinggi karena berasal dari nilai properti. Alasan ini berbanding lurus  dengan nilai dari pengembangan propertinya.

Contohnya seperti bangunan yang akan dibangun pada lahan kosong. Sebelumnya bagunan tersebut sudah diperhitungkan dalam segi keuntungan yang akan didapat nantinya.

Mampu Memberikan Keuntungan yang Lebih Besar

Perlu kamu ketahui bahwa investasi properti syariah mampu memberikan keuntungan lebih besar pada penggunanya. Keuntungan tersebut didapatkan saat properti yang dibangun atau properti lainnya sudah dimiliki oleh pemilik sah.

Properti yang dijadikan objek investasi ini bisa disewakan atau dikontrak tanpa ada resiko kehilangan properti tersebut. Bahkan, bangunannya tetap bisa mendapatkan penghasilan tambahan per bulan/tahun tanpa harus melakukan apapun lagi.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Bisa Dijadikan Passive Income

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa investasi properti bisa dijadikan sebuah passive income. Hal tersebut juga tidak terkecuali pada investasi satu ini. Meskipun hasil yang didapat tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat, Namun investasi properti bisa dibilang tetap menggiurkan. Sebab, nilainya akan terus meningkat setiap tahunnya.

Selain dihuni secara pribadi, properti seperti rumah juga dapat disewakan seperti pada poin sebelumnya. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai passive income yang menarik.

Aset Investasi Jangka Panjang

Investasi properti syariah juga termasuk jenis investasi yang memiliki nilai jangka panjang. Dibandingkan dengan investasi di deposito, saham atau emas, investasi Ini adalah peluang untuk mengalokasikan dana. Selain itu, sifat properti bisa bertahan lama tanpa mengurangi harganya.

Investasi ini juga akan terus berjalan hingga properti yang dijadikan investasi tidak layak pakai lagi. Meskipun begitu, kamu dapat memperbaharui properti tersebut sehingga investasi yang dilakukan akan diperpanjang.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Terjamin Keamanannya

Keunggulan properti syariah adalah kamu bisa bertransaksi dengan lebih aman dan bebas riba. Bahkan, kamu juga tidak perlu khawatir akan penipuan baik secara langsung ke pihak kedua atau melalui agen dan developer properti syariah. Dengan begitu, keamanan yang diberikan sudah sangat terjamin dibandingkan jenis investasi properti biasa.

Selain itu investasi syariah juga harus bersih dari segala hal yang berbau penipuan. Dengan begitu, pemilik investasi tidak akan menipu dan pengguna tidak merasa ditipu. Efeknya adalah timbul kepercayaan yang tinggi dan keuntungan yang juga bertambah tinggi.

Investasi Tanpa Sita

Keuntungan lainnya dari investasi properti syariah adalah tanpa takut kena sita. Hal ini karena dalam properti syariah tidak sesuai dengan ajaran Islam. Berbeda dengan investasi biasa yang pihak developer biasanya menerapkan sistem penyitaan. Sebab, pelanggan tidak bisa menyelesaikan pembayaran sesuai kesepakatan.

Dengan investasi properti syariah, kamu akan menerima manfaat dari properti Islami yang tidak bisa didapatkan saat membeli rumah dari pengembang konvensional. Tentunya hal ini bisa menjadi keunggulan tersendiri.

Terhindar dari Dosa Riba

Investasi di properti konvensional pastinya masih terikat dan berhubungan dengan riba hasil dari transaksi dengan pihak bank. Sedangkan Investasi properti syariah dinilai lebih pasti karena tak terkait dengan nilai suku bunga dan gejolak perekonomian yang terjadi.

Tips Melakukan Investasi properti Syariah

Tentunya sebelum kamu terjun dalam investasi properti syariah, harus tahu duku tips yang diberikan agar tidak salah langkah. Beberapa tips yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut.

Cari Lokasi yang Tepat

Lokasi adalah salah satu hal yang harus ditentukan terlebih dahulu sebelum membeli rumah atau memulai bisnis properti. Pilih lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan atau kawasan yang ramai jika properti adalah toko atau ruko.

Namun pilih lokasi yang tidak terlalu ramai atau agak jauh dari jalan-jalan besar. Selain itu, pilih lokasi yang memiliki akses mudah,bersih dan aman. Syarat properti tersebut cocok untuk rumah atau kontrakan yang ingin disewakan.

Persiapkan Dana

Jika uang yang dimiliki belum siap, kamu bisa mengajukan pinjaman atau KPR ke bank-bank syariah atau bank konvensional yang memiliki program KPR syariah. Akan tetapi, jika uang yang dimiliki kira-kira cukup untuk langsung membeli properti, maka bisa langsung mendatangi developer syariah atau ke bank-bank syariah.

Pilih Tenor sesuai Kemampuan

Jangan lupa untuk memilih tenor yang memang kamu mampu memberikannya secara rutin. Ingat! Cicilan KPR bisa mencapai waktu 5-10 tahun dan waktu tersebut bukan waktu yang sebentar. Jadi, pastikan bahwa finansial kamu memang sudah siap sebelum mengajukannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian mengenal investasi syariah dan keuntungan di dalamnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Instagram