Mengapa Harus Investasi Properti

Jika kamu sedang berinvestasi properti, maka istilah crowdfunding bukanlah hal yang asing lagi. istilah satu ini cukup populer seiring dengan menjamurnya berbagai platform investasi properti online. Di Indonesia sendiri, hal tersebut menjadi perbincangan oleh kalangan muda, khususnya bagi orang-orang yang tertarik dengan dunia investasi properti.

Lalu, ada pertanyaan yang masih penasaran, mengapa harus investasi properti melalui crowdfunding? Jika kamu penasaran dengan jawabannya, maka simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Crowdfunding

Crowdfunding adalah sebuah istilah yang sering digunakan sebagai pendanaan bersama atau patungan bersama. Baik itu dari masyarakat luas maupun orang per orang untuk menjalankan sebuah proyek tertentu.

Sistem ini sudah berjalan di berbagai negara untuk mendukung jalannya berbagai sektor industri. Pendanaan ini juga telah terbukti memberikan dampak positif terhadap perkembangan perekonomian karena kemudahan sistem tersebut.

Intinya, crowdfunding properti merupakan sistem yang memungkinkan kamu untuk memberi properti secara patungan. Semua dana terkumpul dari beberapa investor lain melalui platform equity crowdfunding. Tujuannya sebagai pengumpul dana yang telah menyeleksi properti potensial untuk listing pada platform mereka.

Jenis – Jenis Crowdfunding

Setelah mengetahui tentang istilah crowdfunding, maka kini adalah membahas tentang jenis-jenisnya secara umum. Beberapa jenis investasi properti melalui crowdfunding adalah sebagai berikut:

Equity Crowdfunding (EQF)

Pertama ada Equity Crowdfunding atau disingkat EQP. Pada dasarnya, jenis crowdfunding dengan  acuan aspek equity ini menawarkan keuntungan yang sama antara investor dan pemilik program.

Jika investasi yang dilakukan melibatkan produk saham, maka laba tersebut akan dibagi equal antara keduanya. Oleh karena itu, equity crowdfunding adalah salah satu pilihan yang paling terkenal saat ini.

Reward Crowdfunding (RCF)

Selanjutnya ada Reward Crowdfunding atau RCF yang ada dalam jenis satu ini. Berbeda dengan keuntungan yang sama rata pada jenis pertama. Manfaat crowdfunding Reward ini bisa didapat dalam bentuk hadiah.

Dalam arti lain, investor akan mendapat timbal balik berupa barang-barang yang menarik dari dana yang mereka keluarkan. Hal ini mungkin sangat menarik bagi sebagian orang.

Mengapa Harus Investasi Properti Melalui Jenis Crowdfunding

Donation Crowdfunding (DCF)

Sesuai dengan namanya, jenis crowdfunding ini bersifat sukarela. Kegiatan-kegiatan sosial seperti bantuan bencana alam atau bakti sosial adalah program yang kerap dilakukan menggunakan DCF.

Berbeda dengan manfaat crowdfunding berdasarkan equity dan reward, jenis ini tidak akan ada kompensasi yang diberikan. Oleh sebab itu, jenis investasi properti crowdfunding ini hanya dilakukan pada momen tertentu saja.

Investment Crowdfunding (ICF)

Investment crowdfunding merupakan cara berinvestasi dengan urun dana dalam jumlah kecil bersama orang-orang lain. Manfaat crowdfunding yang satu ini adalah imbalan saham pada projek atau properti saat kamu turut menanam modal.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Kelebihan Investasi Properti Jenis Crowdfunding

Tentunya mengapa harus investasi properti melalui jenis crowdfunding memiliki keunggulannya tersendiri. Beberapa kelebihan itu antara lain sebagai berikut.

Bisnis lebih cepat dikenal luas

Kamu bisa menjelaskan rencana pengembangan bisnis kepada masyarakat saat melakukan crowdfunding untuk mendapatkan pendanaan. Semakin banyak orang yang tahu maka akan semakin besar juga peluang untuk mendapatkan dana tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan satu platform pendanaan saja seperti pada website, media sosial atau channel lainnya untuk menginformasikan crowdfunding ini. Bisa dibayangkan jika bisnismu dikenal banyak orang lewat channel promotion, maka penjualan pun akan semakin meningkat.

Pendanaan bisnis juga didapat dari pinjaman modal usaha seperti dari Lancar by Danamas. kamu bisa dapatkan pinjaman modal bisnis mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan kemudahan pengajuan lewat aplikasi tersebut.

Dapat Memikat Investor Potensial

Jika ide bisnis yang kamu miliki cukup menarik dengan potensi yang menjanjikan, maka nantinya akan ada banyak orang yang ingin berinvestasi pada bisnis tersebut. Melalui crowdfunding maka nantinya calon investor bisa mempelajari bisnis dan peluang dari investasi tersebut.

Selain itu, melalui crowdfunding juga nantinya calon investor bisa mempelajari bisnis dan peluang dari investasi tersebut.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Proses Pengajuan yang Sangat Mudah

Kemudahan mendapatkan dana dengan metode crowdfunding bisa didapatkan hanya melalui sistem  online. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu mengunjungi investor satu persatu yang bahkan tersebar di seluruh dunia.

Di Indonesia juga ada beberapa platform yang bisa anda gunakan melalui sistem crowdfunding ini. Dengan kata lain, proses pengajuan dengan sistem ini tidak membuat penggunanya merasa kerepotan.

Mampu Menentukan Sistem Crowdfunding sendiri

Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan adalah dapat menentukan sistem pendanaan sendiri. Jika bisnismu berfokus pada manfaat sosial, maka jenis crowdfunding yang cocok adalah donation crowdfunding.

Jika bisnismu mulai berkembang dan ingin mendapatkan dana yang sangat cepat maka pakailah jenis equity crowdfunding.

Dapat mengurangi Kompetisi

Jika kamu mencari dana untuk bisnis startup, maka cara umum mungkin akan lebih sulit. Hal ini dikarenakan belum adanya kredibilitas perusahaan dan belum sebanding dengan perusahaan yang sudah terkenal lainnya.

Melalui crowdfunding, kamu bisa melewati fase awal perdana startup dengan menggalang dana bermodalkan ide dan potensi bisnis yang kamu miliki. Cara ini tentunya jauh lebih mudah, cepat dan bahkan tidak sampai bersaing dengan bisnis lainnya.

Mampu Membangun Basis Konsumen

Untuk bisa mendapatkan dana, maka produk dan layanan harus diterima oleh target pasar. Kamu bisa menggunakan platform khusus seperti media sosial untuk penggalangan dana.

Selain itu, cara ini juga bisa mendapatkan konsumen yang potensial. Melalui kampanye crowdfunding, maka informasi produk bisa dilihat dan diketahui oleh banyak orang.

Salah satu investasi properti dengan modal kecil

Investasi properti dengan sistem crowdfunding memberikan akses kepada pemodal kecil untuk menjadi bagian dari properti. Bahkan, bisa jadi sebuah properti yang berpotensi memiliki keuntungan jangka panjang.

Hal ini sangat memudahkan investor properti karena biasanya properti membutuhkan dana yang besar.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian kamu harus memulai investasi properti melalui jenis crowdfunding. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Instagram