Inilah Cara Memulai Investasi Properti

Investasi properti saat ini sudah banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik itu para pebisnis maupun para pemuda yang sedang belajar investasi. Apalagi, bisnis dalam investasi properti ini tergolong sangat populer sejak lama. Hal itu dikarenakan investasi properti menjanjikan keuntungan besar dan bisa bertahan dalam kondisi apapun.

Untuk kamu yang masih bingung dengan cara memulai investasi properti, sekarang bisa memulainya dari agen atau broker terlebih dahulu. Dengan begitu, kami bisa meminimalisir risiko bisnis properti sambil tetap menikmati keuntungannya.

Pengertian Agen Investasi Properti

Agen investasi properti adalah sebuah usaha memasarkan tanah atau bangunan (contohnya rumah, rumah KPR, ruko, apartemen, dan lain-lain) milik orang lain. Biasanya mereka disebut dengan nama agen, makelar, atau pun broker.

Fungsi utama agen properti ini adalah menghubungkan pemilik properti dan pembeli. Banyaknya pemilik yang sibuk akan hal lain ataupun permasalahan konektivitas mengakibatkan penggunaan jasa Agen Properti sangat diminati. Dengan menggunakan Jasa tersebut, pemilik properti akan lebih cepat menjual asetnya tanpa harus mengganggu waktunya.

Menjadi agen properti juga terkenal dengan modalnya yang minim namun keuntungan sangat besar. Bahkan, kamu bisa melakukannya tanpa modal karena hanya bertugas mempertemukan pembeli dan pemilik properti. Namun, kamu juga diperbolehkan untuk menggunakan dana untuk jasa iklan sebagai alat pemasarannya, baik iklan gratis maupun berbayar.

Inilah Cara Memulai Investasi Properti Sebagai Agen

Cara Memulai Investasi Properti Sebagai Agen

Menjadi agen properti bisa dikatakan dapat menjadi investasi yang menguntungkan.Khususnya untuk kamu yang baru lulus dan sedang mencari pekerjaan. Untuk cara memulainya, kamu bisa simak ulasannya di bawah ini.

Dapatkan Sertifikat Profesi Broker Indonesia

Sejak akhir tahun 2015 lalu, AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) terus menggiatkan lisensi bagi para broker melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti. Cara memulai jadi agen properti sukses yang pertama adalah dengan memiliki sertifikat/lisensi. Dengan memiliki sertifikat agen properti, maka dianggap sudah memiliki kemampuan menjalankan pekerjaan sebagai broker.

Namun sayangnya, masih banyak agen properti yang belum memilikinya karena kurang tahu bagaimana caranya mendapatkan sertifikat ini. Sebenarnya ada dua cara mendapatkan sertifikat tersebut, yakni berdasarkan lokasinya. Jika kamu ada di Pulau Jawa, maka bisa datang langsung ke kantor Sekretariat LSP Broker setempat. Sedangkan di luar pulau Jawa, maka bisa daftar secara kolektif.

Keberadaan aturan ini dianggap penting mengingat Indonesia telah memberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dengan begitu, broker properti asing akan mudah masuk ke Indonesia dan persaingan antar broker pun akan semakin ketat.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Pilih Sarana yang Sesuai

Cara memulai investasi properti sebagai agen berikutnya adalah pilih antara menjadi agen properti perorangan/individual atau tergabung dalam sebuah badan usaha. Jika memilih untuk menjadi agen properti perorangan/individual, maka kamu bertanggung jawab sepenuhnya atas diri sendiri. Namun, tentunya kamu akan lebih fleksibel waktu dan aktivitas.

Sedangkan jika kamu memilih untuk bergabung dalam sebuah badan usaha, maka harus mengikuti aturan perusahaan namun memiliki sarana tepat untuk menawarkan properti. Sebaiknya kamu mencari perusahaan agen properti yang memiliki reputasi bagus dan terpercaya.

Cara mudahnya adalah dengan memeriksa kredibilitas perusahaan tersebut melalui ulasan di media sosial atau blog. Kamu bisa juga meminta saran dari kerabat yang pernah menjadi agen pemasaran properti. Keuntungan menjadi bagian dari agensi properti adalah kamu bisa mendapatkan bimbingan dari senior dan database klien yang bisa dikembangkan sendiri.

Rajin melakukan Promosi

Rajin dalam melakukan promosi juga merupakan salah satu cara memulai investasi properti sebagai agen. Sebaiknya kamu manfaatkan media pemasaran atau platform yang tersedia. Sebagai contoh, cobalah menggunakan beberapa situs yang bisa membantumu dalam memasarkan rumah. Baik itu sewa maupun jual.

Dengan begitu, kamu lebih mudah memasarkan rumah di situs yang memang pengunjungnya adalah mereka yang sedang mencari rumah.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Bangun Relasi dan Portofolio

Salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah dari networking. Dengan relasi yang luas, maka kamu bisa menjadi agen properti yang dikenal dari mulut ke mulut. Ini juga adalah salah satu strategi pemasaran paling efektif di Indonesia.

Selain itu, kamu juga harus membangun portofolio. Salah satu metode terbaik untuk membangun portofolio adalah mencari mentor. Barbara Kennon, dari National Association of Realtors, mengungkapkan bahwa menemukan mentor yang tepat sangat perlu khususnya bagi agen properti pemula.

Mereka tentu mampu memandu dalam melakukan proses jual beli properti hingga cara cepat mendapatkan klien. Saatnya mulai menghubungi orang terdekat menggunakan jaringan pribadi. Hubungi juga kerabat yang tengah berencana menjual rumah, tanah, atau apartemennya, dan tawarkan mereka untuk menggunakan jasamu sebagai agen.

Berani Berspekulasi

Salah satu cara memulai investasi properti ini adalah berani berspekulasi. Memang betul bisnis properti merupakan sebuah bisnis yang tergolong aman. Namun, untuk menjalankan bisnis menjadi agen properti, kamu harus berani bebas dan tidak hanya di kota-kota besar saja.

Justru kamu harus berani keluar dari zona aman, yaitu dengan menyelami daerah-daerah kecil. Sebab, di sanalah peluang untuk berlatih dan memperkaya pengalaman sangat banyak.

Siapkan Modal yang Cukup

Cara memulai investasi properti bukan berarti tanpa modal. Meskipun modalnya terbilang sangat kecil, kamu harus persiapkan sedikit biaya untuk memantapkan diri dan membantu bisnis ini. Sebagai contoh, dibutuhkan biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp400.000 untuk pendaftaran sertifikasi profesi broker properti Indonesia.

Selain itu, minimal dibutuhkan dana awal sekitar 1 juta Rupiah untuk membuat kartu nama menjadi member berbayar di website properti. Biaya itu juga termasuk dalam mendaftar sebagai anggota di portal web penjualan properti. Kamu dapat juga mengikuti berbagai kursus atau seminar yang mengupas tuntas dunia properti. Meskipun harus mengeluarkan sejumlah uang, akan tetapi informasi yang didapat mampu memperkaya diri sekaligus modal berjualan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian cara memulai properti sebagai agen. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Instagram