Gunung Tertinggi di Singapura adalah Puncak Bukit Timah Hill

Apakah gunung tertinggi di Singapura? Seperti yang diketahui bahwasannya Singapura merupakan negeri pencakar langit sebab banyaknya gedung perkantoran dan hunian yang sangat tinggi. Selain itu juga ada gunung tertinggi di Singapura yakni Bukit Timah Hill yang dengan ketinggian sekitar 163 meter.

Baca Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk beli pulsa

Sebenarnya Bukit Timah bukanlah gunung, hanya sebuah cagar alam yang memiliki lokasi lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan alam lainnya dan bisa digunakan sebagai pendakian. Mengingat lokasinya paling tinggi membuat bukit ini dikenal sebagai gunung sebab Singapura tidak memiliki gunung.

Gambaran Lokasi Bukit Timah

Gunung Tertinggi di Singapura adalah Puncak Bukit Timah Hill

Singapura tenyata memiliki beranekaragam satwa dan kehidupan liar yang ada di dalamnya di rerimbunan hijau yang cukup tersembunyi tepatnya di Bukit Timah Nature Reserve. Ketinggian yang dimilikinya ini kisaran 163 meter di atas permukaan laut dan sebagai puncak tertinggi selain Mount Faber.

Dibandingkan dengan gunung sebenarnya ini adalah bukit atau bisa dikenal sebagai gunung terendah daripada di negara-negara lainnya. Akan tetapi di Singapura ini menjadi puncak tertinggi dan di bukit inilah terdapat berbagai macam jenis flora dan fauna dengan ketersediaan fasilitas modern.

Lokasi Gunung Tertinggi di Singapura

Bukit Timah ini merupakan cagar alam yang ukurannya cukup kecil dengan luasnya hanya sekitar 1.64 km persegi dan berada di dekatnya geografis negara Singapura. Hanya 12 km saja dari Downtown Core yaitu distrik bisnis central yang ada di Singapura.

Meskipun ukurannya sangat kecil namun Bukit Timah ini dianggap menjadi salah satu daerah alami yang sangat produktif di Singapura. Keberadaan hutan lindung yang dimilikinya ini bahkan secara resmi sudah dinyatakan sebagai Taman Warisan ASEAN sejak 18 Oktober 2011 silam.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Asal Usul Nama

Meskipun gunung tertinggi di Singapura ini menyandang nama sebagai Timah. Akan tetapi sebenarnya di Bukit Timah bahkan tidak ada cadangan timah yang ditemukan di lokasi ini seperti yang sudah disebutkan.

Bukit Timah dulunya digunakan sebagai tambang granit yang beroperasi selama bertahun-tahun lamanya. Namun sejak tahun 90-an semua operasinya penambangan ini sudah ditinggalkan dan kawasan bukit lalu diubah menjadi lokasi wisata dan sering digunakan sebagai lokasi pembuatan film.

Fasilitas Bukit Timah

Gunung tertinggi di Singapura ini memiliki fasilitas yang memadai jika ingin berkunjung wisata ke Bukit Timah. Bagi kamu yang tidak ingin jalan kaki pun bisa memanfaatkan fasilitas sepeda melalui rute khusus yang telah disediakan menuju ke Bukit Timah.

Menariknya di kawasan Bukit Timah pun terdapat The Eco Link yakni sebuah jembatan yang membentang sepanjang 62 meter dan bisa digunakan di Bukit Timah Expressway. Ketersediaan fasilitas tersebut telah dirancang untuk memperluaskan habitat dari satwa yang tinggal di kawasan hutan Bukit Timah.

Pendakian di Bukit Timah

Sebagai gunung tertinggi di Singapura, Bukit Timah Hill menyediakan tantangan menarik bagi semua orang yang ingin berkunjung ke lokasinya dengan melintasi area hutan sangat rimbun.

Namun tidak perlu khawatir lagi, jalur yang tersedia menuju Bukit Timah sangat mudah dilalui karena telah dilengkapi dengan fasilitas tangga, trotoar dan bahkan pagar tali baru.

Akan tetapi bagi kamu yang menyukai tantangan maka bisa dengan menggunakan beberapa rute sulit untuk menjelajah dan memicu adrenalin. Hal ini tentunya tergantung dari keinginan kamu ingin berjalan santai ataupun menikmatinya seperti saat mendaki gunung yang sebenarnya.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Bukit Timah

Bukit Timah Nature Reserve merupakan salah satu tujuan terbaik yang dapat digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Dengan demikian bisa menikmati keindahan pemandangan alam dan sedikit menjauh dari hiruk pikuk tengah kota di Singapura.

Dalam perjalanan ini bisa membawa anak untuk diajak jalan-jalan singkat melintasi puncak tertinggi yang ada di Singapura. Jika sebagian rutenya di Bukit Timah ada yang sulit untuk dilalui maka pastikan kamu telah memilik trek yang sesuai dengan keinginan untuk menuju ke Bukit Timah.

Bersepeda Gunung

Bukit Timah tidak hanya menawarkan tempat untuk rekreasi bersama keluarga namun bukit ini juga menyediakan Bukit Timah MountainBike Trail.

Area bersepeda gunung terbaik yang ada di Singapura dan telah dibuka sejak 1997 silam dengan jalurnya sepanjang 7 km dan sangat melegenda di kalangan para pecinta sepeda karena trek yang ditawarkan cukup menarik.

Kawasan untuk bersepeda ini ditujukan pada pengendara sepeda yang telah berpengalaman dalam melalui rute gunung yang cukup rumit dilalui. Meskipun begitu sebenarnya pemula pun tetap bisa menikmatinya asalkan bisa memilih rute yang tepat mengingat ada banyak tingkatan rute yang tersedia.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60+ Negara

Jam Buka Bukit Timah

Gunung tertinggi di Singapura ini menerapkan jam buka untuk kunjungan pada wisatawan yang ingin ke puncak Bukit Timah. Bukit Timah berada pada zona kawasan Chestnut Nature Park.

Dalam menuju ke puncak Bukit Timah di Singapura ini hanya buka pada pukul 07.00 hingga 09.00 setiap harinya. Berdekatan dengan jalur utama juga disediakan sebuah toko yang siap melayani semua kebutuhan suku cadang untuk sepeda gunung yang digunakan oleh para pengendara.

Pengelompokan Wilayah di Singapura

Melihat Singapura memiliki kawasan alam tertinggi membuat negara ini berpotensi besar untuk dikunjungi oleh para wisawatan. Meskipun begitu, Singapura sebagai negara yang telah dikelompokan ke dalam tiga wilayah berbeda yang perlu diketahui oleh banyak orang.

Adapun pengelompokan wilayah yang ada di Singapura terbagi menjadi 3 bagian berbeda, berikut ketiga kelompok wilayah yang harus kamu ketahui:

Download Aplikasi Transfez di Google Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Daerah bukit tengah yakni keberadaan Bukit Timah di Singapura

- Daerah dataran timur 
- Daerah barat daya

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran terkait Bukit Timah sebagai gunung tertinggi di Singapura yang dapat digunakan untuk pendakian hingga tersedianya trek khusus bagi sepeda gunung. Bagi kamu yang ingin menikmati dengan berjalan santai bisa memilih trek jalan kaki yang telah disediakan.