gedung pertemuan di singapura

Gedung pertemuan di Singapura merupakan rumah untuk musisi yang memiliki talenta besar dari Singapore Chinese Orchestra. Tampilan gedung pertemuan yang satu ini terbilang sangat unik dan menarik untuk digunakan menampilkan berbagai macam acara.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Tentu acara yang dimaksud berhubungan langsung dengan musik yang telah melalui perjalanan panjang hingga bisa menjadi gedung sekarang ini. Gedung pertemuan memiliki sejarah sebagai gedung musik sejak dulu yang dimanfaatkan oleh para musisi Singapura.

Lokasi Gedung Pertemuan di Singapura

gedung pertemuan di singapura

Gedung pertemuan ini berada di Shenton Way yang sangat ramai kunjungan dan gedung pertemuan sebagai monumen nasional di Singapura. Menariknya dari gedung pertemuan sekarang justru menjadi rumah masa kini untuk Singapore Chinese Orchestra atau SCO.

Sehingga tidak heran jika gedung yang satu ini menjadi gedung pertemuan Singapura dan Trade Building. Gedung sudah lama berdiri sejak Singapura mendapatkan kemerdekaannya dan melakukan pembangunan gedung yang selesai pada tahun 1965.

Aula Sejarah di Dalam Gedung

Gedung pertemuan di Singapura memiliki sejarah yang cukup panjang hingga bisa digunakan untuk rumah musik seperti saat ini. Pembangunan gedung telah mengalami beberapa kali fungsi sehingga tidak heran lagi banyak yang mengenal gedung pertemuan.

Inilah gambaran sejarah dari gedung pertemuan yang dapat kamu ketahui:

1. Kantor Pusat National Trades Union Congress Singapura

Pada saat memasuki gedung pertemuan masa kini kamu akan disuguhkan dengan alunan musik dari gesekan erhu atau musik dari senar. Selain itu juga akna mendengarkan nada alunan yang sangat lembut guqin atau semacam instrumen yang khas Tiongkok dengan tujuh senar.

Akan tetapi sejak tahun 1965 sampai tahun 2001, gedung yang satu ini sebagai kantor pusat National Trades Union Congress Singapura. Sehingga gedung pertemuan sering mengalami alih fungsinya sejak menjadi kantor pusat.

2. Monumen Nasional

Di tahun 2010, gedung pertemuan Singapura ditetapkan sebagai monumen nasional. Menariknya dengan adanya landmark bersejarah sebagai gedung modern pertama yang ada di Shenton Way.

Gedung dengan menggunakan batu bata serta fondasi yang peletakkannya dilakukan oleh para wanita samsui di Singapura, samsui merupakan narapidana wanita yang berasal dari distrik Sanshui di Tiongkok dan sangat terkenal dengan tudung merah sebagai ikonnya. Gedung pertemuan di Singapura melambangkan arsitektur urban di Singapura tahun 1960-an yang menggunakan atap kantilever dan terasnya berfungsi untuk menjadi tempat bernaung dari panasnya sinar matahari.

3. Sebagai Gedung Penyelenggaraan Acara Penting

Dalam beberapa dekade, gedung pertemuan Singapura justru menjadi lokasi penyelenggaraan untuk berbagai macam acara penting di dalamnya. Hal ini juga termasuk kegiatan pidato National Day Rally.

Selain itu gedung juga dimanfaatkan sebagai tempat peluncuran Speak Mandarin Campaign serta penjamuan untuk acara kenegaraan pada tahun 1969. Menariknya dari gedung pertemuan di Singapura ini juga sempat dijadikan merayakan hari jadi ke 150 berdirinya negara Singapura yang lebih modern.

Perubahan Gedung Sebagai Rumah Musisi Masa Kini

1. Renovasi Gedung

Sebelumnya gedung ini memang digunakan oleh National Trades Union Congress Singapura namun keluar pada tahun 2001. Namun kembali dibuka lagi dan dijadikan sebagai gedung pertemuan Singapura sesudah dilakukan renovasi yang membutuhkan biaya hingga $14.7 juta dolar.

Renovasi yang terbaru dari gedung dapat diselesaikan di tahun 2017 serta dilakukan perbaikan di akustik aula untuk konsernya. Selain itu juga memperbaiki aksesibilitas dari segi internal hingga lanskap bagian luarnya.

2. Gedung Sebagai Rumah Maestro SCO

Auditorium dari gedung pertemuan merupakan tempat untuk para pemimpin industri serta tenaga kerja di Singapura sebelumnya pernah mengadakan acara berkumpul di sini. Akan tetapi sekarang ini dirubah menjadi aula konser yang memiliki 834 tenpat duduk dan sebagai rumah dari berbagai maestro bertalenta SCO.

Tempat ini bisa dikunjungi oleh masyarakat umum yang nantinya akan mendengarkan nasa sendu huqin sebagai alat musik gesek. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan mendengar alunan getaran dari suling bambu hingga harmonisasi yang asalnya dari ratusan tahun lalu.

3. Pertunjukan dari Yunan

Untuk melihat hal mengesankan atas pertunjukkan yang dilangsungkan di gedung pertemuan di Singapura ini maka kamu harus menghadiri satu malam dilangsungkannya pertunjukan tersebut. Dengan demikian kamu akan menyaksikan suara tembang berasal dari Yunan.

Resitalnya selalu mengingatkan akan cantiknya lanskap dari wilayah pegunungan. Hal menarik lainnya adalah akan melihat penampilan vokal yang mampu mengingatkan musik tradisional dari Dinasti Song.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Kirim Uang dengan Transfez

Acara Pertunjukan di Gedung Pertemuan Singapura

Apabila kamu ingin melihat beberapa acara yang diselenggarakan maka harus mengetahui waktu yang tepat. Sebab tidak selalu gedung pertemuan ini menyelenggarakan sebuah acara musik setiap harinya.

Terdapat waktu tertentu yang memungkinkan kamu bisa menikmati alunan musik di gedung pertemuan. Inilah beberapa acara yang dapat kamu datangi jika ingin melihat pertunjukan musik yang sangat meriah di gedung pertemuan Singapura:

1. Rapsodi Musim Semi

Dalam menyambut tahun baru Imlek maka kamu akan melihat acara tahunan di gedung pertemuan Singapura. Pagelaran yang biasanya dihadirkan adalah musik tradisional yang berlangsung sangat meriah, berbagai macam lagu pop Tionghoa hingga medley tembang modern yang dapat disaksikan secara langsung.

2. Konser Hari Ibu

Selain adanya acara-acara besar sebagai perayaan, di gedung pertemuan ini juga menyelenggarakan acara pada hari ibu. Acara ini dilangsungkan sebagai bentuk penghormatan orang tua yang menjadi bagian sangat penting di dalam budaya orang Tionghoa.

Konser tahunan yang diselenggarakan ini dari SCO sehingga menjamin pengunjungnya akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Kamu juga bisa menghadirinya bersama anggota keluarga.

3. Konser Musik Anak

Konser tahunan yang menjadi favorit bagi anak sebagai inspirasi yang cukup menarik. Acara ini akan menggali rumitnya musik dan juga instrumen tradisional Tionghoa.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai gedung pertemuan di Singapura yang menggelar berbagai macam acara musik. Dengan acara yang menarik ini membuat gedung pertemuan tetap ramai sampai sekarang.

Instagram