fort canning park singapura

Fort Canning Park Singapura merpakan salah satu tempat yang banyak menyimpan sejarah dengan keberadaannya di atas bukit. Bagi kamu sebagai penggemar musik ataupun pecinta alam maka bisa dengan mengunjungi tempat yang satu ini.

Banyak sekali masyakat yang sekitar menyebutnya dengan bukti larangan dengan ketinggianya 60 meter di atas permukaan laut. Meskipun ini merupakan bukit yang kecil namun sangat ramai kunjungan dan bahkan lokasinya berada di tengah-tengah kota Singapura ini menyimpan banyak sekali cerita sejarah yang sangat panjang.

Alasan Penyebutan Fort Canning Park Singapura Bukit Larangan

fort canning park singapura

Di antara orang Melayu pada jaman dulu lebih mengenal Fort Canning Park ini sebagai bukit larangan atau forbidden hill. Hal ini dikarenakan semua orang ini telah mempercayainya bahwasannya tempat tersebut merupakan salah satu makam dari Raja Singapura kuno dan terbilang sangat angker.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Bahkan ada yang mempercayainya bahwa objek wisata yang satu ini pada jaman dahulu sebenarnya sebuah istana. Namun karena tidak diurus oleh masyarakat jaman dulu akhirnya terbengkalai dan membuat suasana menjadi tidak menyenangkan hingga akhirnya sekarang bisa menjadi tempat wisata sejarah.

Fort Canning Park Singapura Dikenal Sebagai Bukit Pemerintahan

Di era jaman penjajahan masa lalu, keberadaan Fort Canning ini sebenarnya dijadikan sebagai lokasi rumahnya Sir Stamford Raffles dan juga digunakan oleh para pendatang lain seperti halnya gubernur dan juga warga. Dengan demikian Fort Canning Park dikenal sebagai bukit Pemerintahan sampai pada akhirnya di tahun 1861 ini diberikan nama Fort Canning.

Sementara itu pada waktu perang dunia kedua tempat yang satu ini pernah dibangun benteng dan juga bunker. Bunker ini memiliki kedalaman hingga 9 meter yang tempatnya di bawah tanah dan digunakan untuk pusat komando bagi tentara Inggris yang dikenal dengan sebutan Battlebox.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Fort Canning Park sebagai Tempat Perlindungan

Selain itu juga Fort Canning Park Singapura juga menjadi sebuah tempat perlindungan yang pembangunannya dilakukan pada tahun 1930-an oleh Komando Malaya.

Fort Canning Park sebagai tempat yang sangat bersejarah karena sudah memiliki banyak jasa menjadi markas untuk tentara yang sekarang ini sedang berjuang guna melindungi Singapura dari perang dunia ke II.

Di Fort Canning Park menyimpan banyak sekali situs historical untuk kamu yang menyukai sejarah bisa datang langsung ke tempat ini. Selain itu juga kamu bisa mengambil foto dengan mengusung tema alam dan menggunakan background sisa dari peninggalan perang adalah kegiatan yang dapat kamu lakukan.

Bagian Tempat di dalam Fort Canning Park

Pada saat datang ke area Fort Canning Park sebenarnya banyak sekali tempat yang dapat dikunjungi dan bisa membuat kamu excited untuk menjelajah ke tempat di dalamnya. Beberapa tempat yang dapat dikunjungi seperti halnya fort canning green, sally port, taman patung ASEAN.

Fort canning green atau pemakaman Kristen Lama, keramat Iskandar Saleh, Spice Garden, area pameran dan juga penggalian arkeologi, pojok maritim @fort canning, parit Singapura hingga Pincess Pond.

Kegiatan di Fort Canning Park

Bagi kamu yang datang di kawasan bersejarah ini tidak hanya bisa melihat peninggalan masa lalu saja namun juga melakukan beberapa kegiatan yang dapat mendukung. Di tempat ini kamu tetap telah dijadikan sebagai akses untuk menunjang kegiatan olahraga ringan seperti halnya jalur jogging, walk hill dan juga bersepeda.

Selain itu juga kamu bisa menemukan satwa liar seperti halnya monyet dengan warna abu-abu. Bagi kamu yang menginginkan untuk menjelajah ke seluruh kawasan Fort Canning Park Singapura maka tersedia juga peta taman yang diperuntukkan bagi wisatawan sebagai penunjuk arah.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60 Negara

Waktu yang Tepat Berkunjung ke Fort Canning Park

Dalam mengunjungi tempat wisata bersejarah yang satu ini maka sebaiknya memilih waktu yang tepat agar bisa menikmati suasana di kawasan Fort Canning Park menjadi lebih nyaman. Silahkan kamu bisa berkunjung pada waktu musim kemarau supaya liburan kamu tidak terganggu dengan hujan.

Pastikan kamu membawa air putih dan kudapan untuk menemani jalan-jalan di kawasan Fort Canning Park. Selain itu gunakanlah pakaian yang nyaman serta harus dengan mempersiapkan tubuh yang fit sebelum keliling karena area dari tempat wisata yang satu ini terbilang sangat luas.

Spot Wisata di Fort Canning Park

Beberapa spot wisata yang ada di Fort Canning Park tersedia sangat banyak dan mampu menarik perhatian di para pengujung yang datang. Inilah beberapa spot wisata yang bisa digunakan untuk menemani suasana di dalam kawasan Fort Canning Park:

1. Sally Port

Salah satu spot wisata yang ada di Fort Canning Park sebagai pintu rahasia yang nantinya akan mengarahkan para pengunjungnya untuk bisa keluar dari kawasan Fort Canning. Semua penghuni pada jaman dulu ini telah menjadikannya sebagai tempat yang digunakan untuk pelarian musuh.

2. Underground Far East Command Centre atau The Battle Box

Spot wisata yang lainnya ini dapat kamu kunjungi dengan konsep yang sangat menarik. Tempat ini merupakan bunker yang digunakan oleh para militer PD II yang dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul rahasia serta pembuatan strategi untuk peperangan.

3. Gothic States

Bentuk gerbang yang mengusung desain gothic ini sebagai penyambut pengunjung pada saat melakukan kunjungan langsung ke kawasan Fort Canning Park di Singapura tepatnya di Fort Canning Green. Pembangunan bangunan yang satu ini sudah dilakukan sejak tahun 1845 dan sekarang ini justru menjadi landmark Bukit Canning.

Di spot inilah kamu akan menemukan adanya huru IHS di atasnya kedua gerbang yang memiliki beberapa artian. Hal ini seperti iota, tiga huruf pertama berasal dari kata Yunani untuk Yesus dan eta danm sigma.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai Fort Canning Park Singapura sebagai salah satu tempat bersejarah yang menyimpan masa lalu. Fort Canning Park sekarang menjadi tempat wisata yang ramai kunjungan dengan berbagai spot wisata menarik.

Instagram