Cara Menambang Bitcoin Dengan 4 Cara Mudah Dapat Kamu Pilih

Bagaimana cara menambang bitcoin yang benar? Bagi pemula yang baru terjun di dunia investasi khususnya bitcoin memang bukan suatu hal yang mudah. Namun dengan mengetahui informasi serta cara kerjanya maka akan jauh lebih memudahkan kamu cara menambang bitcoin.

Bitcoin merupakan salah satu alternatif untuk melakukan kegiatan investasi yang sangat populer. Menambang bitcoin memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh maka bukan tidak mungkin kamu mendapatkan keuntungan besar.

Pengertian Bitcoin

Cara Menambang Bitcoin Dengan 4 Cara Mudah Dapat Kamu Pilih

Bitcoin merupakan cryptocurrency sebagai mata uang virtual ataupun mata uang dalam bentuk digital. Pemilik dari bitcoin menggunakan mata uang digital sebagai alat pembayaran dalam melakukan pembelian produk ataupun jasa.

Bitcoin ditemukan oleh Satoshi Nakamoto yang pertama kalinya diluncurkan di internet pada tahun 2009. Bitcoin ditopang oleh teknologi peer to peer dan tidak dikontrol oleh bank dengan menggunakan sistem desentralisasi.

Bitcoin Resmi di Indonesia

Kehadiran bitcoin secara resmi telah hadir di Indonesia dan mendapatkan ijin pada perdagangan mata uang digital salah satunya bitcoin. Ketentuan ini telah diatur dalam Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 7 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Dapat Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto.

Peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah tersebut mulai berlakunya tanggal 17 Desember 2020. Untuk penjualan 1 keping bitcoin setara dengan angka Rp 657.715.116,20.

Arti Cara Menambang Bitcoin

Menambang sangat berhubungan erat dengan cara untuk bisa mendapatkan bitcoin, dalam menambang bitcoin ataupun mining seperti halnya dengan menambang emas. Penambangan bitcoin bisa dengan menggunakan perangkat komputer serta software di server mining bitcoin.

Untuk kegiatan mining penambang membutuhkan perangkat komputer dengan spesifikasi yang kuat dan pastinya internet harus cepat. Sebab kegiatan untuk melakukan mining bitcoin ini membutuhkan daya komputasi yang sangat besar.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Istilah Mining Bitcoin

Penambangan bitcoin merupakan salah satu cara untuk melakukan verifikasi atas kegiatan transaksi bitcoin serta menciptakan adanya bitcoin baru. Dalam mining bitcoin maka para penambang akan banyak membutuhkan komputer kuat.

Jika disederhanakan dalam memahami artian dari mining bitcoin sebagai berikut:

• Bitcoin mining merupakan proses untuk melakukan verifikasi atas kegiatan transaksi dan tentu menciptakan bitcoin baru lagi
• Bitcoin miner merupakan istilah yang digunakan untuk orang dalam melakukan verifikasi transaksi bitcoin dengan menggunakan komputer daya tinggi
• Node merupakan istilah yang digunakan bagi komputer yang dimanfaatkan untuk menjalankan perangkat lunak ataupun software mining bitcoin.

Kebutuhan untuk Melakukan Mining Bitcoin

Dalam menjalankan bitcoin tidak akan cukup dengan hanya memainkan saja, namun perlunya perangkat yang mendukung untuk memaksimalkan kegiatan mining tersebut.

Berikut inilah beberapa kebutuhan yang harus kamu persiapkan untuk memulai penambangan bitcoin, di antaranya:

• Komputer yang mempunyai daya tinggi
• Koneksi internet yang sangat cepat
• Biaya listrik yang dibutuhkan akan sangat besar

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Cara Menambang Bitcoin atau Mining Bitcoin

Meskipun caranya tidak dapat dikatakan mudah namun jika terus mencobanya maka akan menjadi sangat mudah dan bisa meraup keuntungan besar. Berikut inilah cara untuk menambang bitcoin yang dapat dilakukan dengan mudah bagi kamu para pemula:

1. Menambang di pool mining

Cara untuk menambang bitcoin yang dapat kamu lakukan yakni dengan menambang di pool mining dan cara ini sangat sederhana ketika kamu bergabung kekuatan dengan penambang yang lainnya. Nanti kamu dapat membagikan imbalan dari hasil kegiatan menambang bitcoin.

Melalui car ini maka kamu harus melakukan pendaftaran pada sebuah kolam ataupun pool agar bisa melanjutkan untuk menambang bitcoin. Selanjutnya para penambang di pool akan setuju untuk membagikan imbalan dari hasil bitcoin pada anggota yang ada di kolam lain.

2. Cloud mining

Mining sendiri sebagai metode menambang bitcoin yang tidak menggunakan alat komputasi canggih dan hanya membutuhkan layanan penyedia cloud mining. Keuntungan dengan menggunakan pendekatan ini yakni tidak membutuhkan pengetahuan mendalam tentang hardware mining.

Tidak hanya itu saja, kamu juga tidak perlu untuk membelikan peralatan mahal yang sangat tidak terjangkau. Namun untuk cara menambahkan bitcoin dengan menggunakan cloud mining maka kamu harus siap resiko tinggi ke depannya.

3. Menambang Bitcoin Solo mining

Solo mining sebagai alternatif cara menambang bitcoin, dengan menggunakan cara ini maka kamu tidak perlu lagi untuk membagi pendapatan bersama orang lain. Akan tetapi, kamu pun harus menyediakan peralatan yang canggih seperti halnya motherboard, PC, RAM, kartu grafis ataupun hard drive.

Dalam Solo Mining kamu pun harus menyediakan daya listrik besar serta harus mampu menyelesaikan algoritme matematika rumit untuk mendapatkan bitcoin. Solo mining ini dapat dilakukan bagi mereka yang sudah ahli, dengan begitu tidak akan mudah dilakukan oleh para pemula dan bisa menggunakan hardware ASIC kegiatan menambang.

4. Trading bitcoin

Cara untuk menambah bitcoin lain dengan menggunakan langkah platform trading bitcoin. Opsian dapat dijadikan sebagai alternatif karena kamu pun hanya membutuhkan aplikasi untuk smartphone saja.

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk cara menambang bitcoin seperti halnya MinerGate, Cryto Miner, Eobot, AA Miner, Crytotab, Droid Miner, NeonNeon Miner, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan platform trading bitcoin ini kamu bisa mendapatkan keuntungan sangat besar.

Pemilihan Perangkat Keras untuk Mining Bitcoin

Memulai kegiatan untuk mining bitcoin akan membutuhkan perangkat komputer. Sementara itu untuk hardware guna melakukan penambangan bitcoin menggunakan ASIC atau Application Specific Integrated Sircuit.

Terdapat beberapa hal yang dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat melakukan pembelian ASIC, berikut ini:

• Harga
• Hash rate, jika kamu memilih hast rate yang semakin tinggi maka makin cepat pula ASIC
• Kebutuhan listrik yang semakin tinggi angkanya akan membuat semakin besar juga biaya listrik yang nantinya akan kamu keluarkan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian mengenai cara menambang bitcoin yang dapat dilakukan oleh mereka yang sudah profesional. Untuk menambah bitcoin maka kamu harus mempertimbangkan kemampuan dalam menggunakannya.

Instagram