cara jual beli saham

Di era yang sangat canggih sekarang ini kegiatan untuk melakukan investasi sangat mudah dilakukan. Cara jual beli saham cukup dilakukan melalui sistem digital yang mempunyai profit tinggi.

Saham online merupakan salah satu jenis saham yang dapat dijadikan sebagai investasi bagi saham biasa atau saham preferen. Tentunya mempunyai perbedaan pada kegiatan melakukan transaksi secara online dengan menggunakan aplikasi ataupun situs web.

Syarat Membuka Rekening Saham Online bagi Pemula

Sebelum kamu bisa mengetahui cara jual beli saham perlu sekali untuk membuka rekening terlebih dahulu. Dengan kamu membeli saham pada sebuah perusahaan artinya sebagai pemilik perusahaan tersebut.

Kamu dapat melakukan transaksi untuk jual beli saham ataupun efek pada BEI melalui sekuritas. Inilah beberapa syarat membuka rekening pada saham online yang dapat kamu jadikan sebagai referensi:

ID Card

ID Card yang dimaksudkan yakni berupa KTP/KITAS/Passport sebagai syarat wajib bagi kamu untuk membuka rekening saham. Teruntuk WNI melengkapi syarat wajib berupa KTP yang tidak dapat digantikan dengan menggunakan SIM ataupun Passport, sementara itu bagi WNA bisa menggunakan KITAS atau Passport sebagai syarat wajib.

NPWP

Salah satu syarat wajib yang dapat kamu penuhi untuk membuka rekening efek. Jika kamu belum mempunyainya maka bisa meminta surat ke pihak sekuritas  tempat melakukan pendaftaran rekening, hal itu berguna sebagai pembuatan pernyataan bahwa tidak mempunyai NPWP dengan tanda tangan bermaterai.

Cover buku tabungan

Meskipun hanya sebuah cover namun buku tabungan ini berguna untuk memudahkan pihak sekuritas melakukan pemeriksaan rekening bank nasabah tersebut. Jika nanti nasabah ingin melakukan penarikan uang pada rekening sahamnya maka rekening ini sebagai bank penampung setiap menarik dana.

Kamu juga bisa mengintegrasikan rekening bank yang telah dibuat menjadi RDI dengan konsultasi terlebih dahulu kepada broker. Sehingga tidak ada kesalahan ambil langkah untuk ke depannya.

No Identitas KSEI

Syarat yang berlaku untuk membuka rekening saham online dengan mempunyai nomor identitas KSEI. Persyaratan seperti ini akan berlaku jika sebelumnya kamu telah mempunyai rekening saham serta ingin membuka rekening untuk kedua kalinya.

Materai

Untuk menguatkan pembukaan rekening saham online bisa dengan menggunakan materai yang berlaku sekarang ini. Jumlah materai yang nantinya akan dibutuhkan sebanyak 2 sampai 8 lembar materai dan tergantung dari kebutuhan penggunaan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Cara Jual Beli Saham Online Bagi Pemula

Dengan kamu telah mempunyai rekening pada saham online maka bisa melanjutkan untuk melakukan transaksi jual beli. Namun kamu harus mempunyai aplikasi untuk melakukan trading saham online.

Berikut inilah beberapa cara untuk melakukan penjualan dan pembelian saham secara online:

Mendownload aplikasi trading terpercaya

Tidak cukup dengan mempunyai rekening pada saham online namun juga harus download aplikasi trading terpercaya yang bisa memberikan keuntungan bukan kerugian. Setelah kamu mendapatkan ID, Password serta PIN maka artinya sudah bisa memulai melakukan kegiatan investasi.

Kamu pun juga bisa mengunduh aplikasi trading yang sudah disediakan oleh pihak broker. Cara mendownloadnya di Play Store, Apps Store ataupun website dari broker tempat kamu melakukan pendaftaran saham online tersebut.

Memasukkan jumlah deposit awal

Perusahaan sekuritas rata-rata mempunyai patokan harga awal dengan deposit sebanyak Rp 5 juta sampai Rp 10 juta. Sejumlah sekuritas asing justru memberikan syarat setoran minimal sampai dengan Rp 50 juta, akan tetapi ada juga beberapa perusahaan sekuritas yang memperbolehkan setoran awalnya Rp 250 ribu bahkan Rp 100 ribu saja.

Kamu bisa memilih sesuai dengan budget yang dimiliki, deposit awal yang dapat disetorkan saat proses dari pembukaan RDI sudah selesai. Menyetorkan deposit awal mempunyai tujuan guna mengaktifkan rekening saham yang telah dibuka serta menyetorkannya secara tunai ataupun mentransfer dari rekening pribadi ke RDI.

Memulai transaksi jual beli saham

Cara jual beli saham menggunakan aplikasi yang mempunyai pengaturan sistem dalam melakukan transaksi. Dalam hal ini terdapat minimal pembelian saham sebanyak 1 lot dan pembeliannya ini sama dengan melakukan pembelian 100 lembar saham, begitu pula dengan menjual saham minimal dalam besaran 1 lot.

Setiap melakukan transaksi jual beli saham maka akan dikenakan fee yang sesuai atas transaksi tersebut. Saham yang terdapat di BEI mempunyai harga cukup variatif dan harganya itu bisa mencerminkan nilai pada perusahaan, makin rendahnya harga maka lot akan makin banyak untuk bisa dimiliki.

Mengubah order saham online

Cara jual beli saham yang dapat dilakukan dengan mengubah order saham online baik itu pada harga beli ataupun harga jualnya. Di aplikasi saham online terdapat berbagai macam fitur yang dapat kamu gunakan untuk melakukan perdagangan saham.

Apabila posisi yang kamu pasang tersebut tidak terjadi maka bisa melihat posisi yang telah tersedia pada pasar tersebut. Sesudahnya kamu dapat mengubah harga sesuai dengan kondisi pasar modal.

Menyelesaikan transaksi jual beli saham

Dalam melakukan transaksi saham, menyelesaikan atau settlement dapat dilakukan selama 2 hari sejak waktu transaksi. Harga sesuai dengan transaksi yang telah kamu lakukan 2 hari sebelumnya.

Apabila tidak membuat settlement pada waktu yang telah ditentukan maka dapat dikenakan denda 45 persen setiap tahunnya. Sehingga perlu sekali kamu memperhatikan hal seperti ini dengan baik.

Melakukan stock screener sebagai cara jual beli saham

Bagi kamu yang masih awam dengan memainkan saham maka bisa memilihnya di fitur Stock Screener. Fitur ini sudah ada di platform broker saham secara online.

Fitur juga membantu untuk melakukan pembelian saham yang berkualitas. Cara melakukannya dengan menentukan kriteria melalui cara melihat laporan keuangan serta melakukan riset pada beberapa investor.

Demikianlah beberapa uraian mengenai cara jual beli saham yang dapat dilakukan oleh pemula. Orang awam pun dapat melakukan investasi saham dengan mudah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram