Tips untuk Menjalankan Bisnis Warung Sembako agar Tidak Kalah Saing

Bagi kamu yang ingin membuka bisnis warung sembako maka harus mengetahui cara yang tepat untuk memulainya. Diara modern saat ini membuka usaha toko sembako bisa dijalankan dengan mudah dengan modal kecil karena semua perlengkapan yang dibutuhkan terbilang sangat sederhana dan sudah banyak tersedia.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Sembako menjadi salah satu kebutuhan pokok yang banyak dibutuhkan oleh lingkungan sekitar setiap hari. Di setiap lingkungan pemukiman warga pasti banyak toko sembako karena mereka memanfaatkan peluang mengingat kebutuhan pokok masyarakat sekitar terus meningkat setiap harinya dan ini bisa menjadi bisnis menjanjikan untuk dijalankan dalam jangka panjang.

Tips untuk Menjalankan Bisnis Warung Sembako agar Tidak Kalah Saing

Tips membuka bisnis warung sembako

1. Perencanaan Usaha yang Matang

Saat kamu ingin menjalankan sebuah bisnis sembako yang dijalankan di rumah saja namun juga perlu adanya perencanaan yang matang dan meskipun ini terlihat sederhana akan tetapi ketika memulainya harus mengetahui trik khusus supaya mendatangkan banyak pembeli. Pastikan kamu tidak menjalankan bisnis ini secara melenggang begitu saja tanpa adanya perencanaan yang nantinya bisa menyebabkan kerugian di kemudian hari.

Dengan demikian kamu juga harus mengetahui seluk beluk terkait cara yang tepat untuk memulai sebuah usaha sembako dan ketahui terlebih dahulu faktor pendukung serta penghambat dari bisnis yang kamu jalankan.

Perencanaan yang harus kamu siapkan mulai dari riset ataupun survei pasar, mencari supplier untuk memenuhi barang dagangan, penghitungan modal awal dan biaya operasional serta kamu juga harus bersiap untuk menghadapi persaingan dengan beberapa pedagang yang sebelumnya sudah memulai lebih dulu.

2. Melakukan Riset Pasar

Apabila kamu sudah membuat perencanaan dengan rinci maka langkah berikutnya untuk menjalankan bisnis warung sembako yaitu melakukan riset pasar terlebih dahulu guna mengetahui besarnya peluang pada bisnis ini. Dalam hal ini kamu harus mencari kemungkinan persaingan pada bisnis yang serupa yang lebih modern seperti halnya minimarket atau pun supermarket.

Selain itu kamu juga harus mencari kemungkinan apa saja atau siapa saja yang nantinya bisa menjadi target pasar kamu dan kamu bisa melakukan survei pada masyarakat sekitar.Apabila ternyata masyarakat memberikan sambutan yang lebih baik maka kamu bisa melanjutkan untuk menanyakan kebutuhan dari masyarakat itu sendiri.

3. Memperhitungkan Modal Dengan Detail

Memulai sebuah bisnis sembako tentunya kamu harus memperhitungkan modal secara teliti dan detail sebelum berbelanja kebutuhan toko. Perlu diingat bahwasanya kamu tidak hanya menghitung barang dagangan saja akan tetapi juga menghitung kebutuhan operasional setiap bulannya.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Silakan kamu mencatat semua kebutuhan modal dan pastikan kamu bisa melakukan pengelolaan keuangan pada usaha kecil yang akan kamu jalankan. Apabila semuanya sudah dihitung maka kamu bisa memperhitungkan barang dagangan yang berpotensi memiliki nilai jual lebih tinggi di awal pembukaan toko dan lengkapi dengan beberapa barang-barang dasar yang pada umumnya dibutuhkan oleh lingkungan sekitar.

4. Memperhatikan Tata Letak Penempatan Barang

Pada dasarnya penempatan barang untuk bisnis sembako menjadi suatu hal yang sangat penting. Apabila kamu bisa menata dengan teratur maka toko sembako kamu akan terlihat lebih rapi dan ini memberikan kemudahan bagi pembeli untuk menemukan barang saat mencarinya.

Supaya toko sembako kamu terlihat lebih rapi maka bisa menggunakan etalase ataupun rak guna menempatkan barang dagangan. Selain itu silakan kamu memisahkan beberapa barang sesuai dengan kelompoknya dan pastikan tidak mencampurkan antara bahan makanan dengan sabun.

5. Perhatikan Kebersihan Warung Sembako

Tips yang tepat untuk menjalankan sebuah bisnis warung sembako yaitu dengan memperhatikan kebersihan dari toko sembako karena dengan adanya toko bersih bisa membuat pembeli lebih nyaman ketika memilih barang yang akan dibeli. Para calon pembeli ini juga lebih tertarik dengan toko yang lebih memperhatikan kebersihan lingkungannya sehingga pastikan kamu sering membersihkan toko sebelum membukanya.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Pastikanlah kamu juga terus melakukan pemeriksaan pada semua barang dagangan di tempat etalase dan rak dengan kondisi yang rapi. Dengan kamu memperhatikan kerapian dan kebersihan maka bisa mencegah hewan yang bersarang pada tempat barang dagangan.

6. Pemilihan Sembako Berkualitas

Dalam hal ini kebutuhan bahan pokok tersedia dalam berbagai macam tingkat kualitasnya sehingga kamu bisa menjual sembako yang memiliki kualitas terbaik. Barang yang memiliki kualitas lebih bagus akan disukai oleh banyak pelanggan meskipun memang menawarkan harga yang lebih tinggi.

Guna menghadapi persaingan pasar untuk menjalankan bisnis sembako kamu bisa menyediakan barang dengan kualitas yang berbeda dibandingkan milik kompetitor. Ini bisa kamu lakukan supaya para pelanggan tidak beralih ke tempat lain dan tentunya ini bisa menjadi peluang besar untuk meningkatkan penjualan produk sembako.

7. Menetapkan Strategi Penjualan

Pada saat menjalankan sebuah bisnis warung sembako yang sukses harus dimulai dengan penerapan strategi pemasaran. Pastikan kamu tidak ragu untuk melakukan kegiatan promosi supaya masyarakat lebih mengenal usaha yang saat ini kami jalankan.

Promosi yang dipilih pun bisa beragam dan kamu bisa menggunakan cara konvensional ataupun melakukan pemasaran dengan cara modern. Promosi usaha bisa diterapkan guna mendapatkan pelanggan yang lebih banyak dan meningkatkan penjualan lebih besar.

8. Pelayanan Terbaik Bagi Pelanggan

Kamu sudah memulai untuk menjalankan sebuah bisnis warung sembako maka pastikan jangan membiarkan satu pelanggan pun pergi ke tempat lain karena kamu tidak memberikan pelayanan terbaik ataupun pelayanan yang kamu berikan kurang memuaskan. Untuk menjaga para pelanggan supaya tetap stay dengan bisnis kamu maka silahkan memberikan pelayanan terbaik dengan cara bersikap ramah dan menghargai setiap pelanggan yang datang sehingga mereka merasa senang ketika berbelanja di toko kamu.

Dengan adanya kombinasi toko yang bersih dan rapi, barang berkualitas, promosi yang terus-menerus hingga pelana pelayanan yang ramah maka bisa membuat para pelanggan ini datang kembali untuk berkunjung membeli kebutuhan sesuai dengan keinginan. Pastikan kamu menyambut setiap pelanggan yang datang untuk menanyakan apa kebutuhan yang diinginkan sehingga bisa membantu untuk mencarikannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait pembahasan mengenai cara yang tepat untuk memulai sebuah bisnis warung sembako yang memiliki pesaing sangat ketat. Warung sembako biasanya dijalankan di lingkungan pemukiman warga sehingga kamu harus siap untuk menghadapi persaingan dengan cara memberikan inovasi yang berbeda dari milik kompetitor.

Instagram