Cara Memulai Bisnis Usaha Bengkel Motor Bagi Pemula

Bisnis usaha bengkel memiliki peluang yang sangat besar mengingat jumlah kendaraan yang ada di Indonesia ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dalam hal ini kondisi kendaraan bermotor tidak akan selamanya bisa berfungsi secara baik dan terkadang terjadi masalah gangguan sehingga membuatnya tidak dapat berfungsi secara normal.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Terlebih untuk mesin kendaraan seperti halnya sepeda motor ataupun mobil perlu dilakukan perawatan secara rutin dengan sparepart yang harus diganti dalam kurun waktu tertentu. Dengan demikian adanya bengkel tentunya menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang mengalami masalah pada komponen kendaraannya.

Cara Memulai Bisnis Usaha Bengkel Motor Bagi Pemula

Cara yang Mudah untuk Memulai Bisnis Usaha Bengkel Motor

Pada umumnya sepeda motor dan mobil mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga untuk penanganannya pun juga harus dilakukan oleh ahlinya yang sudah memahami setiap komponen di bidangnya. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika ingin menjalankan sebuah usaha bengkel motor:

1. Penentuan Lokasi untuk Membuka Bengkel Motor

Pemilihan lokasi menjadi salah satu hal yang sangat penting ketika akan menjalankan sebuah usaha terutama usaha bengkel motor karena sifatnya lebih ke fisik dan bukan virtual. Oleh karena itu kamu bisa memilih lokasi yang strategis yang berada di pusat keramaian sehingga bisa dilihat dan dijangkau dengan mudah oleh para pelanggan.

Pastikan untuk masyarakat umum pun juga bisa melihat usaha yang saat ini kamu jalankan sehingga akan membuat bengkel motor kamu menjadi lebih dikenal oleh kalangan sekitar. Akan tetapi ketika kamu hanya memiliki modal yang minim maka bisa menjadikan usaha bengkel motor ini sebagai usaha rumahan sehingga kamu dapat memanfaatkan garasi ataupun lahan yang ada di rumah untuk dijadikan bengkel motor.

2. Penentuan Modal Awal

Bisnis usaha bengkel motor tentunya akan membutuhkan modal awal untuk memulai yang berupa biaya untuk pembangunan bengkel, biaya operasional, pembelian alat dan pembelian spare part. Kamu pun juga bisa menyewa tempat yang dijadikan sebagai bengkel motor namun kamu juga akan membutuhkan biaya yang dapat disesuaikan dengan ukuran bangunan yang diinginkan.

Maka dari itu silakan menghitung modal yang dibutuhkan untuk biaya operasional yang akan dikeluarkan setiap bulan, pembelian sparepart serta pembelian peralatan bengkel lainnya. Dengan perhitungan modal yang tepat maka bisa diterapkan untuk menjalankan bisnis ini agar lebih sukses kedepannya.

3. Membuat Perincian Biaya Peralatan dan Operasional

Biaya operasional yang dibutuhkan ini berupa beberapa hal diantaranya biaya listrik, gaji karyawan hingga dana cadangan yang harus kamu siapkan ketika memulai usaha karena ketika baru memulai biasanya keuangan belum stabil. Supaya penerapannya lebih aman maka sebaiknya kamu menyiapkan dana operasional yang dapat digunakan minimal 3 bulan pertama sebagai bentuk antisipasi jika bisnis yang kamu jalankan ini belum stabil.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Selain itu kamu juga bisa menghitung secara rinci terkait peralatan yang dibutuhkan seperti halnya obeng, kompresor, berbagai macam kunci dan yang lain sebagainya. Apabila kamu sudah mencatat perincian peralatan yang dibutuhkan serta modal yang dibutuhkan untuk membeli peralatan tersebut maka akan lebih mudah dalam menjalankan usaha bengkel ini.

4. Merekrut Montir Profesional

Pada dasarnya ketika kamu ingin menjalankan sebuah bisnis usaha bengkel tentunya akan membutuhkan montir sebagai penggerak utama pada bengkel motor tersebut. Dengan demikian kamu bisa melakukan perekrutan tenaga kerja yang memang mempunyai kemampuan baik di bidangnya sehingga bisa menghasilkan kualitas maksimal atas kinerja yang dilakukan.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan seleksi terlebih dahulu sebelum memulai bisnis bengkel, silakan melakukan beberapa tes seperti halnya reparasi, kerusakan motor, ganti oli dan ganti sparepart. Akan tetapi dengan keahlian ini saja tidak akan cukup sehingga kamu juga harus mencari montir yang ramah dan jujur karena akan berpengaruh pada bisnis kamu kedepannya.

5. Menyediakan Sparepart yang Lengkap

Sparepart menjadi kebutuhan para konsumen yang banyak dicari dan ketika baru pembukaan bengkel konsumen tentunya akan membutuhkan sparepart lain dan kamu bisa membelinya saat itu juga. Beberapa sparepart yang dibutuhkan atau banyak dicari oleh konsumen seperti halnya busi, kampas rem, kampas kopling, rantai keteng dan lain sebagainya.

Pastikan kamu juga tidak lupa untuk menyediakan pelumas dengan berbagai macam merek sehingga konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya sendiri. Selain itu kamu juga harus menyediakan kelengkapan sparepart yang pada umumnya dicari oleh kalangan konsumen sehingga dengan kelengkapan tersebut bisa membuat konsumen menganggap bisnis kamu lengkap dan tidak akan beralih ke tempat lain.

6. Pengelolaan dan Pemberian Layanan Terbaik

Bisnis usaha bengkel yang sukses tentunya harus diawali dengan adanya pengelolaan yang baik dan tersistem. Hal ini seperti penggajian karyawan yang lebih teratur, pengelolaan barang-barang yang sebaiknya harus dibeli serta pembukuan laporan keuangan.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Selain itu kamu juga tidak boleh melupakan hal penting karena bisnis bengkel kamu akan terus berhubungan langsung dengan konsumen sehingga kamu harus mengutamakan pelayanan terbaik. Selalu berikan pelayanan konsumen dengan ramah dan sediakan berbagai macam fasilitas pendukungnya ketika konsumen sedang menunggu motor di bengkel seperti halnya fasilitas televisi ataupun wi-fi gratis.

7. Pengaturan Strategi Promosi

menjalankan sebuah bisnis usaha bengkel tentunya tidak akan luput dengan kegiatan promosi yang memiliki tujuan supaya bisa mengenalkan bengkel motor kamu pada masyarakat yang lebih luas. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan strategi promosi yang tepat melalui cara offline ataupun online.

Strategi promosi secara offline kamu bisa menggunakan baliho ataupun spanduk, antara itu promosi yang dilakukan secara online maka bisa membuat akun media sosial ataupun berikan di berbagai media sosial. Jika kamu lebih gencar untuk melakukan kegiatan promosi yang tepat maka besar kemungkinan bisa menjangkau konsumen yang lebih luas sesuai dengan target sasaran.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait tips dalam memulai bisnis usaha bengkel yang menguntungkan. Ketika kamu bisa menerapkan kiat-kiat ini maka besar kemungkinan kamu mendapatkan keuntungan menjanjikan.

Instagram