Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di India

Artikel ini membahas tentang perincian biaya kuliah dan biaya hidup di India. India yang terkenal punya banyak sumber daya yang ahli di bidang teknologi, ternyata punya beberapa kampus yang mendukung hal tersebut.

India adalah negara terbesar ke-7 di dunia dan merupakan tanah yang kaya akan budaya, sejarah otentik, dan tradisi abadi. Selain itu, India merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia hingga mencapai status sebagai negara adidaya ekonomi.

India merdeka dari Inggris pada tahun 1948 dan saat ini menjadi kekuatan besar di Asia dengan tujuan untuk menjadi sama majunya seperi Cina. Secara politik.

India adalah jembatan antara timur dan barat karena memiliki hubungan yang hangat dengan Rusia, Cina, dan AS.

Selama beberapa dekade terakhir, India telah menciptakan salah satu sistem pendidikan yang besar dan kompleks. Bahkan terobosan ini cukup mengejutkan bagi Cina dan AS. Belum lagi daratan India yang luas yang dibangun ribuan bangunan perguruan tinggi, baik yang berbasis negeri maupun swasta.

Negara ini telah menempati posisi ke-30 sebagai penyedia pendidikan dengan kualitas akademis terbaik, khususnya pada bidang teknik dan teknologi. Selain itu, lebih dari 70 universitas di India masuk dalam jajaran 1000 universitas terbaik dunia menurut QS World University Rankings.

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di India
Sumber: Instagram/aurouniversity_india

Dengan beberapa alasan diatas menyebabkan India semakin menarik dan meyakinkan di mata siswa internasional. Ditambah lagi dengan biaya yang relatif murah, baik itu biaya pendidikan maupun biaya hidup.

Biaya Kuliah di India

Sebagian besar universitas di India mengenakan biaya antara USD 3.300 – 7.800 (IDR 55 – 129 juta) per tahun. Untuk jurusan yang membutuhkan penggunaan fasilitas yang lebih seperti kedokteran atau teknik, umumnya memiliki biaya yang lebih tinggi.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

Pemerintah India secara aktif terus merekrut siswa internasional. Bukan rahasia lagi bahwa India ingin menjadi negara yang dapat berperan sebagai tujuan studi luar negeri seperti AS atau UK.

Salah satu cara efektif untuk menarik minat pelajar asing adalah dengan menyediakan beasiswa yang beragam. Beasiswa tersebut dapat berupa SPP gratis selama 5 tahun akademik, batasan bulanan untuk biaya hidup, dan kursus bahasa Hindi gratis. Seluruh beasiswa itu dapat dinikmati oleh siswa dari negara manapun kecuali Pakistan.

Rekomendasi Universitas-Universitas dengan Harga Terjangkau

Berikut ini kami rangkum serangkaian universitas di India yang menawarkan pendidikan berkualitas dengan biaya yang relatif rendah.

1. Osmania University

OU merupakan universitas negeri yang didirikan pada masa kejayaan Inggris dan merupakan salah satu universitas tertua di India dengan wilayah yang luas. Kampus ini merupakan gabungan dari perguruan tinggi dan afiliasi negara. Saat ini OU memiliki 4000 siswa dari 90 negara berbeda. Osmania terkenal dengan program humaniora, perdagangan, dan ilmu pengetahun. Bahkan OU menduduki peringkat ke-300 universitas teratas di benua Asia.

• Biaya SPP: mulai dari USD 400 (IDR 7 juta)

2. Jamia Islamia University

JIU adalah universitas negeri yang terletak di New Delhi dan didirikan pada tahun 1920 untuk menyediakan pendidikan yang progresif dan nasionalisme kepada banyak siswa, khsususnya siswa Muslim. Program yang ditawarkan seperti hukum, psikologi, teknik dan teknologi, humaniora, seni rupa, ilmu sosial, dan ilmu alam.

• Biaya SPP: mulai dari USD 600 (IDR 10 juta)

3. Jawaharlal Nehru University

JNU merupakan universitas negeri yang terletak di ibukota dan didirikan pada tahun 1969. Universitas ini telah berkembang pesat dan menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi paling populer di India, khususnya pada standar pengajaran dan penelitian akademik. Hingga saat ini, JNu merupakan kampus favorit tujuan pelajar internasional. Ditambah lagi dengan 100+ program jurusan yang bisa diakses oleh siswa.

Biaya SPP: mulai dari USD 750 (IDR 13 juta)

4. Jadavpur University

JU adalah perguruan tinggi negeri yang memiliki 2 kampus di Kolkala dan Salt Lake. Universitas ini menawarkan lebih dari 200 program jurusan. JU menduduki posisi 650 sebagai universitas terbaik dunia.

Biaya SPP: mulai dari USD 800 (IDR 14 juta)

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

5. Thapar University

Saat ini TU dikenal sebagai Institut Teknik dan Teknologi yang pada awalnya didirikan tahun 1956. Universitas ini memiliki tujuan khusus yaitu untuk memaparkan interaksi yang lebih intens antara industri dan siswanya. Dengan visi-misi yang dibangun, TU berhasil menduduki urutan 1000 institusi teknik terbaik dunia dan urutan 300 di Asia.

• Biaya SPP: mulai dari USD 1.400 (IDR 23 juta)

6. Indian Institute of Technology, Delhi

IIT didirikan pada tahun 1961 dan merupakan salah satu ‘Institut Penting Nasional’ di India karena kontribusinya terhadap akademisi serta penelitian. IIT memiliki bentuk kampus yang unik dengan interior yang menyerupai sebuah kota. Ditambah lagi dengan fasilitas tambahan untuk rekreasi dan ekstrakurikuler, juga 13 aula asrama sebagai akomodasi siswa. Universitas ini menduduki peringkat 200 terbaik dunia.

• Biaya SPP: mulai dari USD 3.000 (IDR 50 juta)

7. National Institute of Technology, Delhi

NIT merupakan universitas elit dan termasuk dalam jajaran ‘Institut Penting Nasional’ yang akhirnya menyebabkan segala peraturan, regulasi, dan manajemen sebagian besar dipegang oleh pemerintah. Program jurusan yang ditawarkan condong ke bidang teknik dengan beragam level seperti sarjana, magister, dan doktor. Sedangkan pada bidang akademi, NIT menawarkan jurusan ilmu pengetahuan terapan, ilmu komputer, dan elektronik.

• Biaya SPP: mulai dari USD 3.500 (IDR 58 juta)

8. Teri University

Didirikan pada tahun 1998, universitas ini berfokus pada bidang penelitian untuk pengembangan energi dan lingkungan berkelanjutan. Ada juga jurusan sumber daya alam, bioteknologi, kajian kebijakan, dan bisnis berkelanjutan.

Biaya SPP: mulai dari USD 3.000 (IDR 50 juta)

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Biaya Hidup di India

Di India, sebagian besar universitas terkenal menawarkan akomodasi bagi mahasiswa. Namun sebagian tidak. Dalam hal ini, siswa dapat memilih untuk menyewa kamar di asrama kampus atau menyewa kamar pribadi seperti apartemen. Berikut ini adalah rincian singkat dari biaya hidup pribadi (tanpa menggunakan fasilitas kampus).

• Biaya hidup di India untuk Akomodasi: USD 160 (IDR 3 juta) per bulan
• Biaya hidup di India untuk Makan di luar: USD 34 – 70 (IDR 600 ribu – 1.2 juta) per minggu
• Biaya hidup di India untuk Tagihan utility: USD 4 – 10 (IDR 66 – 165 ribu) per minggu
• Biaya hidup di India untuk Transportasi umum: USD 4 – 10 (IDR 66 – 165 ribu) per minggu
• Biaya hidup di India untuk Fasilitas olahraga dan santai: USD 7 – 15 (IDR 165 – 250 ribu) per minggu

Seperti yang diulas diatas, biaya belajar di India sangat terjangkau dibandingkan dengan negara berkembang lainnya. Dan termasuk rendah dibandingkan negara maju. Selain itu, kualitas pendidikan di India terus mengalami transformasi dan perkembangan yang secara signifikan semakin maju.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Melihat rangkuman diatas, apa kamu masih ragu untuk kuliah di India? Jika kamu ingin menempuh pendidikan di India, beberapa universitas diatas patut kamu pertimbangkan. Terutama jika kamu berminat dengan jurusan pada bidang teknik, maka India adalah tempat yang tepat untukmu. Semoga artikel ini membantu.

Instagram