Batas Wilayah di Singapura Daratan dan Perairan dari Segala Arah

Semua negara memilik batas wilayah baik itu berupa daratan ataupun lautan sebagai penunjuk wilayah yang menjadi bagian bagi negara tersebut. Batas wilayah di Singapura cukup banyak dari berbagai arah meskipun hanya sebagai negara kecil.

Cek Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk bayar tagihan air

Batas wilayah ini berpengaruh pada luas negara di Singapura yang secara umum berhubungan langsung. Batas wilayah merupakan kondisi geografis Singapura yang harus dikelola dengan baik agar menguntungkan bagi negara tersebut dan keseluruhan sumber daya alam adalah milik Singapura.

Batas Wilayah di Singapura Daratan dan Perairan dari Segala Arah

Batas Wilayah di Singapura

Secara geografisnya negara Singapura mempunyai beberapa batasan yang dapat diketahui. Inilah beberapa batasan di negara Singapura dari berbagai macam arah:

• Batasan sebelah utara adalah Selat Johor Malaysia
• Batasan sebelah Barat adalah Selat Johor Malaysia
• Batasan sebelah Timur adalah Indonesia
• Batasan sebelah Selatan adalah Indonesia

Untuk mengetahui lebih jelasnya simak uraian di bawah ini:

1. Sebelah Utara

Batas wilayah di Singapura bagian Utara langsung dengan Malaysia yakni selat Johor. Batasan Singapura di sebelah utara hanya satu dalam batasan daratan.

2. Sebelah Barat

Batas negara Singapura sebelah Barat perairan milik Indonesia dan Malaysia yakni Selat Malaka. Selat Malaka merupakan salah satu selat yang memisahkan pulau Sumatera yakni di wilayah Aceh dan negara Malaysia.

Selat Malaka tidak terlalu luas jika dilihat dari negara kecil seperti Singapura. Maka dari itu perbatasan wilayah Singapura di bagian sebelah barat berupa lautan.

3. Sebelah Timur

Perbatasan wilayah negara di Singapura sebelah Timur berupa perairan hingga adanya pulau. Perairan ini merupakan salah satu perbatasan perairan negara Singapura sebelah Timur yakni Laut Cina Selatan dan perbatasan daratannya dari negara Singapura adalah negara Malaysia.

4. Sebelah Selatan

Perbatasan wilayah Singapura sebelah Selatan hampir sama dengan batasan di sebelah Timur. Singapura berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan dan juga negara Indonesia.

Maka dari itu kamu bisa mengetahuinya bahwa letak negara Singapura ini berada di sebelah Utaranya negara Indonesia. Namun tidak langsung berbatasan dengan daratan negara Indonesia.

Lokasi Negara Singapura

Letak dari negara Singapura berada di ujung selatan Semenanjung Malaysia yang berbatasan langsung dengan Johor dan juga Kepulauan Riau. Negara Singapura mempunyai perbatasan maritim dengan miliknya China yang terletak 137 km dari garis khatulistiwa.

Sementara itu untuk luas wilayah negara Singapura kurang lebih sekitar 697 km persegi yang terdiri atas 63 pulau dan yang paling tersebar adalah pulau Ujong. Sementara itu di sebelah utaranya Singapura ada jembatan menuju ke Malaysia dengan luas Singapura kurang lebih 697 km persegi dan menjadi negara terluas ke 192 di dunia.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Luas Wilayah di Singapura

Batas wilayah di Singapura ini berhubungan dengan luas wilayah yang negara Singapura. Singapura mempunyai luas wilayah 581 km persegi dengan panjangnya 43 km dan lebarnya hanya sekitar 22 km.

Singapura merupakan negara kecil di Asia Tenggara dan tidak memiliki sumber daya alam namun bisa menjadi negara maju yang sangat menguntungkan. Meskipun sebagai negara kecil namun Singapura bukan menjadi penghalang untuk menjadi negara maju seperti yang lainnya.

Letak Astronomis

Batas wilayah di Singapura ini selalu berkaitan dengan letak astronomis setiap negara. Negara Singapura berada pada 1o 15’ Lintang Utara – 1o35’ Lintang Utara dan antara 103o40’ Bujur Timur dan 104o Bujur Timur.

Dengan mengetahui letak astronominya akan jauh lebih mudah mengetahui lokasi keberadaan negara Singapura serta batasan wilayahnya. Dalam hal ini semua negara selain Singapura pun juga memiliki batasan wilayah dan letak astronominya.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Iklim

Batas wilayah di Singapura akan berpengaruh dengan iklim dan juga cuaca di negara tersebut. Singapura merupakan salah satu negara dengan iklim tropik khatulistiwa tanpa musim yang telah nyata berbeda, kesamaan suhu, curah hujan yang cukup tinggi dan kelembabannya juga begitu tinggi.

Suhu di Singapura antara 22 sampai 34 derajat celcius dengan rata-rata kelembaban relatif antara 90 persen saat pagi hari dan 60 persen pada sore hari.

Di cuaca hujan yang berkepanjangan maka kelembabannya relatif bisa mencapai 100 persen dengan suhu terendahnya dan tertingginya tercatat dalam sejarah maritim Singapura yakni 19.4 derajat celcius dan 35.8 derajat celcius.

Budaya Jumlah penduduk di Singapura

Batasan wilayah di Singapura memang sebagai negara kecil yang pastinya memiliki wilayah tidak begitu luas namun sangat padat penduduk dengan jumlahnya sekitar 5.781.728 jiwa. Sementara itu untuk etnis Tionghoa memiliki jumlah kisaran 74. 3 persen dan diikuti oleh etnis Melayu sebagai penduduk terbesar kedua di Singapura dengan jumlah 13.4 persen.

Selain itu juga terdapat etnis India dengan juga terdapat 9.1 persen dari semua jumlah penduduk di negara Singapura. Tidak hanya itu saja, sebenarnya etnis di Singapura juga ada yang berasal dari Eropa bahkan Amerika.

Bahasa yang Digunakan

Dalam percakapan sehari-hari di negara Singapura telah menggunakan bahasa resmi untuk berkomunikasi yakni bahasa Inggris, Melayu, Mandarin dan juga bahasa Tamil. Keempat bahasa yang digunakan ini tergantung dari penduduk lokalnya, bahkan terdapat bahasa tidak resmi seperti halnya Singlish sebagai bahasa yang memiliki kosa kata rusak.

Akan tetapi semua warga lokal bisa memahami bahasa Singlish yang merupakan perpaduan dari semua bahasa sehingga membuat pendatang tidak bisa memahami artinya.

Bahasa resminya Singapura sebenarnya adalah Melayu namun banyak sekali orang-orang yang lebih umum menggunakan bahasa Inggris setiap hari, bahkan urusan dokumen penting pun menggunakan bahasa Inggris.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian penjabaran terkait batas wilayah di Singapura mulai dari daratan hingga perairan di berbagai macam arah yang dapat diketahui. Dengan adanya batasan wilayah masuk dalam geografis Singapura yang harus dikelola dan dimanfaatkan secara baik.

Instagram