Tradisi Idul Fitri di Singapura

Perayaan Hari Raya Iduk Fitri menjadi salah stau momen penting bagi umat Islam seluruh dunia termasuk Singapura. Tradisi Idul Fitri di Singapura ini ditandai dengan mengakhiri ibadah puasa dan melakukan perayaan penuh suka cita, silaturahmi, meminta maaf dan memaafkan serta hadir dengan berbagai macam suguhan makanan.

Hampir di seluruh dunia tradisi ini selalu ada pada perayaan hari kemenangan namun dengan gaya dan konsepnya masing-masing. Perayaan hari lebaran dilakukan setelah melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan penuh mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Tradisi Idul Fitri di Singapura

Momen lebaran adalah tanda mengakhiri bulan suci Ramadhan yang dikenal sebagai Hrai Raya AidilFitri atau Hari Raya Puasa menurut Singapura. Pada bulan Ramadhan, umat Muslim mengkhususkan bulan tersebut untuk melakukan kegiatan ibadah, beramal dan saling berbagi kasih sayang dengan sesamanya.

Berikut inilah beberapa tradisi Idul Fitri di Singapura sebagai perayaan hari kemenangan:

Festival Cahaya Hari Raya

Sebulan sampai waktunya hari raya tiba akan banyak pengunjung yang datang ke Geylang Serai untuk menikmati puncah perayaan hari raya lebaran dengan sangat meriah. Festival yang satu ini biasanya digelar di sepanjang Sims Avenue dan juga Changi Road tepatnya berlangsung di antara Paya Lebar serta Stasiun MRT Eunos.

Dengan demikian para masyarakat banyak yang berdatangan untuk menikmati momen hanya satu tahun sekali ini dan berkumpul bersama. Selain itu juga pengunjung bisa mendatangi semaraknya bazar serta program budaya yang diadakan mingguan guna mendapatkan pengalaman festival yang tidak pernah dilupakan semua orang yang berdatangan.

Kontemplasi dan Perayaan

Tradisi Idul Fitri di Sungapura yang lainnya adalah kontemplasi dan perayaan khas sangat meriah. Banyak dari keluarga Melayu yang ada di Singapura ini menggunakan baju baru dengan memilih corak sama, bagi kaum adam akan mengenakan kemaja longgar dengan celana panjang khas baju Melayu, selain itu perempuan menggunakan baju kurung dengan blus panjang berpotongan longgar yang dipadukan bersama rok.

Hari ini akan dimulai dengan melakukan sholat Ied di masjid dan melantunkan doa secara khusus dan umat Muslim pergi ke rumah orang tuanya. Mereka biasanya akan memohon maaf pada kerabatnya yang lebih tua atas kesalahannya selama setahun dan juga menyambangi kerabatnya serta handai tolan karena banyak sekali makanan yang sudah disiapkan.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Cek Nomor Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Syarat Pengecekan
Cara Cek Saldo Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Internet Banking
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Suguhan Makanan Nikmat

Jika kamu beruntung maka diundang untuk makan pada Hari Raya Idul Fitri dan kamu akan banyak menjumpai berbagi macam hidangan. Beberapa makanan yang tersedia di antaranya rendang yakni daging yang direbus dan dimasak menggunakan santan serta bumbu, selain itu sayur lodeh, sambal dengan pelengkap nasi putih yang pulen serta ketupat.

Sementara itu untuk kudapan penutupnya adalah kue sebagai makanan ringan ataupun kudapan sekali gigit yang tidak kalah enaknya. Makanan lain yang tersedia adalah ondeh-ondeh sebagai bola kenyal dengan adanya isian gula aren lengket dan meledak dimulut ataupun putu piring yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Lautan Warna-Warni Pakaian Baju Kurung Perempuan

Tradisi Idul Fitri di Singapura tidak hanya dengan sajian makanan saja namun juga menampilkan keindahan lautan yang warna-warni dan mampu menarik perhatian para pengunjungnya. Salah satunya para wanita mengenakan pakaian baju kurung yang cantik dan terkadang dipadukan dengan tudung yang serasi dengan bajunya agar terlihat lebih menawan

Bahan yang digunakan pada baju tersebut biasanya dari bahan sutera ataupun batik tulis dengan pemilihan warna cerah, motif ramai dan juga jahitan halus di bagian leher baju sehingga sangat cantik dipandang. Baju tradisional ini akan terus digunakan sampai hari ini karena nyaman dan praktis karena iklimnya hangat mendukung di Singapura.

Geylang Serai Bazzar

Perayaan lebaran yang sering dilakukan oleh masyarakat Singapura khususnya sebelum hari H lebaran adalah berkunjung ke Geylang Serai Bazzar. Di tempat tersebut banyak gerai yang menawarkan berbagai macam produk Melayu dan juga Timur Tengah seperti halnya kue, permen, busana ataupun makanan gurih lain khas hidangan untuk perayaan lebaran.

Ketersediaan berbagai macam makanan ataupun pakaian ini berfungsi untuk disediakan pada Hari Raya Idul Fitri sebagai bentuk perayaan hari kemenangan. Hampir di seluruh dunia melakukan ini karena lebaran identik makan bersama-sama dengan sajian menu khas dari setiap masing-masing negara.

Berkunjung ke Sultan Mosque

Tradisi Idul Fitri di Singapura yang lainnya adalah mendatangi masjid Sultan Mosque. Masjid ini menjadi salah satu ikonik yang sangat menarik dan menyambangi bazzar takjil ketika bulan Ramadhan pada sore hari dengan kenikmatan makanan khas Melayu.

Bahkan pada Hari Raya pun juga dilangsungkan Sholat Ied yang didatangi oleh banyak jamaah karena hanya dilakukan satu tahun sekali. Tradisi ini sebagai peringatan hari perayaan lebaran setelah melangsungkan puasa selama 30 hari penuh yang dimulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari.

Kampoeng Gelam

Kampoeng gelam ini sebenarnya banyak dikunjungi masyarakat pada bulan Ramadhan karena berada di tengah kemegahan Masjid Sultan Singapura. Selain itu di kawasan inilah terdapat Arab Street dan juga North Bridge Road sebagai jalanan utamanya dengan adanya budaya Melayu terbentang sangat luas.

Tidak heran di kawasan ini sangat ramai orang berkumpul baik di bulan Ramadhan ataupun Hari Raya Idul Fitri dengan keramaian yang sangat terasa untuk merayakan hari kemenangan yang telah dinantikan dalam satu tahun ini bersama keluarga dan sanak saudara.

Demikianlah beberapa uraian mengenai tradisi Idul Fitri di Singapura yang tidak jauh berbeda di negara lain di dunia dengan menyajikan makanan khas lebaran. Selain itu di Singapura juga terdapat banyak perayaan untuk hari lebaran dengan suasana yang sangat meriah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram