Cara Bayar zakat Fitrah Online

Cara bayar zakat fitrah online lewat Baznas memang terbilang sangat mudah, cepat dan pastinya amanah. Pasalnya Baznas tetap menyampaikan zakat fitrah dari setiap orang untuk disalurkan pada pihak yang berhak menerimanya.

Baca Juga Artikel Cara Transfer dan Top Up Lainnya dari Transfez

Cara Transfer Uang Dari DANA Ke Bank
Cara Transfer Uang Melalui HP
Cara Bayar Shopee di Indomaret
Cara Top Up Dana Lewat BCA
Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

Pasalnya pemberian zakat fitrah merupakan hal wajib untuk setiap umat Muslim guna memberikan sebagian harta yang telah dimilikinya dan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Zakat fitrah ini dikeluarkan pada saat Idul Fitri.

Cara Bayar zakat Fitrah Online Lewat Baznas

Cara Bayar Zakat Fitrah Online Lewat Baznas

Bagi kamu yang ingin melakukan pembayaran zakat fitrah maka harus dengan membayarkan sesuai ketentuan. Selain itu kamu haruslah membayarkan zakat fitrah melalui perantara yang benar salah satunya melalui website Baznas.

Inilah beberapa langkah mudah yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pembayaran zakat fitrah dengan cepat dan terpercaya:

• Langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan cara mengunjungi website baznas resmi
• Lalu di halaman website baznas paling utama akan ditampilkan berbagai macam pilihan menu yang bisa kamu pilih
• Silahkan kamu memilih menu Tunaikan zakat dan lanjutkan dengan pilih menu masukkan jumlah zakat fitrah yang nantinya akan kamu bayarkan
• Harga untuk setiap satu paketnya zakat ini yang akan dibayarkan senilai Rp 45 ribu dengan jumlah zakat yang dapat dibayarkan dengan nilai 1.000 paket
• Kemudian kamu bisa melengkapi alamat lengkap sesuai dengan domisili, nomor telepon, alamat email dan pesan ataupun doa yang nantinya akan diucapkan
• Kemudian masukkan besarannya infak ataupun sumbangan guna melakukan pemeliharaan sistem yang ada pada website
• Setelahnya itu cara bayar zakat fitrah online lewat Baznas dengan memilih metode pembayaran zakat yang digunakan. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan virtual account bank seperti halnya BNI, BRI, Mandiri dan lain sebagainya
• Selanjutnya ini kamu bisa menyelesaikan pembayaran zakat fitrah sesuai dengan batas waktu yang telah ada, lalu metode yang kamu gunakan untuk pembayaran zakat
• Langkah terakhir yang dapat digunakan yakni dengan menekan opsi saya sudah melakukan pembayaran
• Cara bayar zakat fitrah online lewat Baznas ini akan menyelesaikan pembayaran sampai selesai.

Hukum Membayar zakat Secara Online

Pembayaran zakat memiliki unsur penting yakni sebagai pemberi zakat, hartanya yang dizakatkan dan pihak yang menerimanya, sedangkan terdapat unsur penting lainnya yakni pernyataan zakat serta doa untuk menerima zakat tersebut. Maka dari itu jika pihak yang memberi zakat ini tidak mampu menyatakan pada penerima zakat bahwa dana yang diberikannya ini merupakan vakat maka zakat yang dikeluarkan tetap sah.

Dalam artian bahwa orang yang telah melaksanakan zakat secara online pada lembaga amil zakat akan tetap diperbolehkan. Akan tetapi haruslah menjadi perhatian untuk memilih lembaga yang aman dan telah terpercaya supaya dana yang diberikannya ini tidak disalahgunakan, sehingga cara bayar zakat fitrah online lewat Baznas bisa tersampaikan dengan baik.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Kirim Uang dengan Transfez

Cara Menghitung Dana yang Dizakatkan

Dalam menghitung zakat fitrah maka setiap orang memang wajib dikenakan sebanyak 2.5 kg beras yang sesuai dengan harga di pasaran. Apabila harga beras ini kisaran Rp 12 ribu per kg maka untuk membayarkan zakat fitrah per orang sebesar Rp 30 ribu.

Pembayaran zakat fitrah ini telah sesuai dengan ajaran dari Nabi Muhammad SAW dengan sabdanya:
“Puasa bulan Ramadan digantungkan antara langit dan bumi, dan tak akan diterima (dengan sempurna oleh Allah SWT) kecuali dengan zakat fitrah. Umumnya, zakat fitrah harus sudah dikeluarkan sebelum salat Idul Fitri berlangsung.”

Melakukan Pembayaran dengan Mengucap Niat

Dalam cara bayar zakat fitrah online lewat Baznas memang sangatlah mudah untuk dilakukan, kamu cukup membayarkannya sesuai dengan jumlah nominal yang telah diisi dan memilih metode pembayaran yang diinginkan. Beberapa metode pembayaran yang dapat digunakan yakni Gopay, Dana, OVO, LinkAja, Paypal hingga kartu kredit.

Lalu penting sekali bagi kamu untuk melafalkan niatnya zakat fitrah dengan nminimalnya harus diucapkan di dalam hati, untuk diri sendiri dengan niatnya:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
awaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala
Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

Sementara itu juga terdapat niat lain yang dapat digunakan untuk membayar zakat fitrah diri sendiri dan juga keluarga dengan niatnya sebagai berikut:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

Cara Bayar zakat Fitrah Online Melalui Rumah Zakat

Cara lain yang dapat digunakan untuk membayarkan zakat fitrah dengan melalui Rumah zakat. Berikut inilah langkah mudah yang dapat kamu gunakan untuk melakukan bayar zakat fitrah melalui Rumah zakat:

• Langkah pertama yang harus kamu lakukan dengan mengunjungi laman resmi dari Rumah zakat yakni https://www.rumahzakat.org/donasi
• Lalu pilihlah menu Ramadhan yang ada di halaman utama pada website tersebut
• Silahkan kamu melanjutkan dengan memilih menu zakat fitrah untuk membayarkan zakat pada waktu Idul Fitri
• Kemudian silahkan kamu menentukan jumlah nominal jiwa yang akan membayarkan zakat
• Setelah itu kamu bisa dengan memasukkan nama yang telah mewakili pembayaran zakat fitrah
• Lanjutkan dengan memilih tombol Donasi dan lengkapi data diri dengan benar
• Berikutnya pilihlah notifikasi pembayaran zakat fitrah
• Setelahnya kamu bisa memilih metode pembayaran yang dilakukan untuk zakat fitrah
• Langkah terakhir dengan cara klik tombol Bayar Sekarang dan langsung selesaikan pembayarannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai cara bayar zakat fitrah online lewat Baznas yang dapat dilakukan dengan mudah. Cukup melakukan pembayaran melalui website maka kamu bisa mengeluarkan zakat fitrah.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 26 Februari 2024