skill yang dimiliki pebisnis

Halo FezFriends di mana pun kamu berada. Siapa nih di antara kamu sekalian yang tertarik untuk menjadi pebisnis atau malah sedang menjalankan bisnis? 

Menjadi pebisnis adalah impian atau cita-cita yang sangat bagus untuk diperjuangkan. Selain dapat menghasilkan pundi-pundi kekayaan, menjadi pebisnis juga dapat membantu orang-orang yang membutuhkan pekerjaan. Oleh karenanya, menjadi pebisnis adalah hal yang baik.

Meski begitu, menjadi pebisnis tidaklah mudah dan banyak sekali tantangannya. Selain butuh modal, ada juga hal lain yang perlu dimiliki seperti skill atau kemampuan tertentu. Dan berbicara tentang skill yang perlu dimiliki seorang pebisnis, berikut adalah beberapa skill yang penting untuk dimiliki.

Manajemen Finansial 

Manajemen finansial atau keuangan adalah salah satu skill yang perlu dikuasai oleh pebisnis. Skill ini dapat membantu kamu menjaga stabilitas keuangan bisnis yang kamu jalankan sehingga dapat bertahan meski sedang dalam keadaan kurang menguntungkan sekalipun. 

Kemampuan manajemen keuangan di sini mencakup menghitung untung rugi, memetakan pengeluaran, serta banyak lagi hal yang lainnya. 

Komunikasi dan Negosiasi 

Skill kedua yang juga perlu dikuasai adalah komunikasi serta negosiasi. Kamu membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik misalnya untuk melakukan presentasi di depan investor. Kemampuan komunikasi yang baik juga sangat berguna supaya pesan yang ingin kamu sampaikan ke anak buahmu dapat tersampaikan dengan baik sehingga tidak menimbulkan miskomunikasi. 

Adapun kemampuan negosiasi juga tidak kalah penting karena kamu amat membutuhkannya dalam berbagai kondisi. Misalnya saat kamu sedang berhadapan dengan klien. Di sana kamu membutuhkan kemampuan negosiasi yang bagus sehingga keuntungan yang kamu dapatkan bisa maksimal. 

Kepemimpinan atau Leadership

Selain manajemen keuangan dan komunikasi, kepemimpinan atau leadership juga kamu butuhkan sebagai seorang pebisnis. Kemampuan memimpin yang baik sangat berguna untuk membawa bisnismu ke level yang lebih tinggi di mana kamu akan memimpin lebih banyak orang. Bayangkan jika kamu tidak memiliki kemampuan memimpin, akan dibawa ke mana tim kamu?

Pemecahan Masalah atau Problem Solving

Skill selanjutnya adalah pemecahan masalah atau problem solving. Kemampuan ini amatlah berguna karena sebagus apapun rencana bisnis yang kamu buat, kamu tidak mampu mengontrol kondisi di lapangan. 

Misalnya kamu membuat rencana bahwa pada kuartal ketiga tahun ini kamu ingin membuka cabang baru di Semarang. Ternyata pada kuartal yang dimaksud modalmu belum mencukupi kebutuhan. Di satu sisi, kamu telah menandatangani perjanjian dengan beberapa vendor. Di sinilah kemampuan pemecahan masalah memegang peranan penting. 

Berjejaring atau Networking

Di samping semua skill di atas, ada juga kemampuan lain yang perlu kamu kuasai yaitu networking. Networking bisa menjadi sangat bermanfaat buat kamu dalam mengembangkan bisnis. Dengan memiliki jejaring pertemanan yang luas, kamu bisa lebih mudah menemukan orang yang tepat untuk kamu ajak bergabung ke dalam timmu. 

Networking juga dapat membawamu bertemu dengan orang-orang yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan bisa kamu temui. Kamu bisa bertemu dengan orang yang kamu bisa belajar darinya. Di samping itu, kamu juga bisa saja bertemu dengan orang yang sebaiknya kamu hindari seperti orang yang gemar mengklaim ide orang. 

Selain skill yang telah disebut di atas, masih ada banyak skill lain yang perlu kamu pelajari. Satu hal yang perlu kamu ingat, kamu dapat mempelajari skill-skill penting tersebut sambil jalan. Jadi, jangan ragu untuk mulai berbisnis dan teruslah belajar lewat praktik yang kamu lakukan. 

Jika ke depannya kamu membutuhkan rekanan untuk membantu transaksimu, kamu bisa melakukannya lewat Transfez bisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan transaksi keuanganmu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram