Biaya Hidup di Kota Semarang

Kota Semarang dijuluki sebagai Kota Lumpia atau Kota Atlas ini merupakan Ibukota dari provinsi Jawa Tengah dan sekaligus merupakan kota terbesar yang ada di Indonesia. Kota Semarang merupakan tempat pelancong maupun warga lokal untuk setidaknya menapakkan kakinya di tanah kota Semarang untuk mendapatkan kehidupan yang layak dengan mendapatkan pekerjaan.

Semarang memiliki universitas besar seperti Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang. Kota Semarang juga merupakan salah satu kota yang paling banyak didatangi mahasiswa untuk menimba ilmu.

Biaya hidup di Kota Semarang akan berbeda-beda setiap orangnnya. Bagi mahasiswa atau pelajar, mungkin tidak memiliki kebutuhan besar, dan jika tidak memiliki kebiasaan untuk berbelanja secara berlebihan maka biaya hidup yang dikeluarkan pun akan lebih hemat.

Biaya Hidup di Kota Semarang

Tapi kalau kamu seorang karyawan atau pekerja, pastinya memiliki kebutuhan yang besar dan memiliki hal-hal yang harus dibeli. Hal tersebutlah yang membuat biaya hidup kamu menjadi besar malah kaang membengkak.

Jadi untuk antisipasi apa saja yang harus disiapkan ketika ingin tinggal di kota Semarang khususnya mengenai biaya, simak baik-baik agar kamu bisa memanajemen keuangan kamu tanpa kesalahan.

Biaya untuk Tempat Tinggal/Akomodasi

Untuk para mahasiswa atau pelajar yang baru datang ke kota Semarang, kamar kosan adalah pilihan hemat untuk kamu yang ingin mendapatkan tempat tinggal. Hal ini juga direkomendasikan untuk para pekerja yang belum lama tiba di kota Semarang apalagi yang pergi merantau seorang diri.

Harga sewa kamar kost di Semarang berbeda-beda sesuai dengan fasilitas, lokasi dan luas kamar yang ditawarkan. Bahkan, sistem pembayarannya juga berbeda-beda, ada yang dibayar perbulan, per semester atau per tahun.

Rata-rata harga kost di Semarang berkisar antara 300-500 ribu Rupiah dengan kamar dan fasilitas stkamur seperti pada umumnya yakni kasur, lemari, meja belajar, air dan listrik. Dan tempat kos yang berada di pinggiran kota, harganya bisa lebih rendah daripada ini.

Buat kalian anak kost yang memiliki budget lebih, bisa memilih tempat kost yang eksklusif. Dan tentunya biayanya jauh lebih mahal ketimbang kost biasa yang harga sewa per bulannya sampai 1 juta bahkan ada yang lebih dari itu.

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, seperti kamar mandi dalam dan juga pendingin ruangan alias AC.

Jadi akan lebih nyaman tinggal di kota ini karena seperti yang diketahui bahwa kota Semarang terkenal dengan cuacanya yang sangat panas ketika siang hari.

Biaya untuk Tagihan dan Utilitas

Mencakup seperti tagihan listrik, air, gas dan bahan bakar lainnya, utilitas merupakan tanggungan wajib yang harus dibayar terlebih lagi untuk kamu yang memutuskan tinggal di kota Semarang dengan menyewa kontrakan.

Harga utilitas untuk setiap orang tentunya berbeda-beda tergantung dari seringnya pemakaian dan kebutuhan yang harus dipenuhi, jadi tidak ada harga yang mutlak untuk harga ini.

Dalam beberapa keadaan, biasanya pengurus kontrakan sudah membebankan harga semua utilitas dalam harga sewa kontrakan, jadi orang yang mengontrak tidak perlu membayar utilitas secara rutin.

Tentunya ini menguntungkan kamu, jadi pastikan kamu memilih kontrakan yang sudah mencakup biaya utilitas ke dalam harga sewanya.

Cakupan biaya utilitas termasuk listrik yang dikira-kirakan mencapai 100-150 ribu Rupiah jika terdapat kulkas sebagai elektronik terbesar. Sementara untuk biaya tagihan air sekitar dibawah 50 ribu Rupiah.

Jika kamu memutuskan untuk tinggal di kosan biaya sewa diatas sudah termasuk ke dalam harga sewanya.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Biaya untuk Transportasi

Pilihan yang tepat untuk anak rantau yang baru dan belum lama menginjakan kaki di tanah Kota Lumpia ini merupakan transportasi umum. Ada berbagai jenis transportasi di kota Semarang seperti bus Trans Semarang, angkot, ojek online, taksi online dan lain sebagainya.

Tarif yang dibutuhkan untuk transportasi berbeda-beda dan sangat relatif tergantung jaraknya. Angkutan kota umumnya membutuhkan biaya sekitar 2 ribu – 5 ribu Rupiah untuk sekali jalan. Untuk bus Trans Semarang membutuhkan biaya sekitar 3,5 ribu untuk umum dan seribu rupiah untuk pelajar.

Untuk mendapatkan harga pelajar, kamu harus menunjukan kartu pelajar. Tapi hal ini bisa kamu lakukan hanya pada saat hari Senin sampai Sabtu saja. Untuk hari minggu semua orang termasuk pelajar harus membayar untuk umum yakni 3,500 Rupiah.

Biaya Untuk Makanan Pokok

Biaya selanjutnya yang harus diperhitungkan adalah biaya untuk makan sehari-hari. Untungnya biaya makan di kota Semarang ini tergolong cukup terjangkau, bahkan ketika menghabiskan 10.000 rupiah saja kalian sudah bisa mendapatkan nasi, lauk, sayur dan juga es teh.

Untuk makan 3 kali sehari itu artinya kalian menghabiskan uang 30.000 Rupiah untuk satu hari. Jika satu bulan dengan dikalikan 30, jadi menghabiskan 900.000 Rupiah untuk satu bulan. Harga itu ditafsirkan jika kamu membeli makan di luar secara terus menerus di luar.

Tapi jika kamu memiliki tempat tinggal atau rumah sewa yang memiliki dapur sendiri, maka pilihan masak makanan kamu sendiri merupakan pilihan hemat.

Tapi tidak semua rumah sewa atau kosan memiliki dapur sendiri, oleh karena itu membawa magic jar adalah pilihan tepat untuk menghemat jika di tempat tinggal kalian tidak memiliki dapur.

Kota Semarang merupakan Ibukota dari provinsi Jawa Tengah dan menjadi salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia.

Merupakan pusat pemerintahan, menjadikan semarang memiliki potensi ekonomi yang luar biasa, oleh karena itu banyak yang memutuskan untuk melancong kemari demi mendapatkan pekerjaan dengan biaya hidup yang relatif murah daripada kota-kota metropolitan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Mengetahui suatu anggaran biaya merupakan langkah bijak untuk kamu yang ingin berkarir atau menimba ilmu di kota orang, tidak hanya di Semarang namun juga kota-kota lain agar kamu mampu mengatur keuangan kamu dan tidak salah perhitungan dalam pengeluaran.

Instagram