Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula

Artikel ini membahas tentang tips traveling ke Jepang untuk kamu yang suka backpackeran atau sekedar ingin menikmati cuaca di Jepang yang terkenal dingin dan keindahan bunga sakuranya.

Negeri Sakura, belakangan ini semakin tersohor dengan turisnya yang berlomba-lomba untuk berlibur ke Jepang. Keindahan bunga sakura pada musim semi, wahana permainan, kehidupan masyarakat Jepang mampu menarik hati, termasuk wisatawan dari Indonesia.

Tips Traveling ke Jepang untuk Pemula dan Anak Backpacker

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Pixabay/MasashiWakui

Nah, buat kamu yang pertama kali mengunjungi Jepang dan ingin berlibur low budget, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan selama berlibur di sana. Sudah dipastikan liburan kamu akan menjadi sangat menyenangkan nyaman!

1. Selalu mengecek harga tiket pesawat secara rutin

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Unsplash/Andy Li

Tips traveling ke Jepang yang pertama, harga tiket pesawat selalu berubah dari waktu ke waktu, maka kamu harus rajin mengecek tiket pesawat secara online untuk meminimalkan biaya liburan ke Jepang. Terdapat banyak website yang menyediakan layanan penjualan tiket online yang bisa kamu pilih dengan tawaran harga paling murah.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

Harga yang perlu kamu keluarkan untuk membeli tiket pulang pergi ke Jepang sebesar Rp5.000.000 sampai Rp9.000.000. Selain itu, terdapat pula maskapai yang menawarkan diskon penerbangan keJepang dan tentu saja kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan tiket penerbangan yang murah.

2. Memesan penginapan di hostel

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Pixabay/pierre9x6

Tips traveling ke Jepang yang kedua , hotel dan hostel menawarkan fasilitas dan harga yang berbeda. Dengan harga menginap di hostel jauh lebih murah dibandingkan di hotel bahkan perbedaannya bisa mencapai 2 hingga 3 kali lipat.

Maka, untuk menghemat budget liburan kamu dan meminimalisir pengeluaran menginap di hostel merupakan pilihan terbaik karena jauh lebih murah.

3. Hindari untuk membawa koper

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Unsplash/Rui Silvestre

Tips traveling ke Jepang yang ketiga, koper memang menjadi hal yang penuh pertimbangan saat pergi traveling ke luar negeri apalagi saat liburan panjang. Karena akan ada banyak perlengkapan serta kebutuhan yang perlu dibawa.
Namun, sebaiknya bijak dalam memilih perlengkapan yang paling dibutuhkan saat travelingsehingga barang bawaan semakin ringan dan tidak perlu kerepotan saat berlibur.

4. Berkunjung saat Jepang sedang musim dingin

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Pixabay/Kanenori

Tips traveling ke Jepang yang ke-4, Jepang memiliki empat musim, yaitu musim panas, dingin, semi dan gugur. Setiap musimnya harga tiket penerbangan memiliki harga yang berbeda-beda.

Tiket yang paling murah adalah pada saat terjadi musim dingin, dengan harga pulang-pergi yang biasanya di bandrol Rp5.000.000 sampai Rp9.000.000 berubah menjadi Rp4.000.000 sampai dengan Rp7.000.000 saja.

5. Menggunakan transportasi umum

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Pixabay/ArminEP

Tips traveling ke Jepang yang ke-5, untuk menghemat biaya perjalanan, maka sebaiknya kamu memanfaatkan keberadaan transportasi umum yang ada di Jepang. Karena saat berkunjung ke Jepang, rasanya tidak lengkap apabila hanya mengunjungi satu kota.

Jepang memiliki banyak kota eksotis yang indah dan mungkin akan sangat disayangkan apabila dilewatkan, maka terdapat banyak wisatawan yang suka berpindah dari satu kota ke kota lain dengan menggunakan transportasi umum. Tarif berpergian menggunakan transportasi umum khususnya bus malam, juga sangat terjangkau dan sangat aman hingga dapat terhindar dari kemacetan.

6. Menggunakan kartu kredit selama liburan

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Unsplash/Mark OFlynn

Tips traveling ke Jepang yang ke-6, kamu bisa memanfaatkan kartu kredit saat hiburan untuk memangkas biaya. Namun, kartu kredit yang dikeluarkan oleh Indonesia tidak bisa digunakan sembarangan di negara Jepang.
Maka, kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu kartu kredit tersebut agar bisa dipakai di Jepang. Caranya kamu dapat menghubungi bank penerbit kartu kredit satu minggu sebelum tanggal keberangkatan.

7. Tidak membuang sampah sembarangan

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Pexels/ Steve Johnson

Tips traveling ke Jepang yang ke-7, Jepang merupakan negara yang bersih dari sampah, maka tidak heran apabila kamu tidak bisa menemukan sampah berserakan sembarangan. Selain itu, kamu juga tidak dapat menemukan tempat sampah di jalanan Jepang, maka sebaiknya apabila kamu memiliki sampah yang harus dibuang simpan saja di kantong terlebih dahulu sebelum menemukan tempat sampah dan jangan membuangnya sembarangan.

8. Memperhatikan jadwal transportasi umum

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Pixabay/RyanMcGuire

Tips traveling ke Jepang yang ke-8, di Jepang kereta berhenti beroperasi tetap saat tengah malam. Apabila kamu sedang berpergian menggunakan kereta, sebaiknya kamu harus cermat memperhatikan jadwal transportasi umum tersebut.

Karena harga taksi di Jepang juga jauh lebih mahal dan tentu kamu harus mengeluarkan biaya lebih besar.

9. Selalu membaca dan mematuhi aturan di tempat wisata

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Pexels/ Bagus Pangestu

Tips traveling ke Jepang yang ke-9, saat mengunjungi lokasi wisata yang ada di Jepang, sebaiknya kamu membudayakan membaca dan mematuhi peraturan yang ada di tempat wisata tersebut. Karena di beberapa museum dan kuil yang ada di Jepang kamu dilarang untuk mengambil gambar.

10. Hal yang perlu perhatikan saat berada di kereta

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Pixabay/12019

Tips traveling ke Jepang yang ke-10, saat berada di kereta, sebaiknya kamu tidak perlu bicara dengan suara yang keras, karena orang Jepang sangat menjaga kesopanan termasuk di tempat umum. Selain itu, untuk tidak berdesakan di dalam kereta Jepang merupakan suatu hal yang mustahil, karena untuk bisa masuk ke dalam kereta saja kamu harus membutuhkan tenaga super extra.

11. Tidak merokok sembarangan

Tips traveling ke Jepang yang ke-11, saat berada di Jepang, sebaiknya kamu tidak merokok di sembarangan tempat. Sebaiknya kamu merokok di tempat yang sudah disediakan, karena bila merokok di tempat umum bisa membuat kamu terkena masalah.

12. Bawa Oleh-Oleh Secukupnya

Tips Traveling Ke Jepang untuk Pemula
Unsplash/Rap Dela Rea

Tips traveling ke Jepang yang ke-12, berlibur ke Jepang rasanya kurang lengkap tanpa oleh-oleh. Di Jepang, ada banyak toko suvenir yang bisa kamu kunjungi, dengan harga suvenirnya pun sangat terjangkau.

Namun, jangan sampai terlena dengan harga suvenir murah ya karena kamu memiliki kapasitas bagasi yang terbatas. Kalau bagasi overload, kamu harus membayar mahal untuk membeli bagasi tambahan.

13. Koneksi Internet di Jepang

Tips traveling ke Jepang yang ke-13, saat berlibur ke Jepang, sebaiknya kamu membawa WiFi portabel dari Indonesia. Karena mayoritas orang Jepang menggunakan paket data.

Hal ini agar mempermudah kamu dalam mendapatkan koneksi Internet di Jepang. Dan kamu akan jarang menemukan WiFi gratis di tempat-tempat umum.

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

14. Menjaga Suara Tetap Pelan

Tips traveling ke Jepang yang ke-14, saat berada di dalam kereta, sebaiknya kamu menjaga suara tetap pelan dan jangan berbicara dengan keras. Hal ini dikarenakan orang Jepang sangat menjaga kesopanan, termasuk di tempat umum.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu untuk tidak berteriak-teriak di tempat umum karena dapat mengganggu warga lokal.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

15. Jaga Diri Saat Berdesakan di Kereta

Tips traveling ke Jepang terakhir, saat kamu di Jepang, jangan berharap untuk tidak berdesakan saat berada di dalam kereta. Untuk bisa masuk ke dalam kereta saja, kamu memerlukan tenaga yang ekstra.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Demikianlah beberapa tips traveling ke Jepang yang harus kamu perhatikan agar liburan menjadi lebih seru. Selain itu, jangan lupa pulang dengan membawa oleh-oleh ya, karena harga souvernir yang ada di Jepang bisa kamu peroleh dengan harga terjangkau lho!

Instagram