Strategi Pemasaran Wisata Baru agar Dikenal Oleh Wisatawan

Bagaimana strategi pemasaran wisata saat kondisi sekarang? Kebutuhan masyarakat akan tempat wisata semakin tinggi yang diimbangi dengan pertumbuhan desa wisata. Maka para pengelola harus dengan sigap mempersiapkan strategi pemasaran agar lebih dikenal oleh banyak orang.

Adanya desa wisata menjadi salah satu bentuk untuk mensejahterakan masyarakat sekitar lokasi. Dalam hal ini pemasaran sebagai kegiatan yang sangat penting bagi pengelola desa wisata pada era ekonomi berbagi dan era digital ini.

Pentingnya Melakukan Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran Wisata Baru agar Dikenal Oleh Wisatawan

Memasarkan tempat wisata sangat diperlukan sekarang ini mengingat banyaknya pesaing dengan ratusan jumlahnya. Salah satu yang paling ampuh untuk melakukan kegiatan pemasaran yakni dengan promosi tempat wisata.

Dengan adanya promosi tersebut, wisatawan yang belum mengenal bisa tertarik untuk mengunjunginya. Selain itu dengan adanya promosi bisa mengembangkan wisata jauh lebih baik lagi dan berfungsi memberikan informasi secara lengkap bagi wisatawan.

Strategi Pemasaran Wisata di Era Digital

Sebagai lokasi wisata baru yang belum banyak dikenal oleh masyarakat lokal hingga wisatawan asing, melakukan strategi untuk mengenalkan desa wisata menjadi hal utama. Inilah beberapa langkah dalam menjalankan strategi memasarkan desa wisata.

1. Membangun identitas desa wisata

Strategi utama yang wajib untuk dilakukan oleh pengelola dengan membangun identitas yakni para pengelola mengumpulkan informasi secara lengkap mengenai desa wisata. Dalam membangun identitas ini perlu informasi secara detail tentang sejarah hingga adanya wisata tersebut.

Identitas pada desa wisata mampu menarik perhatian para wisatawan agar datang berkunjung karena merasa penasaran dengan cerita yang ada. Membangun identitas juga menjadikan desa wisata lebih jelas untuk mengetahui alasan wisatawan berkunjung.

2. Menentukan target pasar

Dalam strategi pemasaran tidak hanya menjual makanan atau pakaian saja yang membutuhkan target pasar. Memasarkan desa wisata pun juga membutuhkan target pasar secara jelas yang mempunyai pengaruh untuk keberlangsungan desa wisata.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Penentuan target pasar juga akan berpengaruh pada jumlah pengunjung yang datang ke lokasi wisata. Target pasar yang jelas akan membantu proses pemasaran dalam hal menaikkan jumlah wisatawan di desa wisata.

3. Menetapkan harga berkunjung

Penetapan harga pada desa wisata merupakan salah satu strategi penting dalam hal pemasaran. Harga akan mencerminkan fasilitas yang diberikan pada pengunjung dan apa saja yang bisa dinikmati di lokasi wisata tersebut.

Biaya yang dipatok oleh tempat wisata akan menarik perhatian para wisatawan dan sebagai pertimbangan untuk datang atau tidak. Sehingga mempertimbangkan patokan harga tiket masuk akan sangat penting untuk dipikirkan secara matang.

4. Merumuskan Unique Selling Proposition atau USP

UPS adalah hal yang akan membedakan sebuah usaha atau badan usaha sebagai bentuk strategi pemasaran atas desa wisata. Hal ini guna mengetahui apa saja yang menjadi keunikan pada desa wisata sehingga harus dipasarkan pada jangkauan lebih luas.

Dari keunikan di desa wisata inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk mendatangkan banyak wisatawan. Selain itu pihak dari pengelola wisata pun juga bisa menjelaskan fasilitas disediakan bagi pengunjung sehingga membawa daya tarik wisatawan yang lebih banyak lagi.

5. Melakukan promosi di media online

Era digital telah membawa banyak kemudahan yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang untuk melakukan kegiatan promosi. Salah satunya mengenai desa wisata yang bisa kamu pasarkan dengan mengacu pada target sasaran audience yang jelas.

Kehadiran media sosial mampu membantu pengelola desa wisata untuk mengenalkannya lebih luas lagi. Media sosial yang dapat digunakan yakni Instagram, Twitter, Youtube, Facebook dan yang lainya, selain itu juga bisa menggunakan website untuk memberikan informasi secara lebih rincinya.

6. Membuat dan mengoptimalkan Google My Business untuk strategi pemasaran

Google Bisnisku ini merupakan salah satu aplikasi gratis yang diberikan oleh Google dalam mengatur keberadaan dari tempat wisata. Aplikasi ini juga bisa digunakan dalam meningkatkan hubungan dari tempat wisata dan juga para calon pengunjung.

Manfaat dari Google Bisnisku yakni membuat tempat wisata makin terkenal dan memudahkan akses menuju ke lokasi wisata. Selain itu juga memudahkan para pengunjung untuk memberikan nilai dan review setelah wisatawan berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

7. Membuat dan mengoptimalkan konten pada website

Website yang digunakan untuk tempat informasi harus responsif dan cepat ketika diakses oleh banyak orang. Selain itu di dalamnya juga harus menyediakan konten yang informatif, kaya dan kuat dalam memenuhi kebutuhan literasi.

Dalam melakukan pengembangan pada website maka sangat penting untuk kamu menentukan kontributor yang mempunyai kemampuan untuk mengisi dan mengelola website. Di era digital ini kebutuhan akan informasi meningkat secara signifikan, sehingga pastikan informasi yang diberikan pada website relevan dan valid.

8. Menjalin kemitraan

Strategi pemasaran yang bisa dilakukan lainnya yakni dengan menjalin kemitraan bersama pihak berkepentingan dalam sektor pariwisata ini. Pariwisata membutuhkan kolaborasi yang bagus untuk menjalankan tempat wisata sehingga penting untuk mempunyai jaringan luas.

Guna keberlangsungan tempat wisata bisa mengajak kolaborasi kemitraan dengan pihak profesional dan berpotensial menaikkan jumlah pengunjung di tempat wisata. Seperti halnya komunitas fotografer, travel blogger, instagrammer, travel vlogger, pemerintah dan semua yang mempunyai potensi besar untuk tempat wisata.

9. Membuat event besar di tempat wisata

Membuat perencanaan event memang menjadi salah satu cara agar dikenal oleh banyak orang dalam lingkup yang lebih luas lagi, dengan begitu bisa menggandeng beberapa pihak yang berpotensial menyebarluaskan informasi. Informasi terkait event yang tidak dilengkapi dengan penyebarluasan maka juga akan sama saja tidak akan ada orang yang datang.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Salah satu caranya dengan kerjasama bersama akun Instagram di daerah untuk membantu menyebarluaskan. Dari informasi tersebut maka akan banyak orang yang mengenal dan hadir pada event yang telah diadakan tersebut.

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai strategi pemasaran untuk tempat wisata. Pengelolaan dan pemasaran secara tepat akan meningkatkan pengunjung di tempat wisata.

Instagram