Cara Cek Jaminan Pensiun

Cara cek jaminan pensiun tersedia beberapa barang yang dapat digunakan oleh peserta BPJS. Jaminan pensiun BPJS ini menjadi sebuah program untuk memperoleh perlindungan yang diselenggarakan dalam upaya untuk mempertahankan derajat dari hidup supaya lebih layak ketika peserta kehilangan atau penghasilannya berkurang karena telah memasuki masa pensiun atau memang mengalami cacat total tetap.

Manfaat dari pensiun yaitu jumlah uang yang nantinya akan dibayarkan tiap bulan pada peserta yang telah memasuki masa usia pensiun, mengalami cacat total tetap serta ahli waris dari peserta yang sudah meninggal dunia. Peserta dalam program jaminan pensiun ini dikenal dengan peserta sebagai pekerja yang sudah terdaftar dan sudah melakukan pembayaran iuran.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Cara cek jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan

Dalam melakukan pengecekan jaminan pensiun BPJS sebenarnya terdapat beberapa pilihan cara yang dapat digunakan. Sebagai peserta BPJS bisa melakukan pengecekan secara online ataupun offline supaya bisa diketahui dana dari jaminan pensiun BPJS tersebut.

Adapun untuk langkah cara yang bisa dilakukan dalam proses pengecekan jaminan pensiun BPJS yang bisa digunakan sebagai berikut:

Pengecekan jaminan pensiun BPJS melalui aplikasi BPJSTKU mobile

  • Langkah pertama silahkan download terlebih dahulu aplikasi Jamsostek mobile atau JMO pada perangkat smartphone yang saat ini kamu gunakan
  • Apabila kamu sudah menginstal aplikasi tersebut maka bisa langsung membuka aplikasi Jamsostek mobile di halaman utamanya dari aplikasi tersebut
  • Dengan begitu kamu akan diarahkan untuk membuat akun terlebih dahulu mengingat sebelumnya belum memiliki akun Jamsostek mobile dengan cara klik buat akun
  • Pada pembuatan akun ini kamu akan diminta untuk melakukan pengisian identitas diri dengan lengkap supaya bisa memiliki akun Jamsostek mobile
  • Ketika sudah memiliki akun maka kamu bisa melanjutkan prosesnya dengan memasukkan email serta password yang sudah kamu daftarkan sebelumnya
  • Berikutnya silakan lanjutkan dengan klik menu cek saldo yang berada di bagian halaman tersebut guna mengetahui informasi secara detail terkait saldo BPJS pensiun milik kamu
  • Dengan begitu sistem akan membantu kamu untuk memunculkan informasi detail dari saldo BPJS yang saat ini masih tersedia.

Cara Cek Jaminan Pensiun Melalui Langkah Online Maupun Offline

Cara cek jaminan pensiun melalui website SSO BP Jamsostek

Dalam melakukan pengecekan jaminan pensiun tidak hanya dengan melakukan download aplikasi Jamsostek mobile saja karena kamu juga bisa diberikan kemudahan untuk melakukan pengecekan saldo melalui website resmi dari BPJS ketenagakerjaan. Langkah yang bisa kamu lakukan di bagian mesin pencarian silakan memasukkan alamat website resmi dari Jamsostek yaitu sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Pastikanlah dalam hal ini kamu sudah mempunyai akun Sehingga nantinya cukup dengan memasukkan alamat email serta password akun yang sudah kamu buat sebelumnya. Ketika berada di bagian menu akun yang kamu miliki tentunya akan terdapat beberapa pilihan lihat saldo jaminan pensiun dan ketika kamu sudah klik menu tersebut maka akan memperlihatkan jumlah saldo milik kamu yang bisa diketahui.

Cara Mendaftarkan Akun Jack untuk Kemudahan Finansial Perusahaan Anda

Cara melakukan pengecekan jaminan pensiun melalui pesan singkat atau SMS

Cara cek jaminan pensiun juga bisa menggunakan layanan pesan singkat atau SMS yang tentunya lebih mudah untuk dipahami. Akan tetapi ketika mengecek jaminan pensiun BPJS ini melalui SMS tentunya kamu juga harus memiliki pulsa yang nantinya akan digunakan untuk pengiriman pesan.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan bahwasanya untuk pengecekan jaminan pensiun terdapat format yang harus diperhatikan dari pihak pengirim supaya lebih mudah untuk mengetahui saldo dari jaminan pensiun. Berikut inilah langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui cara cek jaminan pensiun melalui pesan singkat atau SMS:

  • Pada langkah pertama ini silahkan kamu membuka menu pesan singkat atau SMS yang tersada di perangkat ponsel kamu. Sebelumnya kamu juga harus memastikan bahwasanya kartu yang kamu gunakan untuk mengirim pesan mengecek jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan tersebut memiliki pulsa yang mencukupi supaya bisa terkirim ke layanan BPJS ketenagakerjaan.
  • Jika memang sebelumnya kamu tidak terdaftar maka bisa melakukan registrasi terlebih dahulu melalui SMS dengan pengiriman format sebagai berikut:

Daftar(SPASI)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL

  • Setelah kamu memastikan penulisan format pengiriman pesan tersebut sudah benar maka bisa melanjutkan dengan mengirimkan ke nomor 2757
  • Pada saat kamu selesai melakukan pendaftaran maka bisa melanjutkan dengan proses cara cek jaminan pensiun dengan mengirimkan format SMS SALDO (spasi) dan silakan kamu mengirimkan kembali ke nomor 2757
  • Dengan demikian sistem akan memproses permintaan kamu untuk melakukan pengecekan jaminan pensiun BPJS dan akan dimunculkan informasi saldo yang saat ini masih tersedia sehingga proses pengecekan jaminan pensiun sudah selesai dilakukan.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Pilihan Tabungan Pendidikan Anak yang Menguntungkan
Pentingnya Tabungan Pendidikan Anak
Rekomendasi Bank Dengan Layanan Tabungan Anak Sekolahan
Apa Itu Tabungan Anak BRI, Jenis dan Keuntungannya

Cara melakukan pengecekan saldo jaminan pensiun BPJS di kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat

Cara untuk melakukan pengecekan saldo BPJS jaminan pensiun ini sebenarnya juga bisa dilakukan secara online dengan datang langsung ke kantor cabang dari BPJS ketenagakerjaan terdekat. Dalam melakukan cara cek jaminan pensiun ini maka kamu harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu dengan melengkapi adanya dokumen seperti halnya kartu tanda penduduk serta kartu peserta BPJS ketenagakerjaan karena nantinya akan melakukan pengecekan jaminan pensiun BPJS.

Download Aplikasi Transfez di Google Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

 

Pastikanlah kamu datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan saat hari dan jam kerja supaya nantinya bisa memperoleh ke pelayanan langsung dan maksimal dari pihak petugas BPJS ketenagakerjaan. Apabila sudah tiba di kantor BPJS kamu bisa langsung menyampaikan bahwasanya ingin melakukan pengecekan jaminan pensiun supaya bisa diketahui informasi saldo yang saat ini masih dimiliki oleh peserta BPJS ketenagakerjaan tersebut.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait cara cek jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan bagi peserta yang sudah memasuki masa usia pensiun ataupun memang mengalami cacat total. Dalam pengecekan jaminan pensiun terdapat sejumlah cara yang dilakukan baik itu secara online ataupun offline yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari peserta.