Tips Traveling ke India untuk Pemula

Artikel ini membahas tentang tips traveling ke India untuk kamu yang baru pertama kali akan mengunjungi negara ini, baik untuk keperluan bisnis, liburan bersama keluarga, ataupun untuk backpacker-an.

India merupakan negara dengan penduduk yang mayoritas memeluk agama Hindu. Sehingga, negara ini memiliki budaya yang khas.

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Pixabay/sasint

Selain itu, India juga memiliki banyak destinasi wisata yang mampu menarik minat pengunjung dari berbagai negara. Meskipun demikian, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kamu saat menerima perhatikan beberapa tips berikut ini agar liburan kamu ada tidak memiliki kendala apapun.

Tips Traveling Ke India

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

1. Pergi ke lokasi destinasi yang menanamkan jika tidak menyukai suasana ramai

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Pixabay/Yeskay1211

Tips traveling ke India yang pertama, alternatif terbaik yang dapat kamu kunjungi adalah desa-desa di India, seperti pergi ke pegunungan atau lembah-lembah yang ada di sana. Sehingga, kamu dapat keluar dari kebisingan dan padatnya kota di India.

Selain itu, negara India juga memiliki sebagian besar penduduk pedesaan yang bersikap ramah terhadap wisatawan.

2. Hindari kelelahan karena mengunjungi banyak lokasi wisata

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Pixabay/Pexels

Tips traveling ke India yang kedua, India merupakan negara yang sangat luas, sehingga banyak turis yang bersemangat untuk mengunjungi banyak lokasi. Hal ini tentu saja akan membuat kamu dasar kelelahan.

Selain itu, India juga memiliki polusi udara kemacetan dan kebisingan kota, yang membuat kondisi tubuh dapat menjadi lebih cepat lelah. Maka sebaiknya kamu perlu membuat daftar lokasi kunjungan dan prioritas yang paling menarik dan mudah dijangkau.

3. Selalu memperhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Pixabay/PublicDomainPictures

Tips traveling ke India yang ketiga, biasanya para traveler akan merasa sakit perut, saat pertama kali berkunjung ke India. Ini dikarenakan para traveller kurang memperhatikan makanan dan minuman yang dibeli di jalanan.

Maka sebaiknya kamu selalu mencuci dan mengupas buah yang kamu beli sebelum dimakan dan sedikit membersihkan makanan yang digoreng atau direbus. Selain itu, sebaiknya kamu juga membawa air saat melakukan perjalanan.

4. Berpakaian sopan dan tertutup

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Pixabay/nonmisvegliate

Tips traveling ke India yang ke-4, saat berkunjung ke India, sebaiknya kamu memakai pakaian yang baik dan menutup lengan beserta kaki karena India memiliki budaya berpakaian yang sangat sederhana.

Menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup dapat menghormati budaya setempat dan membuat kamu menjadi lebih aman. Apabila kamu mengunjungi rumah penduduk atau toko, maka sebaiknya lepaskan sepatu yang kamu kenakan sebelum masuk.

5. Tidak terkejut saat menerima banyak pertanyaan

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Unsplash/Charl Folscher

Tips traveling ke India yang ke-5, saat kamu berjalan-jalan di kota India, bersiaplah untuk menghadapi kemacetan berjalan di transportasi umum atau bahkan terjepit di lift. Tidak jarang orang-orang India akan penasaran pada turis dan mengajukan banyak pertanyaan.

Bahakan bisa jadi pertanyaan yang diajukan tersebut bersifat pribadi dan sangat mengganggu. Maka, sebaiknya kamu perlu menjawab seperlunya saja dan memberikan senyuman dengan sopan.

6. Selalu mengutamakan keamanan

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Unsplash/Ali Al-Sheiba

Tips traveling ke India yang ke-6, apabila kamu berkunjung ke India secara bergerombolan, maka sebaiknya mengutamakan keamanan di jalan dan untuk selalu bersama-sama. Karena terdapat aturan yang tidak tertulis di India untuk tidak berjalan-jalan di jalanan sepi sendirian.

Selain itu, juga terdapat banyak tawar menawar barang di pasar India maka kamu harus bersikap tegas tapi dia tetap menyenangkan untuk menawar barang.

7. Waktu di India bersifat relatif

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Unsplash/NeONBRAND

Tips traveling ke India yang ke-7, di India jam karet juga berlaku dan terjadi, mungkin kamu janjian dengan teman di India dan mengatakan bertemu 5 menit lagi itu bisa terjadi sampai setengah jam. Mungkin karena banyak hal dan faktor seperti terjebak macet.

Selain itu, toko di India juga tidak memiliki waktu buka dan tutup yang rutin. Namun, biasanya toko-toko dan kantor pemerintahan tutup pada jam makan siang.

8. Selalu memperhatikan kaki dan tangan

Tips traveling ke India yang ke-8, kaki merupakan organ tubuh yang kotor dalam budaya India. Maka, sebaiknya kamu segera untuk meminta maaf apabila menyentuh sesuatu dengan kaki.

Selain itu, di India memberikan sesuatu dengan tangan kiri juga dianggap kurang sopan. Maka sebelum bertindak, sebaiknya kamu juga harus memperhatikan apa yang orang India lakukan.

9. Membayar transaksi menggunakan uang tunai

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Pixabay/geralt

Tips traveling ke India yang ke-9, mungkin saat ingin pulang dari India, kamu akan membeli oleh-oleh yang akan diberikan kepada teman maupun saudara dan keluarga. Kamu dapat memilih toko oleh-oleh yang banyak berada di India terutama New Delhi.

Melakukan transaksi dengan uang tunai merupakan pilihan bijak yang dapat kamu lakukan, untuk menghindari terjadinya pencurian data kartu kredit kamu. Namun, juga terdapat toko-toko terpercaya dan besar yang cukup aman untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit.

10. Bersiap untuk menerima kebisingan di seluruh kota

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Unsplash/Laurentiu Morariu

Tips traveling ke India yang ke-10, India memiliki kota-kota yang terkenal dengan lalu lintasnya yang selalu padat. Terdapat banyak kendaraan yang lalu-lalang dan membuat orang-orang menjadi lebih stres di jalanan.
Maka untuk menghindari hal tersebut, wisatawan dapat memakai earphone untuk meminimalisir dampak dari kebisingan yang terjadi.

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

11. Memperhatikan Cuaca dan Iklim di India

Tips traveling ke India yang ke-11, pastikan sebelum datang ke India, perhatikan juga cuaca dan iklim yang ada di sana. Di India bagian utara, mulai dari New Delhi, negara bagian Uttar Pradesh, Jammu-Kashmir, Punjab, Rajashtan, Uttarakhand, dan Himachal Pradesh memiliki empat musim.

Ketika musim panas selama April hingga Agustus, di India Utara terkadang sangat panas. Bahkan suhunya bisa mencapai 50 derajat celcius.

12. Menggunakan e-Tourist Visa India

Tips traveling ke India yang terakhir, jika kamu mendaftarkan e-Visa secara online lewat www.indianvisaonline.gov.in, maka selama di India kamu hanya boleh melakukan aktivitas wisata saja. Mengajukan e-tourist visa hanya dikhususkan bagi para traveler saja, bukan untuk urusan bisnis, pertukaran pelajar, atau kepentingan lainnya.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

13. Menukarkan mata uang rupee saat sampai di India

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Unsplash/Syed Hussaini

Ada baiknya untuk menukarkan mata uang rupiah menjadi rupee ketika sampai di India. Karena banyak beredarnya rupee palsu di luar India. Sehingga, agar merasa aman dan terhindar dari masalah ini, sebaiknya menukarkan rupee ketika di India.

14. Memperhatikan sistem transportasi

Tips Traveling ke India untuk Pemula
Unsplash/Jiri Moonen

Penipuan yang menimpa turis kerap terjadi di India, termasuk saat di transportasi umumnya. Jika kamu cewek, waspadalah ketika memilih transportasi yang kamu pakai ketika di India. Usahakan untuk tidak pergi sendirian, karena lumayan berbahaya.

Sebelum naik transportasi, usahakan untuk melakukan deal harga terlebih dahulu dan usahakan pilih kendaraan ber-argo.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Keindahan alam yang tak bisa dipungkiri dengan pesonanya, akan menutupi rintangan traveling ke India yang terlihat begitu banyak. Meskipun ada banyak kasus penipuan dan kejahatan di India, yang paling penting untuk diperhatikan adalah agar kamu selalu tetap waspada dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Instagram