tipe-tipe investor

Pada umumnya terdapat tipe-tipe investor yang ada di dunia investasi dan dari setiap investor tersebut mempunyai cara pandang yang berbeda dalam menanggapi setiap resiko investor yang ada. Hal ini tentunya juga bisa membantu para investor dalam penentuan produk investasi yang dapat disesuaikan dengan profit resikonya.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Terdapat dua aspek pertimbangan dalam melakukan kegiatan investasi yaitu berdasarkan potensi keuntungan serta resiko. Apabila dari pelaku pasar telah menemukan investasi yang layak untuk dijadikan sebagai instrumen investasi maka mereka harus mempertimbangkan terlebih dahulu dari aspek tersebut sebelum memutuskan untuk investasi.

tipe-tipe investor

Tipe-Tipe Investor

Investor merupakan perorangan ataupun lembaga yang telah terjun dalam melakukan kegiatan investasi untuk jangka panjang ataupun jangka pendek. Dalam melakukan kegiatan investasi tersebut terdapat beberapa tipe investor dengan cara pandang yang berbeda.
Berikut inilah beberapa tipe investor yang dapat kamu ketahui dengan cara pandangnya masing-masing:

1. Tipe Investor Konservatif

Salah satu tipe investor yang mempunyai profil risiko sangat rendah. Tipe investor yang satu ini mempunyai ciri khas dalam menginginkan sebuah investasi yang aman dengan adanya tingkat pengembalian yang lebih stabil serta cukup takut untuk mengurangi pokok investasinya.

Pada umumnya tipe investor yang satu ini termasuk ke dalam kategori konservatif yaitu investor pemula yang memang mereka baru tertarik untuk melakukan kegiatan investasi. Dengan demikian investor tersebut biasanya akan menempatkan pada tingkat keamanan di atas keuntungan yang nantinya bisa didapatkan dari kegiatan investasinya tersebut.

2. Investor Moderat

Tipe-tipe investor yang lainnya yaitu investor moderat sebagai salah satu tipe investor yang mana mereka lebih memilih profil tingkat resiko sedang dan pada umumnya investor ini akan menargetkan finansial untuk jangka menengah dan lebih siap dengan adanya tingkat pengembalian fluktuasinya meskipun tidak terlalu signifikan. Tipe investor yang satu ini belum berani untuk melakukan pengambilan resiko yang lebih tinggi dan tipe moderat masih memberikan adanya toleransi pada resiko ketika terjun dalam berinvestasi.

Akan tetapi hal ini tentunya juga tidak berlaku untuk tingkat resiko yang cenderung lebih besar karena kehadiran fluktuasi yang terjadi di pasar aset sudah dipahami dengan jelas oleh investor moderat. Pada umumnya investor moderat ini juga lebih mencari proporsi seimbang antara pendapatan yang dihasilkan serta tingkat resiko yang kemungkinan akan terjadi sehingga investor akan lebih waspada dalam pemilihan instrumen investasi.

3. Investor Agresif

Tipe-tipe investor yang dapat kamu ketahui salah satunya adalah investor agresif yang mempunyai prinsip high risk high gain yang lebih cenderung mencari imbal hasil yang lebih tinggi dan lebih siap dalam mengambil risiko investasi tinggi pula. Investor agresif akan selalu siap apabila investasinya mengalami pengurangan bahkan hilang supaya bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi dan pada umumnya tipe investor ini telah mempunyai banyak pengalaman di bidang investasi.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Tipe investor agresif merupakan mereka yang memang sudah terbiasa dalam menghadapi fluktuasi harga pasar aset dan bahkan fluktuasi yang sangat ekstrem sekalipun. Selain itu investor agresif juga tidak akan pernah takut dalam menyimpan modal yang dimilikinya pada sebuah instrumen investasi yang mempunyai tingkat resiko profil sangat tinggi.

4. Sleeping Investor

Tipe-tipe investor lainnya adalah sleeping investor sebagai tipe yang mendapatkan keuntungan besar akan tetapi tidak perlu melakukan banyak hal dan ini sudah banyak dilakukan di dunia investasi terutama pada aset saham. Tipe investor yang satu ini biasanya sebagai pihak investor yang akan menanamkan aset sahamnya untuk jangka panjang.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Selain itu tidak hanya untuk dijadikan sebagai bentuk investasi akan tetapi investor ini juga telah mempunyai kondisi kesehatan psikologis stabil karena tidak terlalu berpikir yang berat guna melakukan pemantauan pergerakan pada aset secara berlebihan. Tipe sleeping investor bisa diawali dengan adanya modal yang kecil sesuai dari kemampuan finansialnya dan untuk bisa menjadi sleeping investor ini harus paham fundamental keuangan serta model investasi yang nantinya akan dibeli.

5. Angel Investor

Tipe-tipe investor yang memiliki potensi memberikan keuntungan bagi perusahaan salah satunya adalah Angel investor sebagai investor individu. Investor tipe ini biasanya mempunyai pendapatan yang telah dihasilkan melebihi $ 200.000 per tahun ataupun mempunyai kekayaan yang bersih dengan totalnya bisa melebihi $ 1 juta.

Dalam hal ini Angel investor bisa ditemukan pada seluruh sektor industri. Akan tetapi biasanya mereka bekerja dengan para pengusaha yang ada di sebuah tempat antara pembiayaan pertama kali serta usaha modal ventura.

6. Investor Pribadi

Sebuah bisnis bisa beralih pada keluarga, teman ataupun kolega mereka untuk terjun pada investasi pertamanya. Dalam hal ini kamu bisa memulainya dengan berbicara pada seorang ahli apabila kamu memang memiliki orang-orang yang ingin membantu.
Hanya sejumlah orang tertentu saja yang bisa melakukan kegiatan investasi pada perusahaan rintisan. Kamu juga harus memberi sebuah dokumentasi secara menyeluruh.

7. Kapitalis Ventura

Tipe investor lainnya yang dapat kamu ketahui yaitu kapitalis Ventura sebagai salah satu investor ekuitas swasta yang nantinya bisa memberikan modal untuk perusahaan. Akan tetapi biasanya mereka akan menanamkan investasinya bagi perusahaan yang mampu menunjukkan potensi adanya pertumbuhan yang tinggi serta dengan adanya imbalan pada saham ekuitasnya.

Selain itu biasanya juga melakukan investasi dalam jumlah yang besar uang serta biasanya digunakan sesudah bisnis menunjukkan potensi adanya pendapatan yang signifikan. Dengan demikian investor jenis ini tentu sudah melakukan analisis secara rinci sehingga tidak menimbulkan kerugian atas investasi yang telah dilakukannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait tipe-tipe investor yang ada di dunia investasi untuk penanaman modal supaya mendapatkan keuntungan besar. Setiap tipe investor memiliki sudut pandang yang berbeda serta cara penanaman investasi yang berbeda sehingga solusi dari setiap risikonya sudah dipikirkan dengan matang.