Perbedaan Startup (Unicorn, Decacorn, Hectocorn) Sebagai Tingakatan Level

Perbedaan startup (Unicorn, Decacorn, Hectocorn) tentunya dari level yang didapatkan oleh perusahaan tersebut serta dari penghasilan yang telah didapatkan dalam menjalankan usaha start up. Start up merupakan salah satu perusahaan yang baru dirintis dan berada di dalam fase pengembangan dan biasanya masih seumur jagung dengan basisnya menggunakan sistem digital.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Akan tetapi seiring dengan kemunculannya banyak perusahaan startup yang ada di tanah air ini membuat kamu sering mendengar beberapa istilah dari ketiga start up seperti halnya unicorn, decacorn dan hectocorn. Dari ketiga level perusahaan startup tersebut tentunya memiliki perbedaan yang sangat signifikan yang perlu kamu ketahui untuk memahami terkait perusahaan startup itu sendiri.

Perbedaan Startup (Unicorn, Decacorn, Hectocorn) Sebagai Tingakatan Level

1. Perbedaan Startup (Unicorn, Decacorn, Hectocorn)

Bagi kamu yang masih asing dengan ketiga perbedaan dari unicorn, decacorn dan hectocorn tentunya harus memahami setiap level dari perusahaan setatap itu sendiri. Pada saat sebuah perusahaan start up sudah mulai bisa meraih berbagai macam prestasi serta nilai valuasinya mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu tentunya akan mengalami kenaikan level.

Level itulah yang nantinya akan didapatkan oleh perusahaan startup dengan ketiga jenis level tersebut. Mengingat dari ketiga level ini memiliki tahapan yang berbeda tentunya memiliki perbedaan juga dari pengertian serta levelnya itu sendiri, berikut ini beberapa penjabaran yang dapat kamu ketahui terkait level dari perusahaan startup.

1. Unicorn

Nama dari level unicorn sebenarnya berasal dari spesies kuda putih mitologi yang memiliki satu tanduk di bagian dahi dan perusahaan ini menggelar unicorn dengan bisnis yang mempunyai nilai valuasinya telah mencapai USD 1 juta dolar ataupun setara dengan 14 triliun rupiah. Hewan unicorn yang saat ini dijadikan sebagai konteks perusahaan startup karena sama seperti unicorn dan kehadiran dari perusahaan tersebut sudah mencapai nilai valuasi sebesar US 1 miliar dolar yang cukup langka serta terdengar sangat mustahil.

Julukan dari unicorn ini diperkenalkan oleh Aileen Lee sebagai seorang pendiri perusahaan investasi Cowboy Ventures yang berada di dalam artikelnya dengan judul welcome to the union club learning from billion-dollar startups. Sementara itu di Indonesia sendiri cukup mustahil untuk perusahaan unicorn perlahan sudah mulai menghilang karena beberapa perusahaan terkenal telah mencapai peringkat ini seperti halnya Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, dan OVO yang telah mencapai unicorn saat ini sudah melangkah ke level decacorn.

2. Decacorn

Perbedaan startup (Unicorn, Decacorn, Hectocorn) untuk perusahaan startup decacorn sebenarnya berasal dari gabungan kata deka dalam bahasa Yunani yang artinya angka 10 ditambah akhiran unicorn. Sesuai dengan namanya tersebut perusahaan startup yang telah mendapatkan level decacorn merupakan sebuah perusahaan yang memiliki nilai valuasi dengan 10 kali lipat dibandingkan dari unicorn dengan nilainya sebesar US 10 miliar dolar.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Beberapa perusahaan yang ada di Asia dan sudah mencapai pada level decacorn yaitu DJI Innovations, Toutiau (Bytedance), Grab dan adanya tujuh perusahaan lainnya. Bahkan Indonesia pun juga memiliki perusahaan dengan gelar decacorn yaitu Gojek sebagai perusahaan pertama yang ada di Indonesia dan sudah berhasil mencapai level yang satu ini, sementara itu untuk perusahaan marketplace seperti halnya Tokopedia juga diharapkan bisa muncul kesuksesan dari Gojek untuk bisa mencapai gelar level decacorn di tahun 2020.

3. Hectocorn

perbedaan startup yang lainnya yaitu Hectocorn sebagai dua level lebih tinggi dibandingkan unicorn dengan artian gelar ini disematkan pada sebuah perusahaan yang telah mempunyai valuasi mencapai US 100 miliar dolar. Meskipun tersedia banyak perusahaan yang mempunyai nilai valuasi yang telah melebihi nilai US 100 miliar dolar akan tetapi gelarnya tidak bisa disematkan untuknya karena Hectocorn hanya bisa didapatkan apabila sebuah perusahaan masih rintisan atau startup yang memang sebenarnya masih dalam tahap pengembangan.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Sekarang ini di Indonesia pun juga belum ada perusahaan yang mencapai level Hectocorn, sementara itu dari seluruh dunia gelar yang satu ini hanya dimiliki oleh satu perusahaan yakni Ant financial yang sebelumnya dikenal sebagai Alipay sebagai perusahaan teknologi financial atau fintech yang telah berafiliasi dengan Alibaba Group. Dengan capaian yang sangat sulit untuk bisa mendapatkan gelar Hectocorn bahkan menteri komunikasi dan informatika memiliki niat memotivasi semua perusahaan bisnis tetap supaya segera bisa mencapai level unicorn sampai Hectocorn untuk mempercepat peningkatan strata ekonomi sistem digital yang ada di Indonesia.

2. Level perbedaan startup Centauris, Ponies dan Cockroach

Selain adanya perbedaan startup (Unicorn, Decacorn, Hectocorn), ternyata juga terdapat tiga status perusahaan rintisan lainnya yang berada di bawahnya unicorn yaitu pada level startup centaurus yaitu perusahaan rintisan yang memiliki evaluasi dengan nilai sebesar 100 juta dolar atau setara dengan 1,40 triliun rupiah. Selain itu juga terdapat level yang ada di bawahnya yaitu ada level Ponies sebagai salah satu lafal perusahaan start up yang mempunyai nilai valuasi dengan besaran 10 juta dolar atau setara dengan 140 miliar rupiah.

Sementara itu untuk level yang berada di paling bawah yaitu Cockroach atau yang dikenal dengan sebutan kecoa dan pada level yang satu ini akan disematkan pada sebuah perusahaan startup yang memang mempunyai valuasi lebih kecil dan pada umumnya baru saja berdiri sehingga masih dalam bentuk perusahaan start up rintisan. Akan tetapi untuk perusahaan start up yang mencapai level ini akan tetap mempunyai potensi bisnis yang luas dan tidak akan kalah dengan perusahaan yang sudah mendapatkan level berada di atasnya.

Dengan demikian masih banyak perusahaan startup yang memiliki level bawah mengingat masih dalam proses pengembangan supaya bisa bersaing dengan perusahaan startup level atas.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Itulah beberapa pembahasan terkait perbedaan startup (Unicorn, Decacorn, Hectocorn) yang memiliki tingkatan level berbeda dengan penilaian dari valuasi yang didapatkannya. Akan tetapi setiap perusahaan startup akan bisa melakukan pengembangan yang lebih lagi dan mencapai level tertingginya.