Tahap Pendanaan Startup agar Perusahaan Lebih Berkembang

Tahap pendanaan startup biasanya akan dilakukan oleh mereka yang ingin mendirikan sebuah perusahaan start up. Akan tetapi memang tidak bisa dibungkurai bahwasanya kendala paling besar ketika ingin memulai sebuah usaha adalah masalah pendanaan dan bahkan banyak diantara mereka yang membutuhkan dana untuk membangun sebuah startup sejak awal.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Maka dari itu terdapat berbagai investor yang sudah memberikan kemudahan untuk membantu dalam memberikan modal untuk mereka yang ingin memulai dalam menjalankan perusahaan start up. Pemberian pendanaan tersebut terdapat beberapa tahapan yang perlu diketahui bagi kamu yang ingin terjun langsung untuk menjalankan perusahaan.

Tahap Pendanaan Startup agar Perusahaan Lebih Berkembang

Tahap Pendanaan Startup

Ketika kamu sudah memutuskan untuk menjalankan sebuah perusahaan start up tentunya kamu akan membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulainya. Dengan demikian kamu akan membutuhkan bantuan modal yang bisa kamu dapatkan melalui investor dengan melalui beberapa tahapan sehingga perusahaan startup bisa lebih berkembang.

Apabila dalam memulai sebuah perusahaan startup dan kamu kekurangan modal maka bisa melalui beberapa tahapan supaya mendapatkan bantuan modal dari investor. Berikut ini tahapan sumber pendanaan perusahaan yang bisa didapatkan ketika ingin membangun perusahaan startup:

1. Bootstrapping

Dalam hal ini terdapat jenis pendanaan startup yang dikenal dengan bootstrapping yang lebih merujuk pada modal usaha yang memanfaatkan dana pribadi ketika ingin memulai sebuah perusahaan startup. Pada umumnya ketika pendanaan yang satu ini akan diambil maka tentunya akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengumpulkannya sebelum pada akhirnya akan digunakan dalam membangun perusahaan startup.

Tara yang ini memang terbilang sangat ideal untuk memulai sebuah bisnis khususnya perusahaan startup akan tetapi ada kekurangan yang bisa terjadi. Beberapa kekurangan tersebut diantaranya keterbatasan tabungan yang nantinya akan kamu miliki sehingga untuk dana awal yang tersedia dalam membangun perusahaan menjadi sangat terbatas.

2. Seed Capital atau Seed Funding

Tahap pendanaan startup untuk jenis ini biasanya akan didapatkan setelah memulai usaha dengan penggunaan dana sendiri dan dari perusahaan startup tersebut biasanya membutuhkan suntikan pendanaan lain supaya usahanya lebih berkembang. Bahkan 29% dari startup mengalami kegagalan karena kehabisan modal ketika dalam proses bootstrapping sehingga akan dibutuhkan dana dari pihak investor supaya usaha yang dijalankan tetap lancar.

Maka dari itu sebuah perusahaan startup akan menjalankan proses pitching pada investor untuk mendapatkan pendanaan secara eksternal dan tahapan ini akan memungkinkan kamu memperoleh dana jauh lebih besar untuk pengembangan usaha yang kamu miliki.

Sementara itu untuk tahapan awal dalam proses pendanaan eksternal di sebuah perusahaan startup dikenal dengan istilah seed capital atau seed funding dan di tahapan pendanaan startup yang satu ini akan memperhitungkan keseluruhan dari keperluan dana yang dibutuhkan dengan sumber modalnya berasal dari orang terdekat seperti halnya keluarga, venture capital, angel investor serta crowd funding.

3. Pendanaan Seri A

Tahap pendanaan startup yang satu ini sebagai tingkat awal dari pendanaan venture capital sehingga startup yang sebelumnya telah dirintis sudah mencapai pada tahapan yang tinggi dan menunggu pengguna baru yang lebih besar. Pada fase ini sebagai tahapan pendanaan untuk startup yang mengharuskan founders start up ini memiliki perluasan jangkauan serta memberikan ciri khas atas produk ataupun jasa yang dimilikinya.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Apabila sampai tahapan ini ternyata pekerjaan kamu merupakan memperhatikan perluasan produk ataupun jasa dari segi fitur yang diberikan pada pasar.

Selain itu juga membutuhkan inovasi yang dibutuhkan untuk tahapan yang satu ini supaya usaha yang dilakukan lebih berkembang dan nantinya kamu bisa melakukan ekspansi produk baik untuk nasional ataupun internasional.

4. Pendanaan Seri B ataupun Bridge Loans

Tahapan pendanaan startup ini maka kamu telah mempunyai pendapatan yang lebih teratur untuk usaha yang saat ini sedang dijalankan. Pada umumnya untuk tahapan yang satu ini perusahaan startup sudah mencapai usia 2 hingga 4 tahun.

Selain itu untuk pendanaan yang satu ini pada umumnya telah digunakan dalam melakukan kegiatan ekspansi bisnis yang lebih luas lagi. Sangat sulit guna mencapai fase yang satu ini sehingga tidak banyak perusahaan startup yang bisa memperoleh kesempatan supaya bisa mencapai ke fase ini.

5. Pendanaan Seri C

Ketika sudah memasuki tahap pendanaan startup maka perusahaan sudah memiliki jalur pertumbuhannya sendiri dan pendanaan ini pada umumnya akan digunakan secara terus-menerus dalam mengembangkan bisnis dan biasanya akan diakuisisi oleh start lainnya. Pada tahapan inilah tidak hanya venture capitalis yang ingin menjadi investor.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Bahkan banyak perusahaan investasi seperti Hedge fund, dan private equity yang akan melilit perusahaan startup milik kamu. Sementara itu untuk tahapan berikutnya sebenarnya terdapat pendanaan seri d meskipun begitu tidak banyak startup yang akan membutuhkan tahapannya satu ini karena pada umumnya akan digunakan pada keperluan yang lebih khusus.

6. Initial Public Offering

Apabila perusahaan startup sudah semakin berkembang maka tahap pendanaan startup siap untuk melakukan perkembangan diri dengan cara menjual saham pada bursa saham. Initial public offering atau IPO merupakan salah satu proses untuk penjualan saham pada publik yang pertama kalinya dilakukan oleh perusahaan itu sendiri.

Tahapan ini menjadi langkah terakhir dari tahap pendanaan perusahaan startup dan di fase inilah kamu bisa membayangkan bagaimana perusahaan startup milik kamu akan berjalan. Pada saat inilah perusahaan startup kamu telah memasuki kategori startup yang nantinya siap dalam mengembangkan diri guna menunggu hasil dari usaha yang telah dirintis dari awal.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait tahap pendanaan startup supaya perusahaan bisa lebih berkembang dalam menjalankan bisnisnya dan mendapatkan investor mumpuni. Pendanaan pada perusahaan startup sangat dibutuhkan karena biaya dalam membangun dan mengembangkan perusahaan ini tidaklah mudah dan membutuhkan modal yang cukup besar.

Instagram