pengertian teori kuantitas uang adalah

Otoritas Jasa Keuangan menjelaskan tentang teori kuantitas uang adalah teori yang menjelaskan hubungan antara uang, harga, dan ekonomi, hubungan ini menjelaskan tentang tingkatan inflasi yaitu, dengan cara mengendalikan jumlah uang yang beredar.

Teori kuantitas uang juga disebut dengan quantity theory of money.

Pengertian Teori Kuantitas

Teori kuantitas uang adalah teori yang berada didalam ekonomi yang menyebutkan hubungan antara uang yang beredar dengan tingkat inflasi.

Pencetus dari teori kuantitas uang adalah Irving Fisher yang merupakan ahli ekonomi dari Amerika. Biasanya teori kuantitas uang digunakan saat proses pemindahaan moneter jalur uang.

Pandangan utama dari teori kuantitas uang adalah adanya sebuah faktor yang menyebabkan terjadinya inflasi yang memenuhi sifat langsung dalam pemindahan moneter yaitu pertumbuhan dan jumlah uang yang beredar.

Teori kuantitas uang juga menyebutkan tingkatan dari harga umum barang dan jasa akan bergantung secara langsung dengan uang yang beredar di dalam ekonomi moneter. Teori tersebut ditantang oleh ahli ekonomi Keynesian lalu diperbaharui dan dimodifikasi dengan ekonomi monetaris.

Teori kuantitas uang ini masih memiliki beberapa ketidak sepakatan soal kebenarannya pada periode waktu yang pendek, tapi para ekonom banyak yang menyepakati bahwa teori kuantitas uang memegang kebenaran pada jangka waktu pendek.

Umumnya teori kuantitas disebut dengan teori neo-kuantitas atau teori Nelayan yang berhubungan dengan hubungan proporsional mekanis dan tetap tentang perubahan dalam tingkat harga umum dan jumlah uang yang beredar.

Irving Fisher merumuskan teori kuantitas dengan persamaan sebagai berikut:

M x V = P x T

Dengan rincian:

M = Jumlah uang yang beredar / money supply

V = Perputaran Uang / Velocity of money

P = Tingkat harga rata-rata / Average price level

T = Volume transaksi dalam perekonomian / volume of transaction in the economy

P=average price level (tingkat harga rata-rata)

Teori Kuantitas uang menjabarkan tentang peningkatan jumlah uang yang beredar akan cenderung menciptakan inflasi, dan kebalikannya. Seperti Bank Sentrall Eropa mengadakan pasokan uang di dalam perkonomiannya, pada periode kedepannya maka harga-harga dalam perekonomian akan meningkat secara signifikan.

jenis teori kuantitas uang adalah

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Pencetus Teori Kuantitas Uang

Irving Fisher adalah pencetus dari teori kuantitas uang yang dalam perkembangannya menjadi bagian dalam teori permintaan uang. Menurut Fisher selalu terjadi keseimbagan keunagan di dalam masyarat.

Fisher berpendapat bahwa fungsi uang yaitu untuk menjadi alat tukar. Keseimbangan ini terjadi ketika adanya jumlah yang sama ketika penjual menerima uang, dan pembeli membayarkan uang tersebut.

Pada suatu periode tertentu nilai dari barang atau jasa yang dibeli akan sama nilainya dengan barang atau jasa yang dijual pada periode tersebut. Nilai dari barang yang dijual dapat dilihat dari kegiatan transaksi yang dikalikan dengan data-rata harga barang.

Jumlah uang sama besarnya dengan nilai dari barang yang ditransaksikan di masyarakat lalu dikalikan dengan berapa kali rata-rata perputaran uang pada periode yang sama.

Awalnya teori kuantitas uang fisher tidak ditujukan untuk teori moneter. Seiring waktu berkeembang menjadi teori meoneter dengan dasar-dasar asumsi.

Asumsi pertama yaitu uang selalu digunakan oleh seseorang dalam proses transaksi. Asumsi kedua lembaga masyarakat akan turut berpengaruh atas kepemilikan uang.

Asumsi ketiga pada jangka pendek jumlah uang akan dianggap tetap. Asumsi terakhir adalah pengeluaran masyarakat merupakan pendapatan nasional dan menentukan jumlah transaksi dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Pandangan Atas Teori Kuantitas Uang

Para ekonom akan menggunakan teori kuantitas uang untuk menganalisis ekonomi makro. Pada ilmu ekonomi teori kuantitas uang asli cara agar dapat menjelaskan pandangan tentang hubungan penawaran uang dengan tingkat harga,

Ada tiga pandangan mengenai teori kuantitas uang menurut para ekonom.

Pandangan pertama

Teori kuantitas uang menjelaskan seluruh penawaran uang dalam ekonomi akan digunakan untuk bertransaksi. Tujuan dari transaksi adalah membiayai pembelian produk atau jasa.

Pandangan Kedua

Pandangan ini menjelaskan tentang adanya jumlah uang beredar yang jumlahnya tetap. Pandangan kedua ini dilandasi dari kegiatan belanja dan menerima uang oleh tiap individu relatif tetap

Pandangan Ketiga

Pandangan ketiga tentang teori kuantitas uang ini menjelaskan tentang asumsi yang berkaitan tentang tingkat kesempatan kerja penuh selalu terpenuhi di perekonomian. Produksi nasional secara maksimal terjadi maka tidak akan dapat ditambah lagi di dalam perekonomian.

Kritik Untuk Teori Kuantitas Uang

Ada beberapa kritik yang diberikan untuk teori kuantitas uang salah satunya adalah dari ahli ekonom yang bernama John Maynard Keynes ia mengkritik teori kuantitas uang terhadap analisis ahli ekonomi klasik.

Keynes mengerti tentang pandangan mazhab klasik yang berpengaruh kepada uang atas harga dan level tingkat kegiatan ekonomi.

Menurut Keynes teori kuantitas uang merupakan perubahan yang sama pada tingkat harga tidak selalu diakibatkan karena perubahan uang yang sedang beredar. Dalam teori kuantitas uang Keyne perubahan atas pendapatan nasional tidak selalu disebabkan oleh perubahan jumlah uang yang beredar.

Keynes menjelaskan harga dapat mengalami kenaikan ketika uang beredar bertambah. Tetapi pertambahan haraga tidak selalu sebanding dengan pertambahan uang yang beredar.

Menurutnya teori kuantitas uang tidak dapat diberlakukan pada ekonomi negara karena kenyataannya banyak pengangguran yang ada. Keynes memodifikasi teori kuantitas uang dengan menambahkan kenaikan biaya produksi agar harga dapat dipengaruhi dengan jumlah uang beredar.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Setelah membahas sejauh ini dapat disimpulkan teori kuantitas uang adalah daya beli uang akan ditentukan dengan jumlah uang beredar. Permintaan uang berbanding terbalik dengan money supply atau pasokan uang.

Semakin rendah daya beli maka semakin banyak uang beredar, dan berlaku sebaliknya. Jumlah uang beredar disamakan dengan tingkat harga umum yang berlaku dipasaran.

Pasokan uang yang bertambah akan berdampak dengan kenaikan harga, dan sebaliknya.