Tips dalam Memanfaatkan QRIS LinkAja untuk Mendukung Transaksi

QRIS LinkAja menjadi sebuah metode pembayaran yang sudah populer di kalangan masyarakat dan khususnya di berbagai merchant. Cara untuk memanfaatkan QRIS ini cukup dengan scan logo QR yang telah disediakan dan dengan begitu kamu bisa melakukan transaksi pembayaran yang lebih mudah dan cepat melalui aplikasi LinkAja.

Hadirnya pilihan metode pembayaran dengan aplikasi LinkAja dapat digunakan untuk memanfaatkan kode garis yang telah dicetak oleh aplikasi ataupun penyedia jasa lain.

Dengan demikian untuk sistem pembayarannya sendiri sudah terjamin sangat aman pada semua merchant baik itu sebagai pedagang pasar tradisional ataupun mall yang mendukung untuk penggunaan berbagai macam transaksi hanya dengan memanfaatkan satu jenis aplikasi saja.

Tips untuk melakukan transaksi dengan QRIS LinkAja

Tips dalam Memanfaatkan QRIS LinkAja untuk Mendukung Transaksi

Apabila kamu memutuskan untuk penggunaan metode pembayaran QRIS LinkAja tentunya harus memperhatikan beberapa tips supaya melancarkan kegiatan transaksi pembayaran tersebut.

Baca juga artikel tentang QRIS lainnya di Blog Transfez

Mengenal Apa Itu QRIS, Tujuan dan Manfaat Penggunaannya
Karakteristik QRIS Bank Indonesia sebagai Metode Pembayaran
Apa Itu QRIS Bank Mandiri dan Cara untuk Mengunakannya
Cara Update BCA Mobile Untuk Menikmati Fitur Layanan Terbaru
Cara Update Saldo e-Money di ATM Bank Mandiri yang Lebih Praktis

Adapun untuk beberapa transaksi yang menggunakan QRIS di merchant menggunakan aplikasi LinkAja sebagai berikut:

1. Mempunyai jaringan internet yang stabil

Dalam mendukung kegiatan transaksi secara online maka kamu akan bergantung dengan adanya jaringan koneksi internet yang stabil supaya melancarkan kegiatan transaksi pembayaran tersebut. Penggunaan jaringan koneksi internet juga akan berlaku untuk melakukan kegiatan pembayaran yang memanfaatkan metode scan QR sehingga kamu harus selalu memastikan bahwasanya perangkat smartphone yang digunakan telah memiliki kuota data sebelum memulai kegiatan transaksi pembayaran.

Apabila ternyata koneksi internet kamu sedang mati atau hilang maka sudah dipastikan transaksi yang akan kamu lakukan mengalami kegagalan atau bahkan tidak dapat dilakukan sama sekali. Dengan demikian penting bagi kamu untuk mencoba melakukan pengecekan kembali terhadap kuota internet melalui paket data yang masih dimiliki.

2. Melakukan pengisian saldo aplikasi LinkAja

Cara lain yang perlu kamu perhatikan untuk memanfaatkan QRIS LinkAja yaitu memastikan terlebih dahulu bahwasanya aplikasi tersebut memiliki saldo yang cukup guna menunjang kegiatan transaksi pembayaran secara non tunai.dalam hal ini kamu bisa melihat jumlah nominal saldo tersebut yang berada di bagian kiri atas dari beranda aplikasi LinkAja.

Apabila ternyata saldo yang kamu miliki tersebut tidak mencukupi untuk transaksi pembayaran maka segera lakukan pengisian terlebih dahulu dan aplikasi LinkAja sudah menyediakan berbagai metode untuk melakukan proses top up saldo.

Dalam hal ini kamu cukup memilih salah satu metode yang dianggap paling nyaman untuk melancarkan kegiatan transaksi, berikut ini beberapa metode pengisian saldo LinkAja yang bisa kamu pilih:

– Pengisian saldo menggunakan metode transfer bank dengan menggunakan layanan mobile banking, ATM ataupun Internet banking
– Melakukan pengisian saldo tanpa dikenakan biaya admin melalui jaringan Himbara yaitu Bank BTN, BNI, Mandiri dan BRI
– Pengisian saldo dengan menggunakan metode transfer melalui jaringan bank syariah seperti halnya BSI, Bank Muamalat dan BTN Syariah
– Melakukan pengisian saldo secara tunai melalui beberapa merchant dan mitra dari aplikasi LinkAja
– Melakukan pengisian saldo dari grapari terdekat

3. Mengetahui batasan maksimal dalam pembayaran QRIS LinkAja

Pemanfaatan QRIS LinkAja ini sudah terdapat batasan tersendiri terkait nilai transaksi yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia dalam menggunakan garis yaitu sebesar 20 juta. Dalam hal ini aplikasi LinkAja dapat memberikan batasan maksimal untuk kegiatan transaksi pembayaran sampai 10 juta yang bisa kamu manfaatkan di berbagai merchant mana saja.

Akan tetapi untuk transaksi yang satu ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi LinkAja full service sehingga harus melakukan upgrade terlebih dahulu supaya memaksimalkan penggunaan aplikasi. Adapun untuk cara yang bisa kamu lakukan dalam upgrade ke full service aplikasi LinkAja sebagai berikut:

– Langkah pertama dengan masuk terlebih dahulu ke aplikasi LinkAja
– Setelah itu silakan memilih menu profile yang ada di halaman aplikasi LinkAja
– Lanjutkan proses upgrade aplikasi LinkAja ke full service dengan memilih tipe akun
– Pada tahapan berikutnya silahkan kamu melanjutkan dengan memilih menu upgrade sekarang
– Dengan demikian layanan sistem aplikasi link acak akan meminta kamu untuk upload foto KTP dengan jelas
– Selain itu silakan foto selfie bersama dengan KTP dengan wajah yang terlihat dan informasi KTP yang jelas
– Kemudian lakukan perekaman diri dengan memegang KTP dan menyebutkan nama, NIK serta memasukkan alamat secara lengkap
– Pada tahapan terakhir silakan kamu menunggu proses ini dalam waktu 3 x 24 jam hingga tahapan proses upgrade ke full service aplikasi LinkAja bisa disetujui oleh sistem.

4. Memasukkan jumlah nominal belanja yang tepat

Pada bagian yang satu ini sangat penting untuk kamu perhatikan ketika ingin melakukan belanja dengan memanfaatkan metode scan kode QR yang telah terstandarisasi QRIS LinkAja. Silakan kamu memperhatikan dari data merchant yang telah muncul sesudah kamu melakukan kegiatan scan tersebut dan untuk nama merchant sendiri harus sesuai dengan tempat kamu melakukan kegiatan transaksi tersebut.

Dalam hal ini tidak ada salahnya jika kamu memastikan terlebih dahulu nama dengan petugas kasir sebelum melakukan pembayaran dan setelah itu kamu bisa memasukkan jumlah nominal belanja sesuai dengan total belanjaan.

Lakukan pengecekan terhadap jumlah nominal yang kamu tulis sebelum memutuskan untuk penyelesaian pembayaran dan ketika semuanya sudah selesai maka lanjutkan prosesnya dengan memasukkan PIN dari akun aplikasi LinkAja.

5. Memastikan bahwa transaksi sudah berhasil

Dalam memanfaatkan metode pembayaran menggunakan QRIS LinkAja sebenarnya sudah tercatat secara online. Pada penggunaan metode pembayaran yang satu ini maka saldo yang kamu miliki secara otomatis akan terpotong sesudah kamu melakukan pembayaran dan merchant pun juga bisa menerima tambahan saldo dari transaksi yang kamu lakukan sesuai dengan total pembayaran belanja.

Akan tetapi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka sebaiknya kamu memastikan bahwasanya transaksi yang kamu lakukan tersebut sudah berhasil dan diterima oleh petugas kasir.

Cara untuk memastikannya pun sangat mudah kamu bisa melihat notifikasi apakah transaksi sudah berhasil atau belum dan melihat dari saldo yang kamu miliki sudah berkurang atau belum untuk melakukan pembayaran tersebut.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait pembahasan QRIS LinkAja yang bisa mendukung untuk transaksi pembayaran dengan mudah di merchant. Dalam menggunakan aplikasi LinkAja untuk pembayaran QR code maka pastikan beberapa hal sebelum mengakhiri proses pembayarannya.