Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Jika kamu sedang membutuhkan uang dalam jumlah besar dan cepat cair, maka pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah adalah pilihan yang terbaik. Bahkan, tidak jarang bagian ini adalah pilihan terakhir seseorang untuk bisa meminjam uang dalam jumlah yang sangat besar. Hal tersebut bisa terjadi karena sertifikat rumah biasanya mempunyai nilai paling besar dibandingkan dengan jenis aset lainnya sebagai jaminan pinjaman.

Secara umum, berbagai lembaga keuangan seperti fintech, perbankan, dan juga pegadaian menerima pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Ditambah  era digital seperti sekarang, beberapa fintech terpercaya juga menyediakan jasa mengajukan pinjaman online jaminan sertifikat rumah.

Keunggulan Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Saat kamu melakukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah, ada beberapa keunggulan yang didapatkan. Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut:

Proses Pencairan Dana Lebih Cepat

Keunggulan pertama saat mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah adalah proses pencairannya yang lebih cepat. Tentunya, akan ada survey yang membantu pihak penyedia pinjaman memutuskan apakah kamu dianggap mampu membayar pinjaman atau tidak.

Selain itu, prosesnya juga relatif aman dan terpercaya. Hal ini sesuai dengan regulasi dan prosedur yang berlaku dari perusahaan tempat kamu melakukan pinjaman.

Tenor yang Lebih Lama

Keuntungan lainnya yang bisa didapat adalah tenor atau jangka waktu pinjaman relatif lebih lama dibandingkan dengan jaminan aset lain. Secara umum, tenor yang diberikan adalah 1 hingga 5 tahun.

Selain itu, beberapa penyedia pinjaman juga memberikan kemudahan dalam bentuk tenor. Hal tersebut bisa diperpanjang sesuai dengan kemampuan bayar pengguna.

Keunggulan dan Tips Melakukan Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga lebih Ringan

Perlu kamu ketahui bahwa bunga yang diberikan oleh lembaga keuangan bisa berbeda-beda. Namun, jika kamu menjaminkan sertifikat rumah, maka bunganya relatif lebih ringan dibanding dengan perbankan.

Meskipun begitu, pastikan kamu memahami dengan baik jumlah bunga yang harus dibayarkan. Tentunya supaya kamu tidak terbebani di kemudian hari. Telitilah dalam memilih pihak penyedia pinjaman.

Selain itu, kamu juga harus bandingkan layanan beberapa fintech yang memberikan layanan terbaik, mampu mengukur nilai tukar dengan akurat, dan suku bunga paling rendah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar.

Jumlah Pinjaman yang Didapatkan Lebih Besar

Keuntungan yang sudah pasti didapatkan dan menjadi alasan mengapa sertifikat rumah dijadikan jaminan adalah jumlah dana yang didapat lebih besar dibanding dengan jaminan aset lainnya. Meskipun begitu, tetap pastikan bahwa kamu mengajukan nominal pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayarnya.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Tips Saat Melakukan Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Meskipun memiliki banyak keuntungan, namun kamu tidak boleh sembarangan melakukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Sebelum melakukannya, ada baiknya perhatikan beberapa tips saat melakukan pinjaman sebagai berikut.

Tentukan Tujuan dengan Jelas

Kondisi pertama dalam mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah adalah pinjaman digunakan untuk tujuan yang jelas dan bermanfaat. Contohnya, bisa sebagai tambahan modal usaha, biaya pendidikan, biaya kesehatan, dan lain sebagainya.

Akan sangat tidak bijak jika dana pinjaman ini digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif atau untuk berfoya-foya. Sebab, kecerobohan dalam mengelola pinjaman bisa menyebabkan kamu terlilit hutang hingga keadaan finansial yang buruk. Jadi, pastikan bahwa dana pinjaman tersebut digunakan untuk tujuan yang jelas dan juga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Pastikan Kondisi Keuangan dalam Keadaan Stabil

Setelah menentukan tujuan pinjaman, langkah kedua yang harus kamu pertimbangkan yaitu terkait kondisi finansial pribadi. Pastikan bahwa kondisi finansialmu benar-benar mendukung untuk kebutuhan yang mendesak.

Bagian yang tidak kalah penting, pastikan juga bahwa kamu memiliki kemampuan untuk membayar cicilan berikut dengan bunganya setiap bulan. Kamu bisa menentukan jumlah dana yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan. Nantinya, pengajuan pinjaman bisa disetujui selama tidak melebihi harga appraisal aset yang dijaminkan.

Intinya, jangan sampai kondisi finansial terbebani. Apalagi jika asetmu sebagai syarat gadai sertifikat rumah terpaksa harus disita dan meninggalkan catatan kredit yang kurang baik. Hal ini bisa sangat fatal karena dapat menjadi penyebab kamu akan kesulitan mengajukan pinjaman di waktu mendatang.

DownloadTransfez Desktop 728x90 1

Pertimbangkan semua Persyaratan dengan Teliti

Sebelum kamu mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat, pastikan telah mempertimbangkan segala syarat gadai sertifikat rumah dengan teliti. Sebab, tidak semua orang bisa mengajukan pinjaman di perusahaan pembiayaan.

Pada dasarnya, syarat pengajuan pinjaman dari perusahaan pembiayaan hampir sama antara satu perusahaan dengan yang lainnya. Biasanya, calon nasabah harus berusia 21-60 tahun dan memiliki penghasilan tetap selama minimal 1 tahun. Selain itu, calon nasabah perlu melampirkan dokumen seperti KTP, KK, fotokopi slip gaji, NPWP,  serta IMB dan PBB selama kurun waktu tertentu.

Pastikan juga bahwa kamu telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku agar pengajuan pinjaman bisa berjalan dengan lancar.

Tentukanlah Nominal Pinjaman dengan Harga Rumah

Ketika mengajukan pinjaman, pastikan juga bahwa kamu telah memperhitungkan nominal pinjaman dan harga rumah yang akan dijaminkan. Umumnya, kamu tidak akan mendapatkan pencairan 100% dari nilai rumah yang dijaminkan.

Kamu hanya bisa mendapatkan sekitar 60% dari nilai rumah yang diagunkan. Selain itu, hal ini juga tergantung pada lokasi dan kondisi rumah yang akan dijaminkan. Tentukan nominal pinjaman dan jangan sampai mengajukan pinjaman lebih dari kebutuhan dan kemampuan yang kamu miliki.

Perhatikan Kelengkapan Dokumen Pinjaman

Kelengkapan dokumen juga dapat menunjukkan keseriusanmu dalam proses pengajuan pinjaman. Umumnya, dokumen syarat gadai sertifikat rumah yang diminta antara lain:

  • KTP, KK, NPWP
  • Sertifikat, IMB, PBB
  • SHM / SHGB atas nama sendiri dan/atau pasangan
  • Slip Gaji 3-6 Bulan Terakhir (Karyawan)
  • Legalitas usaha ( SIUP, TDP, AKTA CV/AKTA PT, NPWP USHA) (Wiraswasta)
  • Rekening Koran / Pembukuan Usaha 6 Bulan – 1 Tahun Terakhir

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian keunggulan dan tips melakukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.