Pinjaman Dana Jaminan KTP

Kepopuleran pinjaman dana jaminan KTP sudah sangat jamak kita temukan di sekitar. Keberadaan aplikasi pinjaman online atau sering juga disebut dengan pinjol justru semakin memudahkan pengguna agar bisa melakukan pinjaman dengan mudah. Apalagi syarat yang dilakukan juga tergolong sangat praktis dan tidak berbelit-belit.

Seperti yang diketahui, pinjaman uang online adalah jenis pinjaman yang dapat dicairkan dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan pinjaman biasa. Hal itu dikarenakan persyaratan untuk pinjamanan dana sangat mudah, yakni hanya dengan jaminan KTP. Bahkan, ada juga jaminan lainnya seperti Kartu Keluarga, slip gaji, NPWP, hingga kepemilikan kartu kredit.

Keuntungan Menggunakan Pinjaman Dana jaminan KTP

Tentunya menggunakan aplikasi pinjaman online ini bisa memberikan keuntungan pada penggunanya. Beberapa keuntungan tersebut bisa kamu lihat di bawah ini.

Minim Persyaratan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu kelebihannya adalah kemudahan dalam mengajukan pinjaman. Faktanya, mengajukan pinjaman dana jaminan KTP bisa dilakukan oleh siapa saja. Baik itu pejabat, kalangan biasa atau PNS hingga mahasiswa.

Syaratnya pun cukup umum, yakni telah berusia 18 tahun (ditandai dengan KTP) dan memiliki slip gaji (sebagai syarat khusus). Selain kedua syarat tersebut, calon debitur juga harus memiliki riwayat keuangan yang baik. Dengan kata lain, tidak sedang terlilit hutang di bank atau mengalami kredit macet.

Keuntungan dan Kekurangan Pinjaman Dana Jaminan KTP

Pencairan Dana yang Sangat Cepat

Salah satu keunggulan paling disukai dari pinjaman dana online adalah pencairan dananya sangat cepat.  Pada dasarnya, Hampir semua aplikasi pinjaman dana berkompetisi saat ini untuk menghadirkan fitur pencairan dana hanya dalam 24 jam per pinjaman. Kelebihan ini mampu memberikan angin segar bagi calon debitur yang memang butuh uang cepat karena berbagai alasan.

Apalagi, pinjaman online juga bersifat digital. Segala jenis transaksi dapat dilaksanakan hanya dalam waktu singkat dan tanpa ribet. Tak jarang, nasabah sudah langsung memperoleh dana pinjaman kurang dari sehari. Hal ini tentu berbeda dengan lembaga keuangan tradisional yang membutuhkan rentang waktu lama untuk menyelesaikan setiap tahap peminjaman.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Mempunyai Limit dan Tenor yang bervariasi

Dengan menggunakan pinjaman dana jaminan KTP, maka kamu mempunyai limit dan tenor yang cukup bervariasi. Meskipun menggunakan basis online sebagai media marketing, aplikasi pinjaman online tidak serta merta menawarkan limit dan tenor yang kecil.

Calon debitur dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman besar untuk modal bisnis. Sejumlah aplikasi pinjaman dana online juga menyediakan plafon hingga Rp10 juta. Tentunya itu merupakan jumlah yang cukup besar untuk pinjaman berbasis online.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Dapat Dilakukan Dimanapun dan Kapanpun

Keunggulan terakhir dari pinjaman dana jaminan KTP adalah dapat dilakukan dimanapun dan juga Kapanpun. Mulai dari pengajuan, persetujuan, pencairan, hingga pembayaran semuanya bisa diselesaikan hanya dengan duduk santai di rumah saja.

Kamu yang sedang bekerja atau bepergian juga tetap dapat membayar cicilan tanpa cemas terkena denda. Hal yang perlu kamu lakukan adalah cukup gunakan gadget. Contohnya seperti ponsel pintar atau tablet, lalu mulai proses transaksi keuangan dengan aplikasi pinjaman online.

Kekurangan Menggunakan Pinjaman Dana Jaminan KTP

Selain memberikan kemudahan, penggunaan aplikasi pinjaman dana menggunakan jaminan KTP juga terdapat kekurangan. Bagian satu ini harus diperhatikan dengan seksama.

Beberapa kekurangannya adalah sebagai berikut.

Terdapat Bunga Harian

Saat kamu menggunakan aplikasi pinjaman dana jaminan KTP, maka ada beban berupa bunga harian. Bunga per harinya bisa mencapai 0,8 persen dan itu berdasarkan aturan bunga maksimum yang ditetapkan OJK. Sistem bunga harian pada dasarnya tidak membebani nasabah yang memilih tenor singkat. Akan tetapi, bagi kamu yang berniat mengambil jangka waktu pelunasan lama, hal ini cenderung sangat memberatkan finansial.

Sebelum mengajukan pinjaman, perhitungkanlah plafon, tenor, dan bunganya terlebih dahulu. Jangan sampai kamu salah membuat keputusan. Akibatnya malah membuat cicilanmu membengkak dan mengakibatkan banyak denda.

Jangka Waktu Pelunasan Cenderung Singkat

Selanjutnya, aplikasi pinjaman dana online jaminan KTP memiliki jangka waktu pelunasan yang cenderung singkat. Penyelenggara pinjaman online cepat rata-rata memiliki penawaran jangka waktu pelunasan yang beragam.

Sayangnya, tidak seperti lembaga perbankan tradisional yang menyediakan tenor panjang, layanan ini hanya menerapkan tenor maksimum selama 6 bulan. Walaupun begitu, tenor tersebut bisa dibilang sudah sebanding dengan bunga harian yang termasuk dalam cicilan.

Plafon Pinjaman yang Terbatas

Plafon pinjaman yang terbatas juga bisa menjadi salah satu kekurangan pinjaman dana online jaminan KTP. Pada dasarnya, banyak aplikasi pinjaman online cepat yang hanya menyediakan plafon pinjaman terbatas. Hal ini karena perusahaan-perusahaan tersebut ingin meminimalkan risiko kerugian akibat kelalaian nasabah.

Biasanya, plafon yang diberikan hanya mencapai angka belasan juta saja. Apabila nasabah membutuhkan dana yang melebihi plafon tersebut, tentunya pinjaman online cepat tidak bisa mewujudkannya.

DownloadTransfez Mobile 320x100 2

Dapat Terjerap Pinjol Ilegal

Bisa dikatakan ini adalah salah satu kekurangan paling terasa dalam aplikasi pinjaman dana online, yakni terjerat pinjol ilegal. Perlu kamu ketahui bahwa pinjaman ilegal memang sangat meresahkan masyarakat.  Sebab, kegiatan bisnis mereka dilakukan tanpa pengawasan dan izin dari OJK.

Sudah banyak sekali korban dari pinjaman online ilegal ini. Bahkan, ada yang mengklaim datanya tersebar ke publik dengan mudah. Kondisi tersebut sebetulnya masih bisa dihindari ketika kamu berhati-hati dalam memilih pinjol yang legal.

Demikian beberapa keuntungan dan kekurangan pinjaman dana online dengan jaminan KTP. Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa menggunakan aplikasi pinjaman dana online dapat memberikan kemudahan pada penggunanya. Namun di saat bersamaan juga bisa membuat pengguna merasakan kesengsaraan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Oleh sebab itu, kamu perlu hati-hati saat akan mengajukan pinjaman dana online dengan jaminan KTP. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.