Perbedaan Visa dan Paspor Hingga Cara Pengajuan Pembuatan

Perbedaan visa dan paspor sebenarnya sangat terlihat meskipun sama-sama digunakan untuk ke luar negeri. Tanpa menggunakan kedua dokumen perjalanan ini maka kamu tidak akan bisa lolos dari petugas imigrasi yang ada di bandara.

Paspor dan visa mempunyai fungsi yang berbeda, paspor merupakan surat keterangan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah bagi warganya yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri dan sebagai identitas diri. Sementara itu visa merupakan dokumen yang digunakan untuk ijin masuk ke negara lain dan tinggal sementara di negara tersebut.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Perbedaan Visa dan Paspor

Perbedaan Visa dan Paspor Hingga Cara Pengajuan Pembuatan

Sebagai dokumen yang sama-sama digunakan untuk dokumen perjalanan ke luar negeri, paspor dan visa memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Dengan melihat artiannya kedua dokumen ini sudah terlihat berbeda.

Inilah beberapa perbedaan yang dapat kamu ketahui mengenai paspor dan visa untuk perjalanan ke luar negeri:

1. Dari Segi Kegunaan

Perbedaan dari paspor dan juga visa bisa dilihat dari segi kegunaannya. Dalam hal ini paspor digunakan untuk menunjukkan adanya kepemilikan kewarganegaraan yang artinya dokumen perjalanan ini sebagai kartu identitas jika ingin bepergian ke luar negeri.

Sedangkan visa adalah surat ijin masuk ke negara yang dituju dan jika tidak memiliki visa maka besar kemungkinan untuk kamu tidak bisa masuk ke negara tujuan. Kebijakan dari visa ini juga bisa tidak berlaku antarnegara seperti halnya bebas visa bagi negara ASEAN, dengan demikian warga Indonesia bebas keluar masuk di negara ASEAN tanpa membutuhkan visa.

2. Dari Institusi yang Berwenang

Perbedaan visa dan paspor yang lainnya dari segi institusi yang berwenang dalam melakukan penerbitan pada dokumen perjalanan ke luar negeri. Paspor memiliki peranan seperti halnya KTP dan berhak untuk menerbitkannya adalah negara dan kewenangan sepenuhnyua ada di Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Sedangkan untuk visa adalah surat ijin agar bisa masuk ke negara lain, maka dari itu yang berhak untuk menerbitkannya dari Kedutaan Besar dari negara yang akan dituju. Visa ini menjadi salah satu indikator bahwasannya orang yang bersangkutan akan aman saat mengunjungi negara tujuan dan tidak akan mengancam keselamatannya.

3. Cara Pembuatan

Perbedaan visa dan paspor dapat dilihat dari proses cara pembuatannya yang berbeda. Paspor hanya bisa dibuat di kantor Imigrasi dengan membawa semua kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan seperti halnya KTP dan KK.

Sedangkan untuk visa dibuat melaui Kedutaan Besar ataupun perwakilan dari negara tujuan yang ada di kota kamu tinggal, dokumen yang harus dilampirkan adalah paspor dahn juga rekening koran 3 bulan terakhir. Dalam pembuatan visa memang terbilang sangat rumit karena harus memenuhi banyak persyaratan dibandingkan dengan pembuatan paspor.

4. Dari Bentuknya

Perbedaan visa dan paspor yang lainnya dari segu bentuknya dokumen ini terlihat sangat jelas memang tidak sama. Paspor mempunyai bentuk seperti layaknya buku kecil yang isinya berupa lembaran kosong di dalamnya.

Apabila di Indonesia paspor warna hijau dengan adanya lembaran kertas kosong yang isinya sebanyak 24 sampai 48 halaman. Sementara itu untuk visa dalam bentuk cap, dokumen yang telah dicetak dan jika dalam bentuk cap biasanya dicantumkan pada lembaran kosong di paspor.

5. Biaya Pembuatan

Perbedaan dari kedua dokumen untuk perjalanan ke luar negeri yang lainnya tentu dari biaya pembuatannya sangat berbeda mengingat pihak yang mengeluarkannya pun juga berbeda. Pembuatan paspor akan memakan biaya yang telah ditentukan oleh Kementerian Hukum dan HAM sebanyak Rp 300 ribu untuk jenis paspor biasa.

Sementara itu juga terdapat jenis paspor elektronik yang membutuhkan biaya sebesar Rp 600 ribuan. Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan visa mengacu pada kebijakan pada setiap negara yang hendak menjadi tujuan kunjungan.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Cara Membuat Visa

Dengan mengetahui perbedaan visa dan paspor, ketahui juga cara membuat visa dengan mudah. Inilah langkah yang dibutuhkan dalam membuat visa:

• Datang langsung ke kantor kedutaan besar ataupun kantor perwakilan dari negara yang hendak dituju
• Mempersiapkan semua kelengkapan berkas dalam pembuatan visa sebelum memang memutuskan untuk berangkat. Kelengkapan berkasnya seperti paspor, KTP, formulir permohonan, rekening koran 3 bulan terakhir, foto, tiket keberangkatan dan juga surat sponsor
• Melakukan pendaftaran terlebih dahulu dalam pembuatan visa bahkan beberapa cara pembuatan visa ada yang membutuhkan biaya pengurusan visa secara langsung
• Proses menyerahkan dokumen dan melakukan wawancara di kantor pengurusan visa
• Menunggu status permohonan dari pemohon dikabulkan ataupu ditolak
• Jika sudah mendapatkan status maka kembali lagi menuju ke kedutaan besar ataupun kantor perwakilan negara untuk melakukan pengambilan visa dan paspor. Biasanya dalam pengambilan ini akan diinformasikan oleh kantor mengenai jadwal dan waktunya.

Cara Membuat Paspor

Cara pembuatan paspor dapat dilakukan secara online cukup dengan menggunakan ponsel. Inilah langkah mudah yang dapat dilakukan dalam membuat paspor untuk perjalanan ke luar negeri:

• Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi web resmi berikut https://antrian.imigrasi.go.id/ pada browser. Halaman ini digunakan untuk mengambil nomor antrian pembuatan paspor di kantor imigrasi
• Lalu pilihlah kantor imigrasi terdekat dan waktu sesuai dengan keinginan pihak pemohon
• Datang langsung ke kantor imigrasi yang sudah dipilih sesuai dengan warna yang telah ditentukan juga
• Menujukkan bukti pendaftaran saat mengambil nomor antrian ke petugas lalu menunggu sampai nomor urut dipanggil oleh petugas
• Menyerahkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus paspor, sesi wawancara dan membayarkan biaya untuk pembuatan
• Mengambil paspor jika sudah mendapatkan pemberitahuan dari pihak imigrasi saat paspor yang diajukan sudah jadi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah uraian mengenai perbedaan visa dan paspor yang dapat kamu ketahui meskipun memang sama-sama sebagai dokumen penting perjalanan ke luar negeri. Cara pembuatan kedua dokumen tentu berbeda daru kantor yang mengurusnya sehingga pastikan kamu memahaminya.

Instagram