Perbandingan Biaya Hidup Tinggal di Jakarta Vs Kuala Lumpur

Perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Kuala lumpur bisa dilihat dari banyak hal yang mendasarinya. Jakarta ataupun Kuala lumpur sama-sama menjadi ibukota dari kedua negara tersebut.

Dalam hal ini Jakarta sebagai pusat untuk aktivitas ekonomi yang ada di Indonesia dengan memiliki potensi penghasilan lebih besar daripada kota lain yang ada di Indonesia. Akan tetapi juga banyak dari masyarakat Indonesia sendiri yang lebih memilih untuk mengadu nasib ke luar negeri khususnya Kuala Lumpur, Malaysia.

Perbandingan Biaya Hidup Tinggal di Jakarta Vs Kuala Lumpur

Perbandingan Biaya Hidup Tinggal di Jakarta Vs Kuala Lumpur

Biaya hidup yang dibutuhkan ketika tinggal di Jakarta versus tentunya terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Mengingat kedua kota tersebut berada di dua negara yang berbeda sehingga untuk biaya hidup yang dibutuhkan pun juga akan mengalami perbedaan.

Adapun beberapa perbedaan biaya hidup ketika tinggal di Jakarta dan Kuala Lumpur sebagai berikut:

1. Biaya untuk membeli rumah

Ketika melakukan pembelian rumah di Jakarta dan Kuala Lumpur tentunya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, sebab saat ini di Jakarta sendiri tidak ada rumah yang ditawarkan dengan harga di bawah 500 bahkan untuk kawasan kota Jakarta ini menawarkan harga rumah paling murah bisa lebih dari 500 jutaan.

Sementara itu untuk gambaran ketika membeli rumah di Malaysia rata-rata untuk harga rumah yang ditawarkan kisaran RM412.449 atau yang setara dengan 1,4 miliar. Selain itu untuk harga rumah rata-rata yang dijual di kawasan Kuala Lumpur kisaran 2,6 miliar.

2. Sewa tempat tinggal

Perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Kuala Lumpur dari segi biaya sewa tempat tinggal yang cukup berbeda. Pada saat ingin menyewa unit apartemen dengan satu kamar tidur yang ada di pusat kota Kuala Lumpur itu sendiri biasanya akan membutuhkan biaya sewa sekitar 6,6 jutaan.

Dengan kategori yang sama untuk biaya sewa apartemen 1BR yang berada di kawasan kota Jakarta kisaran 6,7 jutaan, akan tetapi ketika kamu tinggal di sisi kota Kuala Lumpur maka bisa mendapatkan apartemen yang disewakan dengan harga 4 jutaan setiap bulan. Pada kategori yang sama untuk Jakarta biasanya kamu juga akan menemukan apartment yang menawarkan biaya sewa 3,5 jutaan per bulan dan jika menginginkan biaya yang lebih murah maka bisa mencari kos-kosan sekitar 1 jutaan.

3. Biaya transportasi

Perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Kuala Lumpur dari segi biaya transportasinya sendiri cukup berbeda antara dua negara. Rata-rata untuk harga dari bahan bakar yang ada di Malaysia ini cenderung lebih rendah dibandingkan dengan Jakarta yakni kisaran 7000 per liter. Sementara itu untuk harga bahan bakar jika menggunakan pertalite di Indonesia ditawarkan dengan harga 7,6 ribuan per liter untuk harga lama.

Akan tetapi apabila memilih untuk penggunaan kendaraan umum biasanya akan memakan biaya transportasi di Kuala Lumpur cenderung lebih mahal dibandingkan dengan Jakarta. Tarif dengan menggunakan Transjakarta hanya kisaran 2000 hingga 4000 saja dan di Kuala Lumpur untuk biaya transportasinya bisa mencapai 8500.

4. Biaya belanja kebutuhan bulanan

Perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Kuala Lumpur dari segi belanja kebutuhan bulanan yang nantinya menjadi kebutuhan sehari-hari untuk rata-rata harga beras di Kuala Lumpur kisaran 19 ribuan. Sedangkan untuk harga beras yang ada di Jakarta ini lebih murah yaitu sekitar 11.000 sampai 13 ribuan.
Sementara itu untuk harga telur yang dijual di Malaysia sekitar 21.000/12 butir dan di Jakarta sendiri untuk harga terlebih mahal yaitu 25.000 per 12 butir. Apabila dijumlahkan pada umumnya untuk harga belanja bulanan yang ada di Kuala Lumpur dan Jakarta sepertinya tidak terpaut cukup jauh.

5. Biaya makan

Biaya makan yang dibutuhkan untuk tinggal di Jakarta dan Kuala Lumpur tentunya terdapat perbedaan yang cukup signifikan mengingat ini berada di dua negara yang berbeda. Ya ya makan menjadi suatu hal yang sangat penting sebelum kamu memutuskan untuk pemilihan tempat tinggal di Jakarta atau Kuala Lumpur.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Bodyguard

Perbandingan biaya hidup untuk tinggal di Jakarta dan Kuala Lumpur pada kebutuhan makanan sehari-hari di Jakarta rata-rata kamu akan membutuhkan biaya pengeluaran kisaran 50.000 hingga 100.000 per harinya. Sementara itu ketika kamu tinggal di Kuala Lumpur Malaysia maka untuk rata-rata biaya makan setiap harinya sekitar RM 45 atau setara dengan 153.000 per hari.

6. Gaji atau pendapatan

Perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Kuala Lumpur salah satunya gaji atau pendapatan yang diterima biasanya akan tergantung dari jenjang pendidikan dari setiap orang tersebut, kinerja di tempat kerja, jenis pekerjaan hingga posisi jabatan yang saat ini dipegangnya. Akan tetapi untuk gaji atau pendapatan sebagai patokannya bisa dilihat dari rata-rata penghasilan setiap orang yang ada di Jakarta ini dengan menyesuaikan upah minimum provinsi yang biasanya angkanya tersebut akan mengalami perubahan setiap tahun.

Di tahun 2021 saja sudah tercatat untuk upah minimum provinsi DKI Jakarta bisa mencapai 4,4 jutaan dan sementara itu rata-rata gaji paling sedikit diterima ketika bekerja di Malaysia kisaran RM2.000 atau setara dengan 6,8 jutaan. Selain itu dari informasi yang sudah dikumpulkan bahwasanya median dari data gaji ketika bekerja di Malaysia kisaran RM5.873 atau setara dengan 20 jutaan, sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwasanya untuk gaji atau pendapatan yang bisa diperoleh ketika bekerja lebih banyak di Malaysia dibandingkan dengan Indonesia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Kuala Lumpur dari segi banyak hal mulai dari biaya pembelian tempat tinggal hingga gaji yang didapatkan saat bekerja. Biaya hidup yang akan dikeluarkan ketika tinggal di Jakarta dan Kuala Lumpur memiliki perbedaan yang cukup signifikan sehingga dapat dijadikan pertimbangan terlebih dahulu ketika memutuskan memilih tempat tinggal atau tempat bekerja.