pasar primer adalah apa lur

Pasar Primer sering kali disebut dengan pasar perdana, dimana dalam transaksinya merupakan penjualan pertama atas efek ataupun saham yang dikeluarkan oleh emiten pertama kali sebelum dicatat pada Bursa Efek.

Pasar Primer terbentuk akibat adanya investor yang ditawari efek atau surat berharga oleh underwriter atau pihak yang menjamin emis, ata melawai perantara pialang yang sebagai agen penjualan surat berharga.

Istilah lain dari Pasar primer adalah Penawaran Umum Perdana. Di pasar primer para investor akan mendapatkan saham seusia sistem penjatahan yang diatur oleh pihak penjamin emisi.

Pengertian Pasar Primer

Dalam Wikipedia, Pasar Primer merupakan penjualan pertama dari efek atau sertifikat yang dikeluarkan oleh emiten. Emiten merupakan perusahaan atau organisasi yang menerbitkan efek dan sertifikat.

Penerbitan yang dilakukan pada pasar primer sebelum efek atau sertifikat dicatat atau diperjualbelikan pada bursa efek. Pasar primer memiliki jangka waktu perdana selama 90 hari sejak izin Bapepam diperoleh untuk emisi.

Pengertian lain dari Pasar primer yaitu penawaran saham pertama kali dari pihak emiten kepada para investor atau para pemodal, yang waktunya ditetapkan oleh pihak penerbit sebelum saham yang ditawarkan tersebut dicatat pada pasar sekunder atau lebih dikenal dengan bursa efek.

Nama Populer dari Pasar Primer adalah Public offering atau yang sering lagi disebut dengan go public.

Pihak yang terlibat dalam pasar primer hanya melibatkan 2 pihak saja, yaitu calon emiten dan penjamin emisinya. Sedangkan investor atau para pemodal akan mendapatkan ‘jatah emiten’ sesuai pengaturan yang dilakukan oleh pihak penjamin emisi.

pasar primer contohnya apa lur

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Ciri ciri Pasar Primer

Pasar Primer untuk orang awam dalam berinvestasi terkadang sulit dibedakan dengan pasar sekunder atau bursa efek. Nah untuk membedakannya berikut adalah ciri-ciri dari pasar primer, silahkan anda simak!

  • Harga Saham Tetap
  • Tidak adanya komisi
  • Khusus untuk pembelian saham
  • Pemesanan dilakukan melalui perantara Agen Penjual
  • Jangka waktu terbatas

Perbedaan Dasar Pasar Primer dan Pasar Sekunder

Agar kamu dapat lebih memahami lagi tentang perbedaan dari pasar primer dan pasar sekunder. Berikut dibawah ini adalah perbedaan dasar antara pasar primer dan pasar sekunder yang harus kamu ketahui:

Perubahan Harga Saham

Pasar primer memiliki harga yang stabil, sedangkan pasar sekunder memiliki harga saham yang fluktuatif. Perbedaan ini terjadi karena pada pasar primer adanya kesepakatan antara pihak investor dan penjamin emisi tentang kesepakatan harganya, sedangkan pasar sekunder menetapkan harga yang disesuaikan permintaan dan penawaran instrumen efek.

Biaya

Dalam pasar primer para investor tidak perlu membayar biaya admin apapun. Hal ini berbanding terbalik dengan pasar sekunder yang mengharuskan para investornya membayar sejumlah biaya yang telah disepakati oleh ketentuan pelaku transaksi.

Pihak yang Terlibat

Pihak yang terlibat pada pasar primer hanya penjamin emisi dan para investor yang ingin membeli instrumen, lalu instrumen tersebut dijual lagi ke pasar sekunder. Nah, di pasar sekunder pihak yang terlibat hanya investor saja, baik itu investor perorangan maupun investor dari lembaga.

Batas Waktu

Pasar Primer memiliki batasan waktu yang sudah ditentukan. Sedangkan di pasar sekunder transaksi jual beli tidak dibatasi oleh waktu.

Uang Hasil Jual Beli

Uang hasil penjualan di pasar primer akan masuk langsung ke emiten yang menjual efek. DI pasar sekunder uang penjualan akan diberikan terlebih dahulu kepada investor yang menjual efek disebut.

Kegiatan Transaksi

Dalam pasar prime khus untuk melakukan pembelian efek saja. Di pasar sekunder dapat melakukan transaksi jual atau beli instrumen efek.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Contoh Pasar Primer

Perusahaan Bunga akan melakukan penawaran umum. Kemudian perusahaan Bunga menyewa 5 perusahaan penjamin untuk menentukan rencana finansial penawaran umumnya atau IPO.

Perusahaan penjamin tersebut melakukan perincian serta menyatakan bahwa harga yang akan dikeluarkan untuk penerbitan saham perusahaan Bunga adalah sebesar Rp. 2 juta.

Kemudian jika ada pemodal yang tertarik untuk membeli saham perusahaan Bunga, maka bisa langsung membeli IPO tersebut dengan harga yang sudah ditentukan oleh perusahaan yang mengeluarkan saham disebut.

Contoh Kasus Pasar Primer

Republik Argentina membuka penawaran umum akan menjual utang senilai $ 2,7 M dalam bentuk obligasi dua bagaian dolar AS pada tahun 2017. Tujuan dari pendanaan tersebut adalah untuk digunakan manajemen kewajiban

Morgan Stanley, Bank of America, Deutsche Bank, Merrill Lynch, dan Credit Suisse adalah penjamin emisi gabungan pada kasus ini.  Argentina yang sebelumnya sudah masuk ke pasar utang pada tahun sebelumnya dan gagal bayar yang sanagat besar untuk smeentara waktu, pada obligasi di tahun 2017 menawarkan jatuh tempo dalam kurun waktu 100 tahun.

Prosedur Pasar Perdana

Berikut adalah beberapa prosedur yang harus dilakukan ketika ingin melakukan pembelian saham di pasar perdana.

  • Investor yang tertarik dengan produk efek yang ditawarkan dapat langsung menghubungi penjamin emisi, atau agen penjual untuk mendapatkan efek tersebut dengan prosedur yang ditentukan
  • Setelah berhasil menghubungi agen penjualan, inventor kemudian harus mengisi data pemesanan secara detail dan dibarengi dengan pembayaran
  • Selanjutnya penjamin emisi atau agen penjualan akan melakukan pengamanan publik atas hasil penawaran umum para investor yang tawarannya sudah masuk
  • Para penerbit efek dan penjamin emisi akan membagi penjatahan saham atau obligasi kepada para investor
  • Jika emiten mengeluarkan pengumuman nilai keseluruhan obligasi atau saham yang dipesan oleh investor kurang dari total jumlah efek atau pengumuman undersubscribed. Maka para investor akan mendapatkan jumlah efek seperti yang mereka pesan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Nah, sekarang kamu sudah paham bukan tentang pasar primer dari pengertian dan contoh yang diberikan.

Instagram