tips investasi dolar supaya gak rugi

Metode pembayaran perdagangan internasional ini biasanya akan dibutuhkan oleh para pebisnis yang menjalankan bisnisnya dengan lingkup negara lain. Perdagangan internasional merupakan pertukaran barang ataupun jasa dengan dua negara atau lebih sehingga untuk kegiatan transaksinya bisa menguntungkan dan bahkan memberikan manfaat bagi negara yang bersangkutan.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Bentuk transaksi yang dilakukan di dalam perdagangan internasional ini cukup banyak seperti halnya ekspor impor antara dua negara atau lebih, investasi pembangunan pabrik, belanja bahan baku yang berasal dari negara lain atau transaksi lain yang berhubungan dengan negara luar. Dalam menjalankan perdagangan internasional ini bisa berjalan dengan baik apabila setiap negara mampu memperhatikan faktor penggerak ataupun penghambatnya.

tips investasi dolar supaya gak rugi

Metode Pembayaran Perdagangan Internasional yang Bisa Digunakan

Banyak diantara pebisnis yang bingung dalam melakukan pembayaran pada lingkup perdagangan internasional. Dalam menjalankan perdagangan internasional dengan negara lain tentunya akan muncul beberapa prosedur yang perlu diperhatikan dalam pembayaran internasional.

Pembayaran internasional sendiri merupakan salah satu jenis pembayaran yang dapat dilakukan melalui cara pinjaman yang berasal dari luar negeri dan dibutuhkan dalam menyelesaikan hutang piutang. Inilah pilihan metode pembayaran perdagangan yang dilakukan secara internasional bagi para pebisnis:

1. Pembayaran kemudian

Metode pembayaran kemudian ini dapat digunakan oleh para pebisnis atau diterapkan pada saat eksportir dan importir tidak bisa saling mengenal satu dengan yang lainnya. Adanya pembayaran kemudian ini sangat diminati oleh para importir.

Hal ini dikarenakan pihak yang nantinya bisa menanggung risiko pada proses pengiriman adalah eksportir. Sehingga dapat dikatakan bahwasanya dalam proses melakukan pembayaran kemudian adalah metode pembayaran yang bisa digunakan pada saat barang telah tiba dan diterima oleh pihak.

2. Uang tunai

Salah satu metode pembayaran perdagangan internasional yang bisa digunakan apabila eksportir ataupun importir ini belum saling mengenal secara baik karena nantinya dapat membangun kepercayaan kedepannya. Cara menggunakan pembayaran secara tunai ini dari pihak importir dapat menyesuaikan mata uang dari eksportir.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Transaksi untuk melakukan pembayaran secara tunai menjadikan pihak eksportir memperoleh uang dalam waktu yang lebih cepat sehingga untuk proses transaksinya sendiri Lebih diminati oleh eksportir. Akan tetapi untuk kekurangan menggunakan transaksi uang tunai dari pihak importir kurang menyukai karena harus menyediakan uang dengan jumlah yang cukup banyak.

3. Kompensasi pribadi

Pada penggunaan metode pembayaran kompensasi pribadi ini merupakan salah satu jenis pembayaran secara internasional yang biasanya akan dilakukan warga negara pada sebuah negara dengan warga negara lain. Jenis kompensasi pribadi menjadi bentuk pembayaran yang sifatnya sangat praktis.

Sebab untuk melakukan pembayaran ini dapat diterapkan secara tidak langsung. Sehingga dari pihak yang ingin melakukan pembayaran tanpa harus berpindah dari sebuah tempat ataupun negara dan bisa dijalankan di negara masing-masingnya saja.

4. Konsinyasi

Metode pembayaran perdagangan internasional bisa menggunakan konsinyasi, dari pihak produsen biasanya langsung menitipkan barangnya dan memperoleh bayaran yang sesuai dari banyaknya barang yang sudah laku dijual. Akan tetapi untuk lingkup perdagangan secara internasional, metode pembayaran konsinyasi ini menjadi salah satu metode yang bisa digunakan di perdagangan internasional.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Dalam penerapannya sendiri di lingkup perdagangan internasional, konsinyasi merupakan barang ekspor yang nantinya dititipkan pada pihak importir di negerinya dan memberikan sejumlah uang yang disesuaikan pada barang ekspor yang sudah laku sementara itu untuk konsinyasi sendiri dari pihak eksportir tetap mempunyai hak secara penuh terhadap barang dagangan yang disisipkan ke importir.

5. Letter of credit

Letter of credit juga dijadikan sebagai metode pembayaran perdagangan internasional bagi pihak importir yang nantinya memperoleh keleluasaan dalam pengajuan peminjaman di bank. Apabila pihak bank tersebut memberikan persetujuan atas permohonan yang dilakukan oleh importir maka biasanya akan mengeluarkan letter of credit.

Dengan demikian peranan dari letter of credit itu sendiri bisa menjadi alat pengganti kredit ataupun sebagai bentuk jaminan pembayaran untuk pihak eksportir. Sehingga dalam melakukan pembayaran menggunakan letter of credit harus mengetahui setiap prosesnya supaya tidak menimbulkan kesalahan.

6. Wesel

Ketika ingin menjalankan transaksi pembayaran menggunakan wesel sebenarnya sudah ada sejak lama dan memberikan kemudahan tersendiri yang bisa dirasakan ketika bertransaksi di perdagangan internasional. Dan yang diberikan dalam menggunakan wesel yaitu bisa melakukan pembayaran di dalam negeri ataupun luar negeri yang lebih cepat dan mudah.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Selain itu pada saat telah memilih wesel sebagai alat pembayaran maka dari pihak penerima uang ataupun pengirim tidak lagi menggunakan rekening bank. Ingin menggunakan metode pembayaran internasional yang satu ini maka harus melakukan pengiriman formulir untuk pengiriman uang di penyedia jasa wesel.

7. Cek

Cek merupakan salah satu alat pembayaran internasional yang bisa digunakan. Apabila ingin memanfaatkan metode pembayaran yang satu ini dari pihak importir harus memberikan cek pada eksportir dengan pemilihan bank yang sudah disesuaikan dengan negara eksportir.

Penggunaan cek ini maka uang akan langsung ditransferkan ke rekening pihak penerima cek apabila cek tersebut sudah divalidasi.Selain itu untuk penerimaan uang juga harus menunggu proses tanda tangan dari pemilik cek ataupun pemberian cap resmi yang berasal dari pihak pemberi kuasa.

8. Emas

Keberadaan emas ternyata juga dapat dijadikan sebagai metode pembayaran perdagangan internasional yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan uang tunai. Tetapi dalam menggunakan metode pembayaran emas ini harus diperhatikan apabila ingin diterapkan pada pembayaran secara internasional seperti halnya berat emas yang harus sama atau senilai dari barang yang akan dijual.

Menggunakan metode pembayaran emas ini memberikan keuntungan tersendiri di lingkup perdagangan internasional baik itu dari pihak importir ataupun eksportir. Salah satu keuntungan dengan menggunakan pembayaran internasional yang memanfaatkan emas karena emas sendiri tidak akan mudah mengalami kerusakan dan bahkan tidak mudah terganggu oleh adanya inflasi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pilihan metode pembayaran perdagangan internasional yang bisa digunakan oleh pihak importir untuk membayar sejumlah uang ke pihak eksportir. Adanya metode pembayaran di perdagangan internasional tentunya memberikan kemudahan tersendiri dalam melakukan transaksi untuk dua negara ataupun lebih.

Instagram