membuka rekening saham untuk pemula

Mungkin dari kita banyak yang belum mengenal apa itu rekening saham. Serta bagaimana cara pengoprasiaannya dan juga terkait dengan jual beli saham bagi pemula. Dibawah ini akan dijelaskan terkait hal tersebut.

Apa Itu Rekening Saham?

Rekening daham adalah suatu rekening yang biasa dimiliki oleh para investor yang khusus digunakan untuk proses transaksi jual beli saham. Sehingga uang dari hasil jual beli saham ini tidak tercampur dengan uang yang lain.

Dalam pembukaan rekening  ini tidak semudah saat Anda membuka rekening seperti biasanya terdapat beberapa dokumen dan juga setoran awal yang cukup besar untuk anda ingin membuka rekening saham ini

Saldo Minimal untuk Membuka Rekening Saham

Pada pembukaan rekening ini karena berbeda dengan rekening lain. Yang mungkin pada rekening lain dalam sekali pembukaan atau awal pembukaan anda hanya perlu menyetorkan uang dibawah Rp1.000.000.

Namun pada rekening ini setoran awalnya adalah sebesar 10 juta rupiah Sedangkan untuk jenis rekening yang full service adalah setoran awal nya berjumlah 50 juta Rupiah. Cukup besar bukan untuk membuka sebuah rekening ini maka dari itu rekening ini hanya diperuntukkan khusus untuk Para investor dalam proses jual beli saham.

jual beli saham bagi pemula
Photo by Tech Daily on Unsplash

Cara Membuka Rekening Saham

Tahapan atau cara dalam membuat rekening ini adalah yang pertama Anda harus menghubungi bank mana yang Anda pilih untuk membuka rekening ini. Kemudian setelah itu Anda utarakan apa yang ingin anda lakukan di bank tersebut.

Setelah mendapatkan petunjuk dari customer service yang bersangkutan maka selanjutnya adalah Anda harus melengkapi berkas-berkas yang diperlukan dalam proses pembuatan rekening ini. Seperti Fc KTP Fc kartu keluarga dan juga wajib memiliki NPWP.

Atau jika Anda belum memiliki NPWP bisa menggunakan NPWP orang tua ataupun suami. Maka setelah itu selanjutnya Anda akan mengisi data diri yang disediakan di sana sesuai form kemudian setelah itu Anda menyetorkan setoran awal sejumlah yang sudah disepakati tadi.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Perbedaan dengan Rekening Biasa

Perbedaan rekening saham  ini dari rekening biasa adalah.  Jika rekening ini memiliki setoran awal yang cukup besar tetapi pada rekening biasa setoran awalnya biasanya kurang dari 1 juta bahkan ada yang hanya Rp100.000 atau Rp50.000 saja.

Perbedaan yang kedua adalah rekening ini khusus dilakukan atau dibuka untuk transaksi jual beli saham saja. Tetapi jika rekening biasa maka bisa digunakan untuk semua transaksi.

Rekening saham ini juga langsung tertuju pada saham online anda. Anda juga akan mendapatkan ID dan juga password untuk mengakses ke dalam akun saham online.

Panduan Membeli Saham Bagi Pemula

Hal yang pertama harus dilakukan bagi pemula yang akan membeli Saham adalah menentukan dulu perusahaan sekuritas di mana tempat  ingin menanam saham. Kemudian setelah itu lakukan pembukaan rekening saham seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Lalu Pilihlah saham yang sesuai dengan keinginan Anda.  Kemudian setelah melakukan pembelian saham Maka selanjutnya adalah pantau perkembangan saham Anda sedang mengalami penurunan ataukah sedang berada pada grafik yang tinggi.

Sebelum membeli saham pada perusahaan tertentu maka anda juga harus memperhatikan Bagaimana kinerja dari perusahaan tersebut.

Karena  akan sia-sia jika membeli saham pada perusahaan yang mempunyai kinerja yang buruk. Karena kinerja yang buruk ini juga akan dapat mempengaruhi harga saham nantinya Jika anda ingin menjualnya.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Bulgaria
Cara Kirim Uang ke Belgia
Cara Kirim Uang ke Austria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang

Panduan Menjual Saham Bagi Pemula

Sama halnya pada saat ingin melakukan penjualan saham Anda juga harus memperhatikan beberapa hal agar nantinya anda tidak rugi terlalu banyak. Bahkan Anda juga bisa mendapat keuntungan yang lebih besar Jika anda bisa menjual di waktu-waktu yang tepat.

Sebelum melakukan penjualan saham Anda harus memperhatikan terlebih dahulu pergerakan grafik saham tersebut.  Ke arah mana jika grafik saham jika mengalami peningkatan maka anda bisa menjualnya karena hal ini  bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Namun Jangan pernah menjual saham jika grafiknya sedang turun pertimbangkan pula harga beli saham dengan keuntungan yang anda peroleh setelah menjualnya nanti.

Tips dan Trik

Tips dan trik bagi Anda pemula yang ingin melakukan jual beli saham.  Anda harus memahami dulu perusahaan yang ingin dibeli sahamnya. Serta  juga memahami pergerakan grafik saham tersebut agar penjualan tidak mengalami kerugian.

Serta pertimbangkan lagi harga pembelian saham dengan harga penjualan saham.  Apakah terdapat keuntungan dalam penjualan tersebut ataukah tidak.

Anda bisa mulai membeli saham pada saat harga saham rendah. Lalu bisa menjualnya pada saat harga saham sedang naik. maka dari itu keuntungannya Anda dapatkan juga bisa berlipat ganda

Itulah tadi sepenggal informasi seputar rekening saham dan juga cara jual beli saham bagi investor pemula.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri