masjid jamae singapura

Masjid Jamae Singapura juga dikenal dengan sebutan nama masjid Chulia. Masjid yang satu ini merupakan masjid tertua yang ada di Singapura dan tengara yang sangat terkenal di kawasan China Town sejak tahun 1820-an.

Baca Juga Cara Kirim Uang ke Singapura Tanpa Ribet Hanya Pakai Aplikasi

Pada saat kamu sedang liburan di Singapura tidak ada salahnya untuk mengujungi masjid tertua di Singapura ini. Kamu akan melihat gaya arsitektur berbeda dengan masjid di tempat lain dengan lokasi yang berada di lingkungan China.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura

1. Gambaran Umum Masjid Jamae Singapura

masjid jamae singapura

Masjid Jamae ini memiliki gerbang di bagian depan dan ada tambahan menara yang sangat khas di atasnya. Masjid Jamae memperlihatkan bangunan yang terbilang sangat unik dan menarik serta mampu mengundang rasa penasaran di tengah nuansanya Tionghoa yang sangat didominasi di kawasan China Town.

Akan tetapi masjid ini justru bertetanggaan dengan Sri Mariamman Temple dan tidak menimbulkan masalah apapun meskipun lokasinya berdampingan. Masjid Jamae sebagai tengaran yang sangat ternama di South Bridge Road hampir sekitar 200 tahun dan seringkali dijadikan untuk ilustrasi, kartu pos jamn dulu hingga foto.

2. Masjid Jamae untuk Kaum Migran Chulia

Masjid Jamae Singapura telah dibangun sejak tahun 1826 dan terbilang sudah cukup lama berada berdiri di kawasan tersebut. Masjid Jamae Chulia ini merupakan masjid pertama dari 3 masjid yang ada di kawasan China Town yang telah didirikan oleh kaum Chulia yakni Muslim Tamil di Coromandel Coast di India Selatan.

Hal inilah yang menyebabkan bahwa masjid satu ini dikenal dengan sebutan nama masjid Chulia. Masjid Jamae merupakan satu masjid yang ada di Singapura dan sampai sekarang ini masih membuka kelas agama untuk bahasa Tamil hingga banyak orang yang mengunjunginya.

3. Arsitektur Bangunan Masjid

Masjid tertua yang ada di Singapura yakni masjid Jamae telah menampilkan gaya arsitektur yang sangat eklektik dengan kesannya meminjam elemen dari Timur dan Barat. Sementara itu di bagian pintu gerbangnya sendiri dipengaruhi oleh adanya langgam Indo Islam India Selatan, ruang untuk sholat menggunakan akses neo klasik yang cukup terlihat dari bagian tiang Dorian serta pemasangan jendela ukuran besar dengan ubin mengkilap hijau seperti Tiongkok.

Selain itu fasadnya cukup mewah yang menggunakan desain rumit dan telah dilengkapi oleh adanya pintu kecil serta bukaan yang membentuk salib. Masjid yang satu ini memang wajib dikunjungi karena merupakan desain awal Singapura dan belum pernah dilakukan pembangunan kembali.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60 Negara

4. Penetapan Monumen Nasional

Tidak hanya sekedar sebagai masjid yang dapat digunakan untuk melangsungkan ibadah sholat saja. Pasalnya keberadaan masjid ini terbilang sangat tua dan tidak ada perubahan sama sekali setelah dilakukan pembangunan dan hanya dicat serta diperbaiki saja.

Masjid Jamae Chulia ini telah ditetapkan sebagai monumen nasional sejak tahun 1974 silam. Hal ini membuat masjid ini cukup terkenal dan selalu ramai kunjungan untuk ibadah hingga melihat arsitektur mengagumkan jaman dulu.

5. Keunikan Masjid Jamae

Masjid Jamae Singapura ini sebagai saksi sejarah masa lalu munculnya masyarakat muslim yang ada di kawasan China Town. Warisan sejarah yang berasal dari Muslim tamil sebenarnya tidak hanya masjid Jamae namun juga masjid Al-Abrar serta Nagore Darga yang lokasinya berada di Jalan Telok Ayer.

Masjid yang menyimpan sejarah kini sudah menjadi destinasi wisata religi sebagai pilihan yang telah memfasilitasi kegiatan keagamaan. Tidak hanya untuk menjalankan kegiatan rutin sholat 5 waktu namun juga seringkali digunakan untuk mengadakan seminar serta diskusi mengenai keyakinan agama dan juga sosial.

6. Suasana Keberagaman yang Kental

Pada saat kamu datang ke masjid Jamae Singapura maka akan melihat pintu gerbang yang cukup unik karena di kawasan pecinan namun tetap memiliki karakteritik arsitektur dari India. Keberadaan yang berdampingan dengan temple ini membuat kawasannya terasa tetap damai, sementara itu di lingkungan sekitarnya terdapat kegiatan jual beli dan lain sebagainya.

Tidak akan afdol jika sudah datang ke Singapura namun tidak mengujungi masjid Jamae yang ada di kawasan China Town. Menemukan masjid ini pun tidak terlalu sulit karena lokasinya di wilayah destinasi wisata yang banyak dikenal orang baik wisatawan asing ataupun masyarakat lokal.

7. Sejarah Majid Jamae

Masjid Jamae ini didirikan oleh Chulias sebagai muslim Tamil dari partai Coromandel India Selatan dan datang ke Singapura sebagai pedagang dan juga penukar uang, lalu tidak membutuhkan waktu lama pun langsung mendirikan 2 masjid yakni Jamae, Al-Abrar dan juga Nagore Durgha.

Berikut perjalanan sejarahnya masjid Jamae bisa sampai sekarang ini:

• Hingga pada akhirnya untuk masjid Jamae sendiri didirikan pada tahuan 1830 sampai 1835 di situs South Bridge Road di bawahnya kepemimpinan Ansar Said. Pembuatan masjid Jamae ini menjadi salah satu situs bersejarah yang telah diakui dan bangunan masjid ini lebih miring ke arah Mekkah meskipun memang komplek masjidnya sejajar dengan jaringan yang ada di jalan.
• Di tahun 1881 seorang dermawan awal telah meninggal dunia dan sewanya diberikan pada 5 wali pada masjid tersebut
• Lalu masjid Jamae dan juga Nagore Durha ditempatkanlah di bawahnya panel baru dari wali tersebut yang telah ditunjuk oleh pengadilan
• Di tahun 1917 dewan wakaf Muhammad dan Hindu ini melakukan pengambil alihan pengeolaan masjid pada tahun 1968 dan ketika itu menyerahkan kendalinya pada MUIS atau Majlis Ugama Islam Singapura
• Meskipun 2 proposalnya untuk melakukan pembangunan kembali namun struktur yang sekarang ini terlihat tidak mengalami banyak perubahan sejak selesai pembangunan tahun 1996.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai Masjid Jamae Singapura yang menjadi salah satu masjid tertua di Singapura bahkan belum mengalami perubahan dari segi struktur dan arsitekturnya. Hal ini membuat masjid banyak dikunjungi wisatawan karena menyimpan sejarah.