Komposisi Penduduk di Singapura Terbesar dari Tionghoa dan Melayu

Bagaimana komposisi penduduk di Singapura? Negara Singapura merupakan negara kecil yang ada di Asia Tenggara dan sekelompok persemakmurannya mencakup pulau Singapura sebagai pulau terbesar. Komposisi penduduk di Singapura terdiri atas beberapa etnik yang menduduki negara ini.

Baca Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk bayar BPJS

Sama seperti di Indonesia yang memiliki beragam suku, Singapura pun demikian dihuni oleh masyarakat asli Singapura hingga penduduk asing dengan etnik tersendiri. Tentu hal ini membuat Singapura memiliki keanekaragaman budaya yang sangat menarik.

Lokasi Negara Singapura

Komposisi Penduduk di Singapura Terbesar dari Tionghoa dan Melayu

Letak dari negara Singapura berada di ujung selatan Semenanjung Malaysia yang berbatasan langsung dengan Johor dan juga Kepulauan Riau. Negara Singapura mempunyai perbatasan maritim dengan miliknya China yang terletak 137 km dari garis khatulistiwa.

Sementara itu untuk luas wilayah negara Singapura kurang lebih sekitar 697 km persegi yang terdiri atas 63 pulau dan yang paling tersebar adalah pulau Ujong. Sementara itu di sebelah utaranya Singapura ada jembatan menuju ke Malaysia dengan luas Singapura kurang lebih 697 km persegi dan menjadi negara terluas ke 192 di dunia.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Komposisi Penduduk di Singapura

Jumlah penduduk yang ada di negara Singapura ini kurang lebih sekitar 4.987.600 jiwa yang mana masyarakat mayoritasnya etnis Tionghoa sekitar 77.3 persen dan etnis Melayu yang menjadi penduduk asli dari negara Singapura hanya sekitar 14.1 persen.

Sementara itu negara Singapura juga memiliki etnis India sebanyak 7.3 persen ada etnis lain yang tinggal di negara ini sebesar 1.3 persen. Mayoritasnya penduduk Singapura menganut agama Budha yang memiliki jumlah sebanyak 33 persen, Tao 11 persen, penganut agama Islam sebanyak 15 persen, 18 persen menganut agama Kristen, 5.1 persen menganut agama Hindu dan yang lainnya 0.9 persen, sementara untuk sisanya 17 persen tidak menganut agama.

Bahasa Negara Singapura

Dengan mengetahui komposisi penduduk di Singapura, negara ini merupakan salah satu bentuk cerminan dari perpaduan budaya. Meskipun begitu, Singapura tetap mengadopsi bahasa resminya yang mewakili 4 etnis ras utama yakni bahasa Melayu, Inggris, Mandarin dan Tamil.

Akan tetapi mengingat Singapura ini penduduk aslinya adalah Melayu maka bahasa resmi nasionalnya adalah bahasa Melayu. Sementara itu untuk kegiatan sehari-harinya penduduk Singapura menggunakan bahasa Inggris bahkan banyak yang menggunakan bahasa Singlish dengan mengusung dialek campuran yang telah rusak dan salah kaprah namun bisa dipahami oleh penduduk lokal.

Suku China di Singapura

Komposisi penduduk di Singapura mayoritasnya justru dari suku Tionghoa bahkan besarnya hampir tiga perempat dari adanya penduduk asli di negara ini. Asal dari sebagian besar penduduknya Tionghoa ini adalah imigran dari provinsi Tiongkok Selatan termasuk dari Fujian dan Guandong.

Penduduknya ini telah didominasi oleh kelompok yang menggunakan dialek Hokkian dan juga Toechew lalu diikuti oleh para kelompok Kanton, Hainan dan yang lainnya. Pada mulanya, imigran yang datang ke Singapura hanya untuk melarikan diri dari kehidupan yang sangat keras di negaranya sendiri dan mengadu nasib ke Singapura dengan bekerja sebagai kuli ataupun buruh.

Melayu

Komposisi penduduk di Singapura asli sebenarnya dari etnik Melayu yang menjadi penduduk kedua di negara Singapura. Kebudayaan yang ada di Singapura sangat beragam khususnya dari etnik asli Singapura yang kemudian memberikan pengaruh dari kebudayaan lain saat datang ke negara ini.

Kebanyakan penduduk asli Melayu di Singapura ini awalnya berasal dari wilayah yang ada di sekitar pulau Jawa dan daru Bawean di Indonesia serta Semenanjung Malaysia. Kuliner khas dari orang Melayu mampu mewarnai hidangan khas di Singapura dan membuatnya sangat terkenal di kalangan penduduk lokal hingga wisatawan asing.

India

India ini merupakan salah satu etnik yang ada di Singapura terbesar ketiga dan menjadi populasi India terbesar yang ada di luar negeri. Komposisi penduduk di Singapura untuk etnik India hampir 60 persennya ini merupakan etnis keturunan dari Tamil dan lebih dari separuh etniknya India di Singapura menganut agama Hindu.

Saat berkunjung ke Singapura jangan heran lagi jika ada banyak makanan khas India yang dijajakan pada setiap rumah makan, mengingat etnis yang satu ini terbilang sangat banyak di Singapura. Makanan yang menjadi salah satu favoritnya adalah thosai dan vadai bahkan budayanya telah digelar di negara Singapura.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60+ Negara

Eurasia

Komunitas dari etnis Eurasia adalah bentuk komunitas kecil yang ada di Singapura namun mempunyai pengaruh cukup besar dalam perkembangan budaya di negara ini. Dari kelompok etnik ini merupakan perpaduan dari adanya garis keturunan Eropa dan juga Asia yang kemudian menetap di negara Singapura dimulai sejak abad ke 19 sampai saat ini.

Orang Eurasia yang menetap di Singapura awalnya berasal dari bangsa Portugis, Inggris dan Belanda serta ada campuran dari Asia seperti halnya Tiongkok, India dan Melayu. Maka dari itu membuat etnis yang ada di Singapura ini sangat beragam karena ada campuran penduduk sehingga menghasilkan budaya baru namun sangat kental.

Peranakan

Etnik terbesar lainnya yang ada di negara Singapura dari peranakan, etnik ini merupakan campuran yang terdiri atas paduan dari etnik Tionghoa, Melayu dari Singapura dan juga India. Etnik peranakan ini menghadirkan makanan khas baru yang dinamakan dengan Hidangan Nyonya, alasan nama tersebut karena pembuat makanannya adalah wanita.

Makanan khas yang satu ini mempunyai pengaruh sangat kuat dari etnis Melayu dan juga Indonesia dalam menggunakan kelengkapan rempah dan penggunaan santannya. Selain itu juga etnik peranakan mempunyai kebaya nyonya yang mengusung penampilan detail bordir serta dipengaruhi oleh adanya sarong kebaya Melayu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran terkait komposisi penduduk di Singapura yang terdiri atas berbagai macam budaya dan agama. Etnis yang menduduki negara Singapura mulai dari Tionghoa, Melayu, India hingga peranakan.

Instagram