armenian church singapura

Armenian Church Singapura merupakan salah satu gereja yang ada di negara Singapura dan menjadi mahakarya dari arsitektur sejak abad ke 19 dan masyarakat lokal megenalnya dengan gereja Armenia. Gereja yang satu ini merupakan gereja kristen tertua yang ada di negara Singapura dan lokasinya berada di Hill Street di Area Perencanaan Museum di kawasan area pusat.

Baca Juga Cara Kirim Uang ke Singapura Tanpa Ribet Hanya Pakai Aplikasi

Gereja ini telah diselesaikan pembangunannya tahun 1835 dan dulunya gereja Kristen ini merupakan sebuah paroki gereja kerasulan armenia. Gereja ini deniminasi Ortodoks Oriental yakni pastor paroki Armenia terakhir yang sudah pergi di tahun 1030-an.

Gambaran Umum Armenian Church Singapura

armenian church singapura

Gereja tertua di Singapura menjadi tempat yang tenang di sepanjang Hill Street dan berada di luarr keramaiannya Orchard Road dan berdiri sebuah Armenian Church. Gereja Kristen yang ada di Singapura ini telah dibangun pada tahun 1835 yang didedikasikan untuk St Gregory the Iluminator rahib Armenia yang pertama.

Bangunan gereja ini dirancang dengan mengusung desain yang berbeda dari pembangunan dan sekarang ini yang bisa kamu saksikan. Sebab bangunan gereja Armenian Church Singapura telah mengalami banyak perubahan dan perjalanan sejarah panjang hingga pada akhirnya gereja tertua di Singapura ini diresmikan sebagai monumen nasional.

Mahakarya Coleman

Bagi yang menyukai arsitektur maka pastinya akan langsung menghargai gereja yang telah dirancang ini dan telah dianggap sebagai adikarya George D. Coleman sebagai arsitek yang terpandang dari negera Irlandia. Gereja ini telah dinobatkan sebagai monumen nasional yang diresmikan pada tahun 1973 dan telah dipugar sejak tahun 1994.

Gereja kecil yang satu ini adalah sebuah bentuk penghargaan pada komunitas Armenia yang sebelumnya pernah memiliki pengaruh pada negara Singapura itu sendiri. Seperti halnya Sarkies yang bersaudaraan langsung dengn Raffles Hotel.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Kemegahan yang Tenang

Sebelum kamu melangkah masuk ke gereja Armenian Church Singapura ini maka akan menyaksikan adanya puncak menara tinggi di bagian atap dan juga beberapa pilar dan juga pilaster Romawi Dorian yang telah menyangga portico gereja yang telah banyak dipuji.

Di dalamnya maka silahkan kamu melihat ke arah langit dan kubahnya yang bentuknya melengkung, terilhami dengan adanya arsitektur tradisional Armenian Church.

Memori garden lebih tenang dan sangat pas guna menelusuri secara santau dan kamu akan melihat adanya batu nisan akan tetapi bukan sebagai kuburan Agnes Joaqium yang telah menyilangkan anggrek Vanda Miss Joaqium dan Catchick Moses.

Sementara itu untuk pekarangannya ini telah dihuni oleh rumah seorang pendeta yang telah berdiri tahun 1905 yang dulunya sebagai tempat tinggal pendeta sekarang ini yang menaungi kantor administrasi negara.

Sejarah Armenian Church Singapura

Keberadaan gereja yang satu ini telah ditugaskan 12 keluarha Armenia yang menetap di negara Singapura. Bangunan yang dibangun oleh George Drumgoole Coleman ini memiliki sejarah sebelum pada akhirnya bisa sampai sekarang ini.

Berikut inilah beberapa penjabaran mengenai sejarah dari Armenian Church:

1. Fondasi dan Sejarah Awal

Permintaan adanya tanah digunakan untuk membangun gereja diajukan oleh komunitas Armenia sejak tahun 1833 dan juga pemerintah yang memberi tanah di kaki Fort Canning tahun 1834.

Sementara itu untuk peletakan batu pertama dilakukan sejak 1 Januari 1835oleh Yang Agung Pendeta Archimandrite Thomas Gregorian yang membuka gereja baru di hari Minggu paskah 1836.

Gereja yang dibangun ini telah mengalami sejumlah modifikasi sejak pertama kalinya dilakukan pembangunanya dan menara lonceng dirancang oleh Coleman yang dianggap tidak kokoh dalam strukturalnya dan diganti menara persegi 1847.

Setelahnya diganti tahun 1985 dengan adanya puncak menara seperti sekarang ini dan dirancang oleh George Maddock dan tahun 1909 menjadi gedung pertama di Singapura yang menggunakan listrik.

2. Sejarah Selanjutnya

Di akhir tahun 1960 an pada saat pemakaman Kristen dipindahkan ke Taman Peringatan di tanah gereja. Akan tetapi taman peringatan yang satu ini tidak pernah digunakan sebagai tanah untuk pemakamannya.

Jalan Armenia sebelumnya dikenal dengan nama Chinaya seng poh sin chu au artinya bagian belakang gedung baru Seng Poh. Setelah itu gereja ini dikukuhkan sebagai monumen nasional tpada 6 Juli 1973 lalu.

Arsitektur Bangunan Gereja Armenian Church Singapura

Gereja Armenia dibangun dengan mengusung gaya neoklasik Inggris dan juga mendapatkan pengaruh yang cukup unik dirancang secara terpusat seperti gereja induk Armenia. Bahkan di bagian dalamnya ini membentuk lingkaran yang terbilang sama dengan makam suci yang ada di Cambruide Inggris.

Akan tetapi lingkarannya ini dikenakan denah salib persegi dan memproyeksikan adanya serambi berbentuk persegi dalam urutan Doric Romawi. Bangunan gereja lebih mengusung desain gaya Palladian yang mana mendapatkan inspirasi tersbeut dari denah melingkar untuk Gereja St Andrews yang ada di Chennai.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60 Negara

Desain Asli Coleman

Desain yang dihadirkan oleh Coleman ini tidak menggunakan menara dan hanya menampilkan adanhya kerucut segi 8 yang akan menopang bagian menara lonceng kecil dan kolom ikonik. Puncak menara dirancang oleh arsitek Inggris George Maddock sebagai yang kedua guna mengganti menara loncengnya yang asli dari Coleman.

Pertama kalinya mengganti yang asli ini pada tahum 1846 oleh menara persegi dan juga pilaster Doric, sementara itu tahun 1953 menara perseginya juga diganti puncak menara dengan menara segi delapan di atasnya ada bola juga salib seperti yang sekarang ini bsia dilihat.

Maddock mempunyai nada pada pergantian atap guna menopang menara dan juga puncak menara, selain itu juga ditambahkan dengan serambi di timurnya sekitar apse tempatnya kansel berada.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai Armenian Church Singapura sebagai gereja tertua yang ada di negara Singapura yang mengusung banyak desain menarik dari arsitektur ternama. Selain itu bangunan ini telah menjadi monumen nasional secara resmi.

Instagram