Harga rumah di Singapura

Harga rumah di Singapura telah menunjukkan trend yang sangat positif untuk jangka panjang. Pasar properti yang ada di Singapura telah terbentuk sejak tahun 1990 dan harga rumah setiap unitnya terus mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu.

Meskipun dalam 3 dekade mengalami krisis sejak tahun 1997 sampai 1998, SARS 2003 dan adanya krisisi finansial secara global tahun 2008. Namun harga properti di Singapura selalu melewati harga tertinggi.

Kisaran Harga Rumah di Singapura

Kisaran Harga Rumah di Singapura

Saat ini penawaran harga rumah yang ada di Singapura paling rendah pada angka kisaran SDG 1.000 per kaki persegi. Dalam hal ini setara dengan 95 sampai 100 juta per meter persegi dengan adanya hak penggunaan hunian ini 99 tahun yang mana lokasinya berada di luar pusat kota Singapura.

Harga Rumah di Singapura Berdasarkan zonasi

Secara geografisnya, Singapura telah dibagi ke dalam 3 zona yakni Core Central Region atau CCR, Rest of Central Region atau RCR dan Outside Central Region atau OCR. CCR merupakan salah satu daerah yang sudah sangat familiar di Indonesia.

Daerahnya ini mencakup dari adanya lokasi seperti halnya Orchard, Newton, Tanglin, Novena, Marina Bay dan Sentosa.

Harga rumah di kawasan Singapura Core Central Region tertinggi di angka kisaran SDG 2.500 sampai SDG 5.000 per kaki persegi atau setara sengan 250 sampai 500 juta per meter perseginya.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura

Alasan Membeli Properti di Singapura

Seiring berjalannya waktu, banyak di antara masyarakat Indonesia yang lebih memilih membeli properti di negara Singapura. Harga rumah di Singapura akan terus mengalami peningkatan yang sangat tinggi karena penduduknya sudah padat dan selalu membutuhkan lahan baru.

Inilah beberapa alasan yang dapat diketahui dengan membeli rumah di Singapura:

1. Harga Properti Terus Meningkat Setiap Tahun

Alasan utama bagi orang Indonesia yang banyak memilih untuk membeli rumah di Singapura karena harganya terus mengalami kenaikan setiap tahun. Rumah bisa dijadikan investasi tetap untuk jangka panjang namun sangat menguntungkan jika membelinya di Singapura.

Hal inilah yang membuat pembelian properti menguntungkan karena harga rumah tidak pernah turun dan terus mengalami kenaikan. Maka dari itu membeli properti di Singapura tidak akan merugi.

2. Tidak Ada Pajak Penjualan Properti

Harga rumah di Singapura pastinya akan diimbangi dengan pajak yang harus dibayarkan. Apabila kamu membelinya di Singapura maka akan dikenakan pajak dalam jual beli rumah.

Hal ini menjadi sangat menguntungkan bagi siapa saja yang akan membeli rumah di Singapura. Kamu tidak akan dikenakan pajak penjualan, estate duty dan pajak penjualan barang mewah saat menjual properti.

3. Pertumbuhan Harga Sewa yang Sangat Menggiurkan

Hal yang menjadikan alasan bagi kebanyakan orang lebih tertarik untuk melakukan investasi di Singapura adalah bisa menawarkan harga sewa yang sangat menggiurkan. Bayangkan saja jika harga sewa properti yang ada di Singapura ini mengalami kenaikan sebanyak 3 persen setiap tahunnya.

Maka keuntungan yang bisa kamu dapatkan akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan di Indonesia. Tentunya hal ini lebih menguntungkan saat menyewakan properti milik kamu di negara Singapura.

4. Skema Pembayaran Progresif

Alasan lain yang bisa menjadi pertimbangan dalam terjun di dunia investasi di negara Singapura yang sangat menggiurkan yakni skema pembayarannya sangat progresif. Dari pihak pembeli hanya perlu melakukan pembayaran properti sesudah pembangunannya selesai dilakukan dengan adanya perjanjian sebelumnya.

Sehingga pembeli tidak akan merasa dirugikan dengan barang yang belum ada saat dibeli. Dengan adanya perjanjian dari kedua belah pihak maka akan jauh lebih mudah dalam mengkomunikasikan properi di Singapura.

5. Nilai Mata Uang Dolar Singapura Stabil

Mata uang rupiah sering kali mengalami fluktuasi, dengan demikian membuatnya tidak stabil dan bahkan harganya sering naik turun. Hal ini tentunya berbeda dengan nilai mata uang dolar Singapura yang cenderung sangat stabil.

Dengan demikian harga properti pada saat pertama kali beli akan tetap sama dengan harga rumah di Singapura ketika dijual. Kelebihan inilah yang menjadikan alasan bagi banyak orang Indonesia lebih memilih investasi di Singapura.

Cara Membeli Properti di Singapura

1. Memiliki Paspor Aktif

Dalam melakukan pembelian rumah di Singapura maka kamu harus memiliki paspor aktif sebagai syarat utama di negara ini. Paspor merupakan salah satu identitas diri sebagai WNA yang ada di Singapura.

Dalam hal ini paspor akan digunakan untuk melihat data seseorang yang nantinya akan membeli rumah di Singapura. Mengingat syaratnya sangat mudah maka dari itu penjualan rumah di Singapura selalu cepat.

2. Menentukan Cara Membeli Properti

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan dalam membeli properti yakni melalui KPR dan down payment. Cara KPR merupakan sistem pembayaran pertama yang nantinya akan dikenakan 75 persen bunga pinjaman.

Sementara untuk pembayaran keduanya akan dikenakan biaya 55 persen dan pembayaran ketiga akan dikenakan biaya sebesar 35 persen. Cara down payment ini akan membuat pembeli dikenakan bunga pinjaman 25 persen untuk pembayaran pertama, pembayaran kedua 45 persen dan pembayaran ketiga 65 persen.

3. Memilih Bank dalam Membayar Properti

Pemerintah Singapura telah menyediakan dukungan dalam dunia perbankan untuk WNA yang ingin membeli rumah di Singapura. Caranya yakni dengan membuat rekening terlebih dahulu menggunakan paspor yang dilakukan di negara Singapura.

4. Membayar Pajak Properti

Semua pajak di Singapura dikenakan sebesar 18 persen dari harganya properti ataupun sekitar SDG 5400. Pembayaran pajak ini wajib agar rumah yang kamu miliki mendapatkan surat legal dari pemerintah Singapura.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Itulah beberapa penjabaran uraian mengenai harga rumah di Singapura yang sangat menguntungkan untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Rumah di Singapura terus mengalami kenaikan setiap tahun sebagai kebutuhan hunian mengingat penduduknya semakin padat.