Sungai di Singapura

Berkunjung di negara Singapura tidak hanya mengunjungi tempat wisata yang sudah terkenal saja. Banyak sekali sungai di Singapura yang bisa menjadi referensi kunjungan wisata yang berbeda dibandingkan dengan wisata lainnya.

Sungai di Singapura

Meskipun negara kecil namun banyak sekali sungai yang kecil hingga besar dan menarik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke beberapa sungai, inilah sungai terkenal yang dapat kamu ketahui.

1. Sungai Singapura

Di negara Singapura terdapat sungai di Singapura yakni Singapore River. Sungai yang satu ini merupakan salah satu sungai yang mengalir di bagian selatan dari negara Singapura tersebut.

Panjangnya sungai di Singapura ini sekitar 3.2 km dan berawal dari Jembatan Kim Seng sampai menuju ke Marina Bay. Sungai ini mempunyai sumber air yang berasal dari pelabuhan Singapura dan memang secara sejarahnya merupakan lokasi ekonomi Singapura bisa berkembang.

2. Sungai Kallang

Sungai lainnya yang ada di Singapura dan cukup terkenal yakni sungai Kallang. Sungai ini menjadi salah satu sungai yang terpanjang sampai sekarang ini di negara Singapura dengan panjangnya bisa mencapai 10 km.

Awalnya sungai ini merupakan Lower Peirce Reservoir dan terlindung sampai Kallang. Dalam sejarahnya ini sungai Kallang adalah tempat jual beli warga Bugis pada tahun 1960.

3. Sungai China

Jika kamu ingin menjelajah ke sungai menarik yang ada di Singapura tidak perlu khawatir sebab banyak sekali referensi yang dapat dijadikan sebagai tujuan kunjungan wisata. Kamu bisa mengunjungi sungai China ini dan mampu menikmati sungai panjang yang telah melintasi perkampungan.

Kamu juga bisa melihat langsung monyet yang banyak hidup di pinggiran sungai. Apabila ingin memancing maka kamu bisa mendapatkan jenis ikan air tawar.

4. Sungai Rochor

Pilihan sungai di Singapura yang dapat dikunjungi adalah sungai Rochor. Sungai ini menjadi salah satu sungai kanal dari pusat yang ada di Singapura.

Sungai Rochor memiliki panjang hanya sekitar 0.8 km saja. Meskipun memang tidak sampai 1 km namun mempunyai keindahan yang terlihat hingga jembatan Victoria dan bisa melalui berbagai arah perempatan sehingga membuatnya sangat menarik.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura

5. Sungai Jurong

Sungai di Singapura dan bisa menjadi pilihan untuk wisata seperti sungai Jurong yang berada di wilayah Jurong serta Mulus Sungei Jurong. Sungai Jurong mempunyai panjang memang tidak begitu panjang seperti yang lainnya.

Akan tetapi sungai ini tidak kalah indahnya karena disepanjang sisi sungai ada rerumputan hijau yang sangat asri. Kamu pun bisa menikmati keindahan di sungai Jurong yang mampu membuat pikiran menjadi lebih segar dan rileks.

6. Sungai Tho Pek Kong

Sungai di Singapura Tho Pek Kong merupakan sungai terbaik yang bisa menarik perhatian semua pengunjungnya. Sungai Tho Pek Kong terletak di Lim Chu Kang yang sangat mudah diakses hanya dengan menggunakan MRT.

Akses air sungainya ini juga sangat mudah bagi kamu saat ingin berkunjung. Selain itu jika kamu dari daerah jauh atau sebagai wisatawan asing maka bisa menginap di daerah dekat Kampong Bereh dan juga Kampong Wak Dulah.

7. Sungai Ketapang

Pilihan sungai yang selanjutnya adalah Sungei Ketapang lokasinya ini tidak terlalu jauh dari Kampoeng Sek Lim. Panjang sungai ini bisa dikatakan lumayan karena bisa mencapai 2.83 km.

Sedangkan untuk aliran sungainya ini tidak begitu deras dan cenderung lebih tenang. Saat ini sudah tidak ada lagi dek si bagian sisi sungai yang digunakan untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman saat menikmati keindahannya.

8. Terusan Geylang

Salah satu pilihan lain untuk sungai yang dapat dikunjungi di negara Singapura seperti halnya Terusan Geylang yang mana sampai sekarang ini banyak diminati oleh para pengunjung baik lokal ataupun mancanegara. Geylang terletak di pusatnya Singapura yang dapat dikunjungi sungainya kapan saja dan di mana saja dan tidak perlu membutuhkan transportasi yang rumit.

Di sepanjang tepian sungai telah dibangun taman yang memberikan banyak pengaruh bagi kualitas udara bersih dan sangat jernih. Berada di kawasan ini maka kamu akan menghirup udara segar yang berbeda dengan kawasan lain atau di negara lainnya.

9. Kanal Pelton

Kanal Pelton ini merupakan cabang yang berasal dari sungai Kallang dan dikenal dengan sebutan Pelton Canal. Petlon canal telah menghubungkan daerah Kallang dan juga Balam Pak.

Sungai di Singapura ini memiliki keindahan yaang dilengkapi dengan tumbuhnya tumbuhan hijau di sekitarnya. Dengan demikian kamu bisa menikmati keindahan sungainya dengan tetap berteduh dan tidak akan merasakan panas, daerahnya ini cocok digunakan untuk piknik bersama keluarga.

10. Terusan Siglap

Pilihan lain untuk kunjungan ke sungai yang ada di Singapura adalah terusan Siglap, terdapat yang Mulus Siglap Canal menjadi salah satu sungai terbaik di Singapura. Sungainya ini bisa kamu kunjungi dengan mudah dan tidak jauh berbeda dari stasiun MRT Kembangan.

Panjangnya sungai telah dilengkapi dengan adanya tumbuhan hijau yang disediakan di bagian pinggirannya. Pastikan saat datang kemari kamu mengambil foto menarik sebagai kenang-kenangan.

11. Sungai Serangoon

Sungai Serangoon berada di timur laut negara Singapura dan dimulai dari Tampines Road lalu mengalir melalui Hougang dan akan bergabung dengan anakan sungai yakni Sungai Pinang sebelum Sengkang. Selain itu juga aliran airnya ini menuju ke Lorong Halus lalu bergabung dengan anak sungai Blukar sebelum sampai di Pelabuhan Serangoon.

Sungai Serangoon telah dikonversi sebagai waduk Serangoon Reservoir. Meskipun sudah mengalami perubahan banyak menjadi waduk namun masih ada satwa liar yang hidup di sekitaran sungai dan bahkan mereka tidak terpengaruh.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai sungai di Singapura yang dapat kamu ketahui. Sebagai negara kecil, Singapura memiliki sungai yang bisa menjadi rekomendasi kunjungan wisata alam.