Gaji Kurir Freelance Jasa Ekspedisi di Indonesia, Untung atau Rugi?

Gaji kurir freelance tergantung dari setiap perusahaan ekspedisi yang ada di Indonesia ini dan beberapa ekspedisi yang tersedia seperti halnya shopee express, JNE, J&T, Ninja Xpress, Anteraja, SiCepat, ID Express lain sebagainya. Semua jasa layanan ekspedisi tersebut akan mengandalkan kurir supaya bisa mengantarkan setiap barang sampai ke alamat pihak penerimanya.

Bahkan saat ini posisi yang sangat diminati oleh kalangan yaitu kurir freelance atau yang dikenal sebagai tenaga lepas sehingga tidak terikat dengan kontrak jangka panjang pada sebuah layanan jasa ekspedisi. Mereka yang menginginkan posisi sebagai kurir freelance karena dianggap dapat memberikan banyak tambahan penghasilan dari berbagai ekspedisi.

Gaji Kurir Freelance Jasa Ekspedisi di Indonesia, Untung atau Rugi?

1. Apa Itu Kurir Freelance

Kurir freelance merupakan salah satu sistem tenaga lepas yang mempunyai tugas untuk mengirimkan banyak barang sesuai dengan pekerjaan ataupun kontak dari perusahaan ekspedisi yang mana gaji kurir freelance biasanya akan didapatkan berdasarkan projek ataupun jumlah pengiriman per paket sehingga untuk jumlahnya tidak sama seperti karyawan. Perusahaan ekspedisi akan banyak membutuhkan kurir freelance saat kemampuan dalam proses pengiriman telah mencapai batas tertentu seperti halnya bulan Ramadan, Natal, idul Fitri, tahun baru ataupun event diskon marketplace.

Menjadi kurir freelance secara langsung tentunya sangat membantu untuk menyelesaikan semua pekerjaan di periode waktu tertentu dan kurir freelancer sebut biasanya juga mempunyai kontrak perjanjian kerja waktu tertentu dan hanya terikat pada saat ada paket yang harus dikirimkan saja.

Dalam hal ini kurir freelance juga dapat menerima pekerjaan dari berbagai macam jasa ekspedisi untuk satu waktu sehingga besar kemungkinan mendapatkan penghasilan lebih dibandingkan kurir biasa, terlebih juga tidak ada batasan kapan harus masuk dan bekerja karena bisa diambil kapan saja.

2. Gaji Kurir Freelance

Sebagai karyawan kurir ekspedisi tentunya harus masuk kurang lebih 26 hari dalam jangka waktu 1 bulan dan mereka mendapatkan libur 4 hari sehingga adanya kurir freelance ini terbilang sangat bebas. Akan tetapi untuk gaji kurir ini memang tidak pasti karena setiap ekspedisi biasanya juga menerapkan ketentuan yang berbeda namun mereka tetap akan mendapatkan adanya naungan hukum melalui perjanjian kerja waktu tertentu saat masa kerjanya dengan sekurang-kurangnya 21 hari selama satu bulan.

Sementara itu untuk besaran gaji sebagai kurir freelance biasanya juga mengikuti jumlah pengiriman yang dilakukan yang dihitung setiap paket dan dari setiap jasa ekspedisi itu sendiri memiliki aturan pada kurir lepas yang bisa mengambil nominal tertinggi. Berikut inilah gambaran untuk gaji kurir yang ada pada beberapa jasa ekspedisi pengiriman di Indonesia:

1. Gaji Sebagai Kurir Freelance J&T

Apabila memilih sebagai kurir freelance J&T maka harus mempertimbangkan dan memahami setiap perhitungan pendapatan yang nantinya bisa diperoleh ketika mengantarkan paket sampai ke alamat tujuan.jasa ekspedisi ini menggunakan sistem perhitungan per paket dengan harga sebesar Rp 1.000.

Jika diperkirakan kurir freelance tersebut bisa menyelesaikan 100 kiriman paket maka besar kemungkinan pendapatannya bisa mencapai 100.000 setiap hari. Sementara itu untuk pendapatan setiap bulannya bisa mencapai target 3 juta.

2. Gaji Kurir Freelance JNE

Hari ini tentunya berbeda dengan ketentuan dari jasa ekspedisi yang ditawarkan pada kurir freelance JNE. Ekspedisi pengiriman paket JNE menghitung per paket dengan jumlah nominal sebesar 1500 hingga 2000 tergantung dari kantor cabang yang mempekerjakan kurir freelance.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60+ Negara

Apabila dalam satu hari kurir freelance ini berhasil untuk mengirimkan 100 paket dengan penghasilan 1500 per paket maka total gaji yang didapatkan setiap harinya. Sementara itu untuk pendapatan yang bisa didapatkan setiap bulannya sekitar 4,5 juta.

3. Gaji untuk Kurir Freelance ID Express

Pada jasa ekspedisi yang satu ini menawarkan gaji untuk setiap karyawan lepasnya yang mampu mendapatkan kisaran pendapatan 70.000 per hari dengan menggunakan hitungan per paketnya 1.000. Dengan demikian jasa kurir freelance ini akan mendapatkan gaji setiap bulan kurang lebih 2,8 juta.

4. Gaji untuk Kurir Freelance Sicepat

Jasa ekspedisi SiCepat menggunakan hitungan yang tidak jauh berbeda dengan ekspedisi lainnya yaitu 1000 per paket. Apabila dari pihak kurir freelance ini dapat menyelesaikan 100 pengiriman setiap harinya maka gaji yang bisa didapatkan sebesar 100.000 per hari dan juga akan mendapatkan total 3 juta setiap bulan dari pengiriman paket tersebut.

5. Gaji untuk Kurir Freelance Ninja Xpress

Berbeda halnya untuk ketentuan gaji kurir freelance pada jasa ekspedisi Ninja Xpress terbaru untuk setiap paketnya dihitung mulai dari 2000 sampai dengan demikian pihak kurir freelance tentunya bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar dibandingkan dengan menjadi kurir freelance di jasa ekspedisi lainnya.

6. Gaji untuk Kurir Freelance Wahana

Apabila kamu ingin menjadi kurir freelance di jasa ekspedisi Wahana tentunya harus dipertimbangkan terlebih dahulu terkait gaji yang nantinya akan didapatkan. Jika bekerja sebagai kurir freelance di jasa ekspresi yang satu ini maka kamu akan memperoleh pendapatan sebesar 51.000 setiap harinya dan jika dihitung perbulan maka kamu akan mendapatkan gaji sebesar 1.530.000 setiap bulan.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

7. Gaji untuk Kurir Freelance Shopee Express

Ketentuan untuk pemberian gaji kurir freelance tentu berbeda pada jasa ekspedisi shopee Express yang menjadi salah satu ekspedisi terbaru belakangan ini. Kurir freelance akan mendapatkan pembayaran 1800 per paket, sehingga ketika kurir tersebut dapat menyelesaikan 100 pengiriman maka bisa mencapai 180.000 setiap harinya.

3. Perhitungan Gaji pada Kurir Freelance

Dalam perhitungan gaji sebagai kurir freelance tentunya memiliki jumlah yang sangat fluktuatif karena pendapatan yang nantinya bisa diperoleh bergantung pada jumlah pengiriman yang nantinya pun juga harus diselesaikan oleh kurir dalam jangka waktu satu hari. Seringkali kurir freelance ini hanya bisa menyelesaikan pengiriman paket kurang lebih 50 pengantaran untuk satu hari saja.

Sehingga apabila di rata-rata untuk gaji perbulan kurir freelance yang nantinya bisa didapatkan kisaran 1,5 juta hingga 3 jutaan setiap bulannya. Apabila kurir freelance tidak mampu mencapai total pengiriman tersebut tentunya pendapatan yang bisa diperoleh juga terbilang sangat minim.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait gaji kurir freelance pada jasa ekspedisi yang ada di Indonesia. Guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka pastikan kamu memilih jasa ekspedisi yang mampu menawarkan gaji lebih besar pada setiap paketnya.