Tips Memulai Bisnis Ekspedisi Agar Dikenal oleh Banyak Orang

Bisnis ekspedisi memiliki peluang yang sangat besar mengingat tingginya tren belanja online yang ada di Indonesia. Bahkan saat ini sudah banyak jasa ekspedisi yang terintegrasi secara langsung dengan marketplace sehingga memberikan kemudahan bagi pembeli ketika ingin melakukan pengiriman produknya.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Dan membangun sebuah jasa ekspedisi sebenarnya tidak harus dilakukan dalam cakupan yang luas namun kamu juga bisa membangunnya untuk lingkup lokal terlebih dahulu. Apabila bisnis kamu sudah mengalami perkembangan yang pesat maka bisa melakukan ekspansi secara perlahan, sehingga akan lebih mudah untuk memiliki cabang jasa ekspedisi ketika layanan ini sudah banyak digunakan oleh para pelanggan untuk pengiriman barang

Tips Memulai Bisnis Ekspedisi Agar Dikenal oleh Banyak Orang

Tips untuk Memulai Bisnis Ekspedisi

Ketika ingin memulai sebuah usaha ekspedisi maka kamu harus memastikan adanya beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu ikuti ketika ingin menjalankan sebuah usaha jasa ekspedisi:

1. Menyiapkan Modal Awal

Ketika ingin memulai sebuah bisnis tertentu pastinya akan membutuhkan modal dan modal untuk menjalankan usaha jasa ekspedisi terbilang cukup besar namun ini juga tergantung dari jenis layanan dan ruang lingkup dari usaha kamu. Modal utama ketika kamu ingin menjalankan sebuah bisnis ini maka harus menyiapkan kendaraan sendiri baik itu mobil ataupun motor yang nantinya bisa menjadi angkutan logistik.

Selain itu kamu juga bisa menyiapkan sewa lokasi usaha, meja dan kursi, timbangan barang, alat tulis kantor, surat izin usaha dan beberapa biaya operasional lainnya termasuk gaji untuk karyawan. Dari semua modal yang nantinya akan dibutuhkan bergantung pada lingkup pelayanan ekspedisi yang akan kamu tawarkan apakah kamu ingin menjalankan usaha jasa ekspedisi dengan lingkup yang kecil ataupun besar karena nanti akan bergantung pada modal yang akan disediakan.

2. Menentukan Jenis Layanan

Langkah selanjutnya untuk memulai sebuah bisnis ekspedisi maka kamu harus menentukan jenis layanan apa yang nanti akan diberikan. Pada umumnya untuk jenis layanan yang disediakan seperti pengiriman makanan, pengiriman dokumen serta pengiriman barang.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Sementara itu untuk jenis pengiriman barang biasanya akan dibedakan menjadi beberapa kategori seperti halnya kargo, barang pecah belah, obat-obatan dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan untuk setiap jenis barang akan membutuhkan perlakuan yang berbeda supaya kondisinya tetap terjaga dengan baik.

3. Menentukan Cakupan Usaha

Apabila kamu sudah menentukan jenis layanannya maka langkah berikutnya yaitu harus menentukan cakupan usaha dari ekspedisi. Jika kamu hanya ingin memulai bisnis ekspedisi dari segala kecil maka bisa membuka wilayah pengiriman yang ada di dalam kota dan cakupan wilayah ini akan memberikan kemudahan kamu dalam menjalankan sebuah bisnis.

Pada mulanya kamu tidak akan membutuhkan banyak modal karena hanya perlu menyediakan kendaraan sendiri dan menawarkan jasa pada lingkungan sekitar. Sementara itu ketika kamu ingin menjalankan sebuah bisnis dengan cakupan yang lebih luas maka harus mempertimbangkan untuk melakukan perekrutan pegawai dan membuka cabang.

4. Menentukan Sistem Pengiriman

Saat kamu ingin menjalankan sebuah bisnis ekspedisi maka juga perlu untuk menentukan bagaimana sistem pengiriman yang nantinya akan kamu tawarkan pada pelanggan. Kamu bisa menyediakan jasa pengiriman kilat ataupun hanya jenis pengiriman reguler yang membutuhkan waktu kirim sesuai dengan estimasi.

Namun ketika ingin menyediakan beberapa sistem pengiriman sebaiknya kamu sudah memastikan telah menguasai daerah usaha kamu dan mempunyai lebih dari satu kendaraan. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar dalam satu waktu akan terjadi antrian barang yang harus dikirimkan.

5. Menentukan Tarif

Langkah berikutnya untuk membuka jasa ekspedisi maka kamu perlu menentukan setiap tarif jasa pengirimannya. Dalam hal ini kamu bisa melakukan perhitungan modal serta jarak tempuh dari pengiriman barang itu sendiri.

Selain itu kamu juga dapat menetapkan ketentuannya per km ataupun berdasarkan berat barang yang akan dikirimkan. Usahakanlah kamu telah memberikan tarif yang murah supaya dapat bersaing dengan jasa ekspedisi milik kompetitor, dan pastikanlah kamu menentukan tarif untuk setiap jenis pengiriman barang yang tidak terlalu mahal karena sulit untuk mendapatkan pelanggan, namun juga jangan terlalu murah supaya bisnis kamu tidak merugi.

6. Menerapkan Strategi Promosi

Ketika kamu sudah siap dengan bisnis ekspedisi yang akan dijalankan maka bisa melakukan strategi promosi untuk mendapatkan pelanggan dan memperkenalkan jasa ekspedisi kamu kepada banyak orang. Perkenalan ekspedisi bisa dengan menggunakan promosi paling dasar yaitu pemasangan iklan, pemasangan spanduk ataupun mencetak brosur.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Selain itu kamu juga bisa menggunakan strategi mouth to mouth ataupun promosi mulut ke mulut sehingga akan banyak orang yang meneruskan pesan ini dan akan lebih mudah untuk mengenalkan jasa ekspedisi kamu. Kamu juga bisa langsung datang ke pasar untuk menemui beberapa pedagang dan menawarkan jasa ekspedisi yang saat ini kamu sediakan, apabila memungkinkan kamu juga bisa melakukan promosi jasa ekspedisi melalui online sehingga dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas untuk menggunakan jasa ekspedisi kamu.

7. Konsistensi

Langkah terakhir yang sebaiknya kamu lakukan ketika menjalankan sebuah usaha jasa ekspedisi adalah konsistensi dalam menjalankan usaha untuk menjual layanan dan jasa. Dengan demikian adanya konsistensi ini merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus kamu miliki karena kamu harus menjaga ketepatan waktu untuk melakukan pengiriman barang serta menjaga kondisi barang yang akan dikirim supaya tetap baik.

Pastikan kamu tidak membuat para pelanggan kecewa karena sedikit kesalahan yang dibuat. Sebab hal ini akan berdampak fatal pada bisnis yang telah kamu rintis sejak awal, Hal ini dikarenakan banyak para pelanggan yang kecewa dengan layanan yang sudah kamu tawarkan karena tidak memprioritaskan layanan pada pelanggan itu sendiri.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait cara untuk memulai sebuah bisnis ekspedisi. Ketika sudah mengetahui tips sukses untuk menjalankan sebuah bisnis jasa ekspedisi maka akan lebih mudah untuk pengelolaannya.

Instagram