apa itu cnaps code

Apa itu CNAPS? Di tahun 1980 hingga 1990-an pemerintah negara China telah melakukan pembuatan keputusan guna melakukan reformasi pada pasarnya secara lebih luas lagi di negaranya tersebut. Dalam mendukung pertumbuhannya maka dari itu bank sentral di negara China telah menciptakan adanya 2 sistem pembayaran yakni apa itu Cnaps code dan juga CIPS.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Cnaps code atau China National Advanced Payment System yang telah memberikan fasilitas adanya pembayaran domestik di negara China. Sementara itu untuk CIPS atau China International Payment System yang telah banyak menangani semua urusan yang datang dari luar negara China.

Apa Itu Cnaps Code untuk Transfer RMB ke Negara Tiongkok

apa itu cnaps code

Di dunia perbankan memang sudah tidak asing lagi dengan sebutan Cnaps dan dalam menjalankan kegiatan transaksi akan membutuhkan kode selain adanya kode Swift pada saat melakukan pengiriman RMB ke Republik Rakyat Tiongkok. Apabila kamu membayarnya dengan mata uang lain misalnya USD maka kamu hanya membutuhkan kode Swift saja.

Tampilan dari Cnaps code sebanyak 12 digit angka yang dimulai dengan kata kode CN guna menunjukkan bahwasannya akun berada di negara Tiongkok. Pada 12 kode terdiri atas 3 digit pertama yang mewakili sebagai kode bank, 4 digit lainnya mewakili kode cabang dan digit terakhir ini merupakan kode verifikasi.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Cara Kerja Apa Itu Cnaps Code

Keberadaan Cnaps ini sangatlah penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia. Sementara itu untuk sistem kerjanya ini memiliki dua varian utama yang dapat dipecahkan sebelumnya.
Berikut inilah dua varian yang dapat kamu ketahui uraiannya:

1. Cnaps HVPS

HVPS merupakan singkatan dari sistem pembayaran bernilai tinggi sebagai salah satu cara yang paling umum guna mendukung kegiatan transfer uang yang ada di semua bisnis di negara China. HVPS terdiri dari adanya jaringan yang sangat besar bank dan terhubung pada 800 kata lebih di kota China, HVPS ini telah dirancang guna melakukan kegiatan transfer dengan nilai yang lebih besar dan biasanya dilakukan oleh antar bisnis.

Di negara China sendiri apabila ingin membayar pemasok guna suku cadang atau hanya sekedar mengumpulkan pembayaran dari outlet maka kamu akan menggunakan apa itu Cnaps code dan kekuatan terbesarnya berasa dari kecepatan.

Sementara itu untuk di Amerika Serikat, dalam melakukan pembayaran dalam jumlah nominal yang cukup besar maka akan membutuhkan waktu beberapa hari bahkan mingguan.

2. Cnaps BEPS

Sementara itu untuk versi yang kedua ini adalah Cnaps BEPS atau sistem pembayaran masuk massal yang sama seperti sistem rumah kliring otomatis Amerika dengan cara mengumpulkan jumlah yang cukup besar dalam pembayaranya di satu titik untuk satu hari, lalu didistribusikan dananya di kemudian hari dan biasanya di hari yang sama.

Hal ini terbilang sangat penting guna melakukan transaksi kecil yang lebih banyak dilakukan seperti halnya penggajian ataupun biaya komponen secara berulang.

Apabila jumlahnya ini kecil dan waktunya bukan prioritas utama maka BEPS merupakan cara yang paling baik guna melakukan kegiatan transfer di China.

Setiap rekening bank yang telah menggunakan apa itu Cnaps code maka mempunyai kode khusus yang nantinya dapat digunakan untuk transfer dan kode inilah yang mampu mengidentifikasi pengirimnya uang tersebut.

Keunggulan dari Cnaps

Pada saat melakukan kegiatan pembayaran maka cek harus dibersihkan terlebih dahulu dan transfer tidak harus dilakukan pemeriksaan ulang hingga perdagangan uang tunai untuk jumlah yang cukup besar selalu diselidiki oleh pemerintah.

Bahkan untuk Automated Clearing House sebagai metode pengiriman uang yang populer di Amerika pun bisa memakan banyak waktu sampai beberapa jam hingga hari untuk menyelesaikannya.

Namun dengan Cnaps ini semua kegiatannya dapat dilakukan secara real time dan dalam hal ini kamu bisa berbicara melalui telepon dengan para pemasok ketika melakukan transfer dan akan dilihat langsung.

Hal ini tentunya menjadi bagian yang membuat bisnis di negara China lebih sukses karena lebih menghemat banyak waktu dan makin cepat pembayaran layanan maka makin cepat juga melakukan investasi kembali uang tersebut agar tumbuh lebih besar lagi.

Kode Short untuk Kegiatan Transfer ke Inggris

Tidak hanya mengenal apa itu Cnaps Code saja, namun kamu juga harus mengetahui kode short yang digunakan untuk melakukan kegiatan transfer ke negara Inggris Yang telah melakukan pergantian yang sebelumnya koordinasi antonimnya diganti dengan kode penyortiran 6 digit.

Kode short merupakan salah satu jenis kode dapat membantu pihak bank untuk melakukan sortir dalam proses pembayaran ke rekening Inggris dengan benar.

Kode short sebanyak 6 digit yang selalu dituliskan sebagai 3 pasang angka yang ini 2 digit pertama sebagai identifikasi bank dan 4 digit berikutnya untuk mengidentifikasi cabang-cabang tersebut. Dengan demikian untuk kode dalam melakukan transaksi keuangan di luar negeri tidak hanya berlaku untuk negara Tiongkok saja namun juga Inggris yang menggunakan kode berbeda.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60 Negara

ABA untuk Transfer ke Amerika Serikat

Dalam Melakukan kegiatan transfer menggunakan ABA, maka mengirim transfer ke negara Amerika Serikat dengan kode 9 digit yang terdiri atas 4 digit sebagai perwakilan Federal Reserve Routing Code, 4 digit selanjutnya guna mewakili pengenal bank dan untuk 1 digit selanjutnya guna mewakili checksum.

Checksum merupakan ekspresi matematika yang cukup rumit dan menggunakan 8 digit angka pertama, apabila hasilnya tidak sama dengan checksum maka kegiatan transaksi tersebut akan langsung ditandai dan dialihkan guna pemrosesannya dilakukan secara manual.

ABA merupakan singkatan dari American bankers Association yang digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran transfer ke Amerika Serikat. Dengan demikian memungkinkan untuk melakukan kegiatan transaksi transfer bahwasanya penggunaan nomor ABA sebagai nomor perutean bank ataupun nomor transit perutean- RTN guna melakukan identifikasi lokasi pembukaan rekening.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait apa itu Cnaps Code yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan ke luar negeri dengan tujuan Tiongkok. Selain adanya kode tersebut beberapa negara juga memiliki order sendiri untuk melakukan transaksi keuangan khususnya dalam proses transfer.

Instagram