apa itu apa routing number

Apa itu routing number sebenarnya sebuah kode identitas yang memiliki fungsi di perbankan internasional. Sekarang ini melakukan kegiatan transaksi perbankan bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan dan justru sudah menjadi kegiatan sehari-hari.

Berbagai macam transaksi pun bisa dilakukan dengan mudah termasuk kegiatan untuk transfer uang di dalam negeri hingga ke luar negeri. Akan tetapi jika ingin transaksi pengiriman uang antar bank maka akan membutuhkan kode khusus agar bisa terkirim ke luar negeri langsung.

Apa itu Apa Routing Number

apa itu apa routing number

Routing number pada bank sebagai kode identitas untuk melakukan kegiatan transaksi internasional dan kode tersebut jumlahnya 9 digit dan dikenal dengan sebutan IBAN. Routing number bank atau nomor perutean bank ini isinya adalah data penting mulai dari kode bank, kode negara hingga kode rekening bank yang nantinya akan dikirimkan uang.

Trasanksi pengiriman uang ini menggunakan routing number namun hanya dapat dilakukan pada counter bank saja dan karena layanan untuk internet banking hanya mampu mendukung transaksi menggunakan shift code.

Maka dari itu ketika melakukan kegiatan transfer menggunakan routing number ataupun kode IBAN, sehingga membutuhkan informasi lengkap dari pemilik rekeningnya.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Kegunaan Routing Number

Apa itu apa routing number memiliki kegunaan dalam mendukung transaksi internasional sehingga bisa melakukan transfer uang ke rekening tujuan dan dapat digunakan untuk transfer antar negara ke luar negeri atau dari luar negeri. Routing number tentunya setiap bank akan berbeda dan kamu pun harus mengetahui bank apa yang ingin dikirimkan uang ke bank tujuan.

Selain itu juga hanya bisa digunakan guna melakukan transfer bank di Eropa atau Inggris saja. Dukungan layanan untuk melakukan kegiatan transfer hanya dengan waktu yang sangat singkat sudah terkirim ke rekening tujuan.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Perbedaan Routing Number dan Swift Code

Routing number dan swift code merupakan dua hal yang berbeda meskipun memang keduanya ini memiliki fungsi yang sama dalam kegiatan di perbankan. Perbedaan apa itu apa routing number ini bisa membantu semua nasabah yang membutuhkan dalam melakukan kegiatan identifikasi bank menurut negara bagian Amerika Serikat dan bisa memberikan kemudahan untuk proses transfer secara domestik.

Sementara itu untuk swift code dapat melakukan identifikasi kantor cabang guna melakukan kegiatan transfer dalam lingkupnya yang jauh lebih luas lagi yakni bank internasional. Dengan demikian secara kegiatan yang dilakukan tentunya keduanya ini memiliki tindakan arah yang tidak serupa.

1. Bentuk Kode

Keduanya ini juga memiliki perbedaan dari segi nomor kode yang digunakan, routing number biasanya terdiri atas 22 sampai 30 rangkaian angka hingga huruf. Sementara itu untuk swift code ini hanya memiliki angka kode yang terdiri atas rangkaian huruf saja.

2. Tujuan Penggunaan

Perbedaan antara routing number dan juga swift code juga terletak dari tujuan penggunaan dari keduanya tersebut. Tujuan penggunaan dari routing number untuk melakukan identifikasi akun secara individu saja.

Akan tetapi hal ini tentunya berbeda lagi dengan swift code yang memiliki tujuan penggunaan untuk melakukan identifikasi bank tertentu. Maka dari itu meskiupun fungsinya sama namun keduanya ini memiliki tujuan yang berbeda.

3. Ruang Lingkup Penggunaan

Sementara itu dari ruang lingkup penggunaan, routing number untuk skala internasional khususny negara-negara yang ada di kawasan Eropa. Ruang lingkup penggunaan pada swift code lebih luas lagi karena skalanya dalam lingkup internasional tanpa adanya batasan tempat.

Gambaran Umum Apa Itu Apa Routing Number

Nomor routing dulunya dikenalkan oleh American Bankers Association di tahun 1911 dan nomor ini pada mulanya digunakan untuk melakukan kegiatan identifikasi bank ataupun lembaga yang telah menawarkan instrumen terkait pembayaran yang sebaiknya dilakukan.

Selain itu nomor routing akan digunakan dalam memberikan kemudahan pemilihan dan proses mengirim cek agar lebih cepat serta mudah guna menjaga lembaga keuangan supaya lebih efisien.

Nomor perutean bank ini sebagian besar lebih menggunakan format MICR atau Magnetic Ink Character Recognition. Routing number mempunyai 9 digit angka yang terdiri dari simbol routing federal reserve di 4 digit pertama dan 4 digit selanjutnya adalah pengidentifikasi lembaga ABA serta digit terakhir yakni digit cek.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60 Negara

Cara Menemukan Routing Number (Nomor Perutean) Bank

Apa itu apa routing number sebenarnya dapat dicari dengan mudah karena sudah tercantum guna mendukung kegiatan transaksi baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Terdapat beberapa langkah cara yang dapat kamu gunakan dalam mendukung pencarian nomor routing bank apabila dibutuhkan.

Inilah beberapa langkah cara yang dapat kamu ikuti untuk mencari routing number:

• Di atasnya kertas maka silahkan kamu melakukan pemeriksaan perutean bank yakni sejumlah 9 digit angka yang letaknya berada di sebelah kiri ataupun di tengah atau rangkaian angka yang berada di samping nomor akun kamu. Beberapa bank biasanya akan menempatkan di sebelah kirinya string angka dan sedangkan untuk yang lainnya menempatkan di posisi tengah.
• Kamu bisa melakukann pemeriksaan pada halaman akun secara online guna nomor perekrutan bank. Dalam hal ini bank yang berbeda ini menempatkan mereka semua pada tempat yang berbeda di setiapnya sehingga tidak bisa tempat tunggal guna menyarankan pencariannya
• Kamu bisa langsung menghubungi layanan khusus untuk pelanggan bank dan bertanya pada mereka
• Lakukan pemeriksaan aplikasi untuk layanan perbankan kamu apabila telah menggunakannya. Maka dari itu untuk jumlahnya sendiri bisa di mana saja
• Lakukan pemeriksaan pada pernyataan bank kertas kamu apabila akan menggunakannya
• Kamu bisa melihatnya langsung secara online.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai apa itu apa routing number yang banyak digunakan di dunia perbankan hubunganya dalam melakukan kegiatan transaksi. routing number memiliki fungsi dalam mendukung transfer perbankan di dalam negeri hingga ke luar negeri.

Instagram