cara setor tunai bri lewat atm

Di zaman yang sudah berkembang ini kamu dapat menyetor uang tunai di mesin ATM loh. Salah satunya adalah menyetor uang tunai ke bank BRI.

Bagaimana Cara Setor Tunai BRI?

Kamu dapat menyetor uang tunai dengan mudah lewat mesin ATM BRI yang memiliki fitur Cash Deposit Machine (CDM). Setor tunai secara mandiri lewat mesin ATM tentunya lebih praktis dan menghemat waktu karena tidak perlu mengantri di bank yang  terkadang sangat padat sekali.

Tapi, lain halnya jika uang yang disetorkan memiliki jumlah nominal yang besar ada baiknya kamu untuk menyetornya secara langsung ke Kantor Cabank Bank BRI terdekat, untuk menjamin keamanan transaksi.

Mungkin kamu masih sedikit bingung. Bagaimana si caranya menyetor uang tunai secara mandiri di via ATM BRI? Silahkan simak pembahasan dibawah ini mengenai cara setor tunai BRI di ATM dan setor tunai BRI secara langsung di kantor cabang BRI.

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Cara Setor Tunai BRI Via ATM

Berikut adalah cara setor tunai BRI Via ATM. Silahkan ikuti caranya!

  1. Datang ke ATM BRI terdekat di lingkunganmu
  2. Pastikan uang yang akan anda setorkan merupakan uang yang memiliki kondisi yang baik yaitu tidak ada coretan, tidak terlipat, tidak sobek, dan tidak ada benda yang menempel di uang tersebut. Agar uang dapat dibaca oleh sensor ATM
  3. Siapkan uang yang ingin kamu setoran dengan nominal Rp. 50.000 atau Rp. 100.000, karena hanya dua nominal uang tersebut yang dapat diserahkan via ATM.
  4. Masukkan Kartu ATM BRI
  5. Pilih Bahasa Indonesia
  6. Masukkan PIN ATM BRI
  7. Pilih menu setor tunai
  8. Pilih menu rekening tabungan
  9. Masukkan uang yang ingin di setorkan ke lubang box ATM yang terbuka secara otomatis
  10. Mesin ATM akan memproses jumlah uang milik mu, jika sudah benar layar mesin ATM akan menampilkan jumlah uang yang kamu setorkan
  11. jika ada uang yang tidak memenuhi syarat di atas maka lubang box akan terbuka kembali dan menyisakan uang yang tidak dapat diproses tersebut agar kamu ambil kembali, baru setelahnya layar di mesin ATM akan menampilkan jumlah uang yang berhasil kamu setorkan.
  12. Pilih rekening tujuan
  13. Setelah transaksi selesai maka mesin ATM akan memberikan kamu struk atau bukti transaksi atas setor tunai mu.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Cara Setor Tunai BRI Langsung Di Kantor Cabang BRI

Setor tunai BRI di ATM memang sangat mudah dan lebih cepat. Tapi, setor tunai BRI di ATM masih memiliki beberapa hal yang menyulitkan untuk diatasi, salah satunya adalah ketika uang yang ingin kamu setorkan tidak dalam pecahan 50 ribu atau 100 ribu.

Oleh karenanya masih banyak orang yang langsung setor tunai BRI secara langsung di kantor cabang BRI. Buat kamu yang belum pernah, atau masih bingung bagaimana cara bertransaksinya, silahkan simak pembahasan dibawah ini!

  1. Datang ke kantor cabang BRI terdekat, lalu langsung ambil formulir setor tunai yang berwarna biru.
  2. Isi formulir seperti yang diinstruksikan dan isi dengan benar seperti nomer rekening BRI, nominal yang ingin disetor, dan data diri. Jangan lupa untuk mengakhirinya dengan tanda tangan.
  3. Setelahnya tunggu panggilan sesuai nomor urut yang kamu miliki
  4. Ketika sudah berhadapan dengan teller, berikan formulir yang  kamu isi tadi kepada teller dan uang yang ingin kamu setorkan.
  5. Kemudian teller akan memverifikasi ulang data-data tersebut, dan memproses transaksi setor tunai mu.
  6. Jika proses setor tunainya sudah berhasil dan selesai. Kamu akan diberikan Salinan dari formulir atau slip setor tunai dari teller.

Penyebab Setor Tunai BRI Via ATM

Gagal

Kamu mungkin sering kesal, ketika setor tunai BRI via ATM seringkali uang yang kamu setorkan terus menerus ditolak oleh mesin ATM. Lantas apa sih sebenarnya yang menyebabkan mesin ATM menolak uang yang kamu setorkan tersebut? Mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

Uang rusak atau terlipat

Salah satu penyebab yang paling sering dihinggapi oleh para nasabah adalah adanya kerusakan uang yang tidak disadari contohnya adalah uang memiliki lubang kecil bekas klip atau uang yang kamu setorkan ternyata di ujung kertasnya terdapat lipatan kecil.

Karena mesin ATM menggunakan sensor, ia tidak akan menerima uang dengan kondisi seperti tersebut, oleh karenanya sebelum setor tunai ke ATM pastikan terlebih dahulu uang yang kamu miliki dalam kondisis yang layak.

ATM Rusak

Penyebab kedua yang sering terjadi adalah adanya kerusakan pada mesin ATM. Jadi, jika kamu ingin setor tunai biasakan untuk membaca informasi pada layar di atas mesin ATM tersebut.’

Pada layar atau monitor tersebut berisi sebuah informasi mengenai kondisi mesin ATM. Jika disana berisi peringatan bahwa mesin ATM tidak bisa dipakai untuk setor tunai, seharusnya kamu bergegas mencari mesin ATM BRI setor tunai lainnya.

Gangguan Sistem

Setor tunai BRI via ATM menggunakan sistem e Banking yang bekerja secara otomatis. Oleh karena sering kali dihinggapi masalah gangguan sistem yang tidak terduga.

ATM bank bukan bank BRI

Sebelum setor tunai kamu harus pastikan terlebih dahulu bahwa ATM kamu adalah bank BRI. Karena jika ATM kamu bukan bank BRIm aka kamu tidak bisa melaksanakan setor tunai secara mandiri di ATM BRI

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Nah, sekarang kamu sudah tau kan bagaimana caranya setor tunai BRI via ATM dan langsung berkat informasi di atas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram