apa itu breakout saham

Dalam memainkan investasi saham tidak hanya perlu mengetahui tentang cara, keuntungan hingga resiko yang nantinya di hadapi. Namun juga perlu mengetahui momen yang dapat memberikan pengaruh besar menjadi titik tinggi rendahnya harga.

Istilah yang harus diketahui oleh para investor ataun trader yakni breakout saham. Salah satu momen yang sangat penting dan dapat dimanfaatkan untuk bisa meningkatkan keuntungan atau bahkan menjadi resiko penyebab kerugian.

Pengertian Breakout Saham

Breakout erat kaitannya dengan istilah melakukan investasi ini yakni support dan juga resistance. Support yakni batas paling bawah dari harga saham, sementara itu resistance menjadi batas paling atas.

Keduanya ini bisa dilihat dengan grafik harga pada setiap investasinya. Sementara itu breakout sendiri yakni mengacu pada momen harga bergerak di bawah support serta di atas resistance, momen ini sangat dinantikan para trader yang mengikuti strategi trend follower.

Jenis-Jenis Breakout

Breakout mempunyai beberapa jenis yang bisa kamu ketahui khususnya para trader dengan keinginan sukses dalam penyusunan strategi. Tidak hanya itu breakout ini bisa menjadi momen untuk melakukan pengambilan keputusan secara tepat.

True Breakout

Breakout bisa terjadi saat harganya berhasil melewati level dan tidak berbalik arah terus ke penembusan. Jika dilihat dengan melalui candelstick, maka true breakout ini akan mengkonfirmasi apabila badan dari lilin melewati garis serta diikuti peningkatan pada volumenya.

Makin tajam adanya peningkatan pada volumenya maka makin kencang juga sinyalnya dari true breakout. Penting sekali bagi trader mengetahui momen ini untuk mengendalikan investasinya.

False breakout

False breakout dapat dikatakan sebagai momen gagalnya harga dalam membentuk sinyal pada breakout. Sehingga pada posisi false breakout harga sahamnya sudah melampaui level dan terlihat pergerakannya ke arah yang sebaliknya dan tidak mampu lanjut ke arah penembusan.

Jika kamu tidak berhati-hati dalam melakukannya maka besar kemungkinan akan terjebak dalam, kerugian. Pastikan kamu sebagai trader bisa melakukanya dengan pikiran jernih dan tidak terburu-buru sehingga tidak salah langkah.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Tips Trading Saham Menggunakan Strategi Breakout

Titik terendahnya dari breakout yakni digambarkan dengan tanda bintang hijau, seperti yang sudah dijelaskan di bagian atas bahwa breakout bisa menjadi keuntungan bahkan resiko.

Berikut terdapat tips melakukan trading sukses saat breakout:

Memahami trend yang kuat di pasar saham

Pada umumnya strategi pada breakout akan diterapkan saat adanya kemunculan trend yang cukup kuat dan ditambah kondisi pasar ramai. Hal ini dikarenakan trend kuat cenderung akan mampu menembus harganya.

Trend yang kuat dapat memberikan probabilitas kesuksesan yang cukup tinggi. Akan tetapi penting bagi kamu memperhatikan bahwa trading forex trader tidak dapat melihat banyaknya volume ndalam satu waktu kejadian.

Menggunakan candle dalam validasi breakout

Agar breakout yang kamu lakukan bisa valid maka trader haru menunggu sampai penutupan candle ai atas resistance atau di bawah support. Akan menjadi lebih baik lagi saat satu candle secara utuh serta shadow telah berada pada luar area resistance ataupun support.

Breakout belum terjadi apabila hanya pada batas ujung atas ataupun ujung bawah dari shadow candel saja. Namun hal itu bisa terjadi sewaktu-waktu jika sudah bisa melampaui ambang dari batas support maupun resistance.

Mengamati volume trading pasar ketika breakout

Momen breakout ini akan disertai dengan adanya volume trading yang cukup tinggi. Hal ini menjadi pertanda sebuah kemungkinan besar trending yang lebih besar dari sebelumnya.

Begitupun sebaliknya, jika breakout terjadi ketika volumenya trading rendah. Maka artinya yakni menandakan bahwa terdapat kemungkinan besar untuk harganya saham akan berbalik kembali atau fake breakout.

Jangan lupa memasang stop loss

Dalam mengatasi resiko dalam trading dengan menggunakan acuan breakout, pastikan kamu tidak lupa memasang Stop Los. Tempatkan pada titik tepat di resistance ataupun pada titk support yang mana sebelumnya telah menandai adanya breakout tersebut.

Stop Loss ini sangat penting difungsikan agar kamu tidak mengalami resiko terjadinya kerugian besar jika nantinya harga akan gagal breakout. Memang tidak mudah melakukannya namun hal ini sudah menjadi pekerjaan bagi para trading.

Berkonsultasi dengan yang mempunyai pengalaman

Pengalaman bisa menjadi pelajaran terbaik dan sangat mahal didapatkan dalam investasi ataupun trading. Sehingga kegiatan kamu jangan hanya membangun profit saja namu juga bangun koneksi yang banyak agar bisa bermain jauh lebih baik lagi, terlebih dalam hal mengatur strategi saat momen breakout sedang tiba.

Dengan kamu belajar dan berkonsultasi pada mereka yang sudah mempunyao banyak pengelaman maka mudah menyusun strategi saat breakout agar bisa mendapatkan profit tinggi. Kamu tidak hanya mendapatkan bonus memperkuat koneksi namun juga mengurangi resiko serta mendapatkan keuntungan sangat tinggi.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Jangan Mudah Tergoda Momen Breakout

Meskipun kamu berada pada moment breakout yang banyak dinantikan untuk mendapatkan keuntungan besar. Namun tetap saja, breakout mempunyai kategori resiko yang cukup tinggi yang harus dipahami oleh trader dengan baik.

Jadi kamu jangan sembarangan bermain saat momen breakout jika memang belum paham secara detail agar terhindar dari resiko kerugian dan kehilangan semua aset. Pastikan tetap belajar terus untuk meningkatkan kemampuan ketika bermain dan bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Kelemahan Analisa Breakout

Terdapat dua masalah utama saat memanfaatkan momen breakout yakni masalah kegagalan breakout. Harganya akan bergerak di luar resistance ataupun support dan memikat breakout trader dan harganya kemudian berbalik dan tidak melanjutkan bergerak ke arah breakout.

Hal ini bisa saja terjadi untuk beberapa kali sebelum adanya breakout yang sesungguhnya. Level support serta resistance subyektif dan banyak yang tidak peduli dengan level support dan resistance sama karena tidak memperhatikan volume.

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai breakout pada saham. Salah satu momen penting bagi trader untuk meningkatkan keuntungan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram