Strategi Jitu Dalam Memulai Bisnis Kos-Kosan agar Dilirik

Bisnis kos-kosan menjadi salah satu investasi properti yang tentunya memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan. Dalam memulai bisnis pada bidang properti ini terbilang sangat mudah dari segi perhitungan serta prakteknya.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Akan tetapi jika kamu masih pemula dalam menjalankan sebuah bisnis properti tentunya harus mempertimbangkannya secara matang sebelum terjun langsung. Usaha kos-kosan ini terbilang memiliki tinggi peminat khususnya di kalangan pelajar dan belakang ini sangat populer usaha kos-kosan dengan kelengkapan fasilitasnya.

Strategi Jitu Dalam Memulai Bisnis Kos-Kosan agar Dilirik

1. Strategi Menjalankan Bisnis Kos-Kosan

Meskipun dalam menjalankan sebuah usaha kos-kosan ini terbilang sangat mudah akan tetapi kamu juga harus memiliki modal yang besar sebelum memulainya. Maka dari itu kamu harus mengetahui strategi yang tepat untuk memulai membuat usaha kos-kosan sehingga tidak rugi:

1. Mengenali Properti

Apabila kamu mempunyai properti pribadi seperti halnya rumah ataupun tanah maka sebaiknya dipahami terlebih dahulu dan dikenali apakah properti tersebut cocok untuk dijadikan sebagai kos-kosan. Seperti misalnya ketika kamu mempunyai rumah yang terdapat tanah belakang sangat luas maka kemungkinan kamu akan melakukan pemugaran bangunan supaya lebih luas lagi.

Selain itu untuk pembuatan kos-kosan maka kamu harus mengetahui ukuran standar dari kamar kos itu sendiri. Guna mengetahui bahwasanya rumah kamu cocok atau tidak untuk dijadikan sebagai kos-kosan maka bisa melihat luas semua rumah yang nantinya dibagi dengan luas standar dari kamar sehingga bisa diketahui jumlah kamar yang nantinya akan kamu buat.

2. Pemilihan Bangunan yang Tepat

Apabila ternyata kamu belum mempunyai properti secara pribadi maka bisa membeli bangunan kos-kosan yang sudah jadi. Kamu harus mencari informasi terkait jual kos yang nantinya dapat dipertimbangkan untuk memulai dari bangunan baru ataupun bangunan lama sebagai bisnis kos-kosan.

Pada bangunan baru maka sebaiknya kamu juga harus memperhatikan sertifikat properti sementara itu untuk bangunan lama selain harus melihat sertifikat juga kondisi dari bangunan. Jika kamu tidak melakukan pengecekan pada kondisi bangunan bisa jadi kamu akan mengeluarkan uang yang lebih untuk melakukan renovasi pada rumah tersebut.

3. Memilih Lokasi yang Strategis

Makin ramainya lokasi maka makin tinggi juga pasif income yang nantinya bisa masuk setiap bulannya karena lokasi bisa memberikan pengaruh untuk menentukan harga sewa. Penempatan kos-kosan dengan lokasi yang strategis yang berdekatan dengan fasilitas publik seperti halnya kampus, perkantoran, sekolah serta pusat transportasi bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Dalam proses pembangunan kos-kosan harus memperhatikan jarak serta lokasi karena apabila ini tidak tepat maka bisa membuat modal cenderung sedikit dan bahkan tidak bisa berputar. Dengan demikian kamu juga harus mempertimbangkan semua hal dengan matang sebelum memulai usaha kos-kosan.

4. Mempunyai Kelengkapan Fasilitas

Selain dari segi lokasi, bisnis kos-kosan ini akan banyak dicari ketika memiliki fasilitas yang lengkap sebagai pendukungnya. Meskipun kos-kosan hanya menjadi tempat tinggal sementara akan tetapi harus mempunyai fasilitas yang bisa membuat penghuninya betah ketika tinggal di kos-kosan tersebut.

Bagi kamu yang ingin cepat untuk mendapatkan banyak calon penghuni maka sebaiknya menyediakan fasilitas yang lengkap dan mumpuni. Adapun untuk melakukan fasilitas yang biasanya ditawarkan pada kos-kosan seperti halnya kamar mandi dalam, jaringan wi-fi, AC, CCTV, parkiran yang luas, dapur bersama dan lain sebagainya.

5. Menjaga Sistem Kebersihan Secara Berkala

Bagi pemburu kos-kosan tentunya akan tertarik dengan lokasi kost yang selalu bersih karena bisa memberikan kenyamanan ketika tinggal di situ. Guna mewujudkan bisnis kos-kosan yang selalu bersih maka kamu bisa menyewa jasa kebersihan ataupun penjaga kosan supaya kost tetap terlihat lebih bersih dan rapi.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang

Sementara itu untuk biaya yang dikeluarkan kamu bisa memperhitungkan atas penggunaan jasa kebersihan itu sendiri. Kondisi kos-kosan yang bersih tentunya juga bisa menarik dari mereka yang membutuhkan tempat tinggal sementara.

6. Menawarkan Harga Sewa yang Bersaing

Dalam hal ini untuk menjalankan sebuah bisnis kos-kosan kamu harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan harga sewa seperti halnya fasilitas yang dimiliki oleh kompetitor serta harga rata-rata di pasaran. Apabila fasilitas serta konsep yang kamu tawarkan ini lebih baik dan mempunyai berbagai macam keunggulan dibandingkan milik pesaing maka kamu bisa mematok harga sewa yang lebih tinggi.

Pada intinya penentuan harga sewa ini jangan asal menentukan saja sebelum melakukan riset terlebih dahulu dan membandingkan dengan beberapa kosan yang ada di sekitarnya. Hal ini berguna untuk menentukan patokan harga sewa kos-kosan supaya tidak terlalu mahal ataupun terlalu murah.

7. Mempunyai Konsep Kos-Kosan yang Unik dan Menarik

Belakangan ini para pencari kos-kosan tentunya akan mencari tempat tinggal yang nyaman dengan konsep unik dan menarik. Maka dari itu kamu sebagai pelaku usaha yang menyediakan kos-kosan sebaiknya juga menawarkan desain kamar kosan dengan konsep unik dan kekinian sehingga bisa menarik banyak orang untuk tinggal di tempat kos-kosan kamu.

Apabila kamu menginginkan usaha kos-kosan ini bisa menjadi incaran banyak orang sebaiknya melakukan renovasi dengan gaya tertentu seperti halnya industrial yang saat ini sedang happening ataupun minimalis. Dengan konsep yang kekinian dan modern tentunya bisa menarik perhatian para pencari kos-kosan dan besar kemungkinan usaha kos-kosan kamu laku.

2. Keuntungan Membuat Rumah Kost

Saat ini rumah kost mempunyai tingkat permintaan yang sangat tinggi terlebih di kawasan perkotaan. Dengan demikian ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan meskipun harus mengeluarkan modal yang cukup besar namun keuntungan yang nantinya bisa kamu dapatkan juga lebih besar pula.

Pada dasarnya rumah kosokan mempunyai kapital gen yang cukup tinggi karena setiap tahunnya mengalami kenaikan harga yang didapatkan pada bidang investasi properti. Kenaikan harga dari properti ini biasanya didapatkan dengan jangka waktu maksimalnya dalam periode biasanya lebih dari 5 tahun dan proses kenaikannya ini juga tergantung dari rumah kost berada di lokasi strategis ataupun tidak.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai cara yang tepat dalam memulai sebuah bisnis kos-kosan sebagai peluang yang menghasilkan. Usaha kos-kosan memberikan keuntungan yang cukup besar dengan adanya peluang yang tinggi sebagai bisnis investasi properti.

Instagram