Tips untuk Memulai Bisnis Kopi Bagi Pemula yang Menguntungkan

Keberadaan bisnis kopi cukup populer di Indonesia dan menjadi salah satu bisnis menghasilkan karena memiliki banyak peluang meskipun pesaingnya cukup besar. Dengan kepopulerannya ini banyak sekali pengusaha Indonesia yang menjalankan usaha kopi dari kedai kopi tradisional hingga tersedianya cafe modern.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Keuntungan yang didapatkan dalam menjalankan sebuah usaha coffee shop sebenarnya tergantung dari bagaimana cara dalam pengelolaan dan pengembangannya. Maka dari itu sebelum kamu memutuskan untuk membuat coffee shop sebaiknya memahami terlebih dahulu bagaimana cara yang tepat untuk memulai bisnis kedai kopi ini.

Tips untuk Memulai Bisnis Kopi Bagi Pemula yang Menguntungkan

Tips Dalam Memulai Bisnis Kopi untuk Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis kedai kopi khususnya bagi pemula tentu bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan karena belum memiliki pengalaman serta belum mendapatkan relasi sebagai pendukungnya. Dengan demikian kamu yang ingin menjalankan sebuah bisnis kedai kopi maka harus memperhatikan beberapa cara yang tepat sehingga tidak menimbulkan resiko terjadinya kerugian.
Berikut inilah beberapa tips sukses yang dapat kamu ikuti untuk memulai sebuah bisnis kedai kopi yang nantinya bisa memberikan keuntungan dan bisa bertahan lama:

1. Menyediakan Modal Bisnis Kedai Kopi

Pada dasarnya modal bisnis merupakan salah satu hal yang sangat penting dan harus kamu pikirkan sebelum memulai untuk menjalankan sebuah bisnis dan pada usaha kedai kopi ini kamu bisa memulainya dengan modal sebesar 1 juta rupiah. Pada umumnya modal itu bisa tergantung karena dalam menjalankan sebuah bisnis kedai kopi sebenarnya modal utamanya adalah kopi dan air panas.

Sementara itu ketika kamu menjalankan sebuah usaha kedai kopi yang menggunakan alat racikan manual sederhana tentunya tidak akan menggunakan modal banyak dan ketika tempat usahanya sudah ada maka modal 1 juta pun sangat cukup untuk membeli bahan baku dan peralatan pendukungnya. Dalam hal ini kamu bisa memulai untuk menjalankan sebuah usaha kedai kopi sederhana dan pastikan tidak memaksakan untuk membuat kedai yang mewah karena kamu harus memperhatikan kemampuan modal yang dimiliki.

2. Menentukan Target Konsumen

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai bisnis kopi maka sebaiknya juga harus memikirkan dan menentukan siapa yang nantinya akan menjadi target cocok untuk bisnis kedai kopi yang dijalankan. Apabila kamu sudah menentukan target konsumennya maka kamu dapat memulai dengan melakukan analisa terlebih dahulu, berapa besaran penghasilan, bagaimana pendapat mereka terkait cita rasa dari kopi dan apa pekerjaan yang mereka lakukan.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Dengan kamu memahami konsumen secara lebih baik artinya kamu bisa mendapatkan strategi marketing yang tepat untuk menentukan lokasi bisnis, konsep desain yang nantinya cocok untuk coffee shop, harga yang tepat dan lain sebagainya. Sehingga kamu bisa menjalankan bisnis ini untuk mendapatkan keuntungan dan bisa mendatangkan banyak pelanggan karena sudah diketahui minat konsumen terhadap kopi.

3. Cari Supplier yang Terpercaya

Menjalankan sebuah bisnis kopi tentunya kamu juga harus mencari supplier terpercaya yang dapat disesuaikan dengan target konsumen yang sebelumnya sudah ditentukan. Ketika kamu menentukan target pasar untuk konsumen kelas menengah ke bawah artinya kamu bisa mencari supplier yang mudah di pasaran, sementara itu ketika target konsumen yang kamu tetapkan adalah kelas menengah ke atas maka perhatikan untuk mementingkan cita rasa dibandingkan dengan harganya.

Dengan demikian kamu juga harus mencari supplier kopi yang menawarkan produk berkualitas baik dan kamu tidak cukup dengan menjual kopi bubuk instan seperti di pasaran. Maka dari itu cobalah untuk mencari supplier kopi yang mampu memberikan kualitas baik serta harga yang cocok sehingga kopi tersebut bisa menghasilkan cita rasa khas yang cocok dengan harga yang ditawarkan.

4. Buat Konsep Bisnis Kopi

Guna menghindari terjadinya pelestarian pada prinsip kerja kopi maka kamu harus membuat konsep yang lebih kuat dan menonjol. Selain konsep dapat memberikan perbedaan dari usaha kopi milik kamu dengan yang lainnya konsep ini juga bisa membantu dalam menarik konsumen supaya mendukung untuk pengembangan bisnis yang kamu jalankan

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Konsep yang dapat kamu gunakan untuk membuka kedai kopi nantinya akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan bisnis. Seperti halnya kamu mengusung konsep minimalis maka sajian menu kopi yang kamu buat harus memiliki konsep minimalis dan pastikan mengadakan kenyamanan bagi pelanggan karena biasanya penikmat kopi akan menikmatinya sambil bersantai.

5. Menentukan Lokasi Bisnis

Bisnis apapun yang akan dijalankan salah satunya bisnis kedai kopi tentunya harus memperhatikan lokasi strategis yang menjadi salah satu hal guna perkembangan bisnis kamu. Misalnya kamu bisa menggunakan konsep kedai kopi yang sederhana artinya kamu juga harus memilih lokasi yang berdekatan langsung dengan banyak orang yang ada di sekitarnya.

Akan tetapi ketika kamu ingin menggunakan konsep kedai coffee ini seperti cafe maka kamu bisa mencari lokasi yang berdekatan dengan kampus, kantor, mall atau yang lain sebagainya. Penentuan lokasi bisnis kedai kopi yang tepat bisa membantu kamu untuk mendukung bisnis tetap bertahan seiring persaingan yang sangat ketat.

6. Melakukan Promosi Bisnis

Dalam upaya untuk mengenalkan produk kopi pada masyarakat yang lebih luas maka kamu harus melakukan kegiatan promosi bisnis yang tepat. Kegiatan promosi ini bisa kamu lakukan dengan berbagai macam cara mulai dari menggunakan strategi word of mouth, melakukan review kedai kopi kamu melalui sosial media ataupun memberikan penawaran diskon harga pada setiap konsumen yang datang di hari spesial seperti halnya hari Natal, hari nasional, hari lebaran, ulang tahun atau yang lainnya.

Selain melakukan kegiatan promosi bisnis kamu juga harus menciptakan inovasi secara terus-menerus guna mempertahankan eksistensi kedai kopi dan bisa melakukan pengembangan bisnis secara lebih cepat. Dengan adanya inovasi dan kreasi yang kamu hadirkan tentunya kamu tidak akan kalah saing dengan bisnis kopi yang diajarkan oleh kompetitor.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait penjabaran mengenai tips untuk memulai bisnis kopi mulai dari yang sederhana ataupun cafe. Apabila kamu sudah mengetahui kiat-kiatnya dalam membuka bisnis kedai kopi maka akan lebih mudah untuk memulainya.