Bogazici University

Turki merupakan tempat yang menarik karena ada perpaduan budaya Eropa dan Asia. Dengan adanya tempat wisata yang dibuka oleh pemerintah setempat membuat Turki menjadi salah satu destinasi menarik untuk wisatawan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Selain itu, Turki juga menambah inovasi lainnya dalam bidang pendidikan. Untuk kamu yang penasaran seberapa besar biaya kuliah dan biaya hidup di Turki, simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Biaya Kuliah di Turki

1. Hacettepe University

Hacettepe University
Hacettepe University

Hacettepe University merupakan sebuah universitas yang berada di Ankara, Turki. Dari sisi akademik, Hacettepe University menempati posisi pertama di antara universitas Turki lainnya dan sudah berdiri sejak 1967.

Universitas ini menyediakan 13 fakultas, 2 sekolah, 13 lembaga dan 6 sekolah kejuruan. Biaya kuliah di Hacettepe university adalah sekitar TRY 2.955 Pertahun.

2. Istanbul Technical University

Istanbul University
Istanbul University

Istanbul Technical University merupakan sebuah universitas teknik internasional yang berada di Istanbul, Turki. Universitas ini juga mempunyai sejarah panjang dan juga terhormat yang dimulai sejak tahun 1773 dan didirikan oleh Sultan Mustafa III sebagai simbol pendidikan teknik dan arsitektur di Turki.

Istanbul Technical University menyediakan 25 departemen Teknik, 13 Perguruan tinggi, 18 pusat penelitian, dan juga 6 sekolah yang setiap fakultas terdiri dari dua atau bahkan lebih departemen. Biaya kuliah di universitas ini mencapai TRY 3.000 per tahun.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Turki
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis

3. Istanbul University

Istanbul University
Istanbul University

Masih di sekitar Istanbul dan kita masuk ke Istanbul University. Universitas ini berdiri sejak tahun 1453 dan dianggap sebagai pendahulu dari House of Multiple Science yang berkembang menjadi Universitas Istanbul pada tahun 1933.

Universitas ini menawarkan 17 program gelar associate, 299 program gelar master, dan 189 Ph.D program dan mencakup 15 Fakultas, 12 Institut, 2 Perguruan tinggi, 2 Sekolah Kejuruan, dan 2 Departemen. Biaya kuliah di universitas ini ada di kisaran TRY 17.200 pertahun.

4. Ege University

Ege University
Ege University

Ege University merupakan universitas negeri yang berada di Izmir, Turki dan sudah berdiri sejak tahun 1955 dengan fokus pada bidang studi Kedokteran dan Pertanian. Universitas ini merupakan yang pertama di izmir dan juga sebagai universitas tertua keempat di Turki.

Seiring berjalannya waktu, Ege University menawarkan program pertukaran seperti program pertukaran Mevlana dan program pertukaran Erasmus yang termasuk kursus Bahasa Asing dan juga Kursus Bahasa Turki. Biaya kuliah di universitas ini ada di kisaran TRY 2.115 pertahun.

5. Bogazici University

Bogazici University
Bogazici University

Bogazici University sudah berdiri sejak tahun 1971 dan merupakan universitas negeri di Istanbul, Turki yang berafiliasi dengan lembaga pendidikan tinggi Amerika. Meskipun Universitas ini berada sepenuhnya di bawah pemerintahan Turki, namun masih hubungannya dengan sistem pendidikan Amerika begitu kuat.

Bogazici University memiliki 4 fakultas, 2 sekolah, dan 6 lembaga yang program studinya berfokus pada ilmu terapan, pendidikan, dan ilmu sosial. Biaya untuk kuliah di sini cukup tinggi, yakni TRY 11.000 pada Program Sarjana, dan TRY 2.200 per tahun untuk Magister.

6. KOC University

KOC University
KOC University

KOC University ini didirikan pada tahun 1993 merupakan sebuah universitas swasta nirlaba di Istanbul, Turki yang juga sekaligus universitas paling bergengsi di sana. Universitas ini menarik banyak siswa dengan skor tertinggi dari SMA Turki seperti KOC School, Robert College, Uskudar American Academy, Istanbul High School.

KOC University memiliki program studi seperti Administrative Sciences and Economics, College of Sciences, Social Sciences and Humanities, Engineering, dan masih banyak lagi. Biaya kuliah di universitas ini ada di kisaran TRY 19.500 pertahun.

7. Gazi University

Gazi University
Gazi University

Gazi University merupakan sebuah universitas negeri yang berada di Ankara, Turki dan berdiri sejak tahun 1926 oleh Mustafa Kemal Ataturk sebagai Gazi Teacher Training Institute. Bisa dikatakan Gazi University ini merupakan universitas tertua di Turki.

Gazi University menawarkan program Sarjana, Pascasarjana, Doktor dan gelar associate. Universitas yang menawarkan program pendidikan jarak jauh pada mahasiswa ini memiliki biaya sekitar TRY 15.550 pertahun.

8. Bilkent University

Bilkent University Turki
Bilkent University

Bilkent University merupakan sebuah universitas swasta yang berada di Ankara, Turki dan sudah berdiri sejak tahun 1984 oleh Profesor Ihsan Dogramaci. Universitas ini sudah memiliki 13.000 lebih siswa dengan 9 fakultas dan 2 sekolah profesional yang masih ada sampai sekarang.

Bilkent University menawarkan program sarjana, pascasarjana dan juga doktoral dalam berbagai mata pelajaran seperti Ekonomi, Arsitektur, Manajemen, Ilmu Politik, dan juga Administrasi Publik. Biaya kuliah di universitas ini cukup tinggi, yakni di kisaran TRY 76,900 untuk Sarjana maupun Magister.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Daftar Biaya Hidup di Turki

Setelah melihat daftar biaya kuliah di poin sebelumnya, kini kita masuk biaya hidup di Turki yang bisa dikatakan cukup tinggi, khususnya pada tempat tinggal. Untuk rincian biaya hidup di Turki, simak ulasannya di bawah ini.

1. Tempat Tinggal

Saat kamu akan tinggal di sana, ada banyak pilihan dan salah satunya adalah tinggal di apartemen. Untuk perbedaan harganya ada di bagian jumlah tempat tidur dengan lokasinya yang bisa kamu lihat rincian harganya di bawah ini.

• Apartemen 1 kamar tidur di pusat kota: TRY 1.200 – 3.500 per bulan (luar pusat kota: TRY 800-2.300 perbulan)
• Apartemen 3 kamar tidur di luar pusat kota : TRY 2.000 – 7.500 per bulan (luar pusat kota : TRY 1.200-4.000 per bulan)

2. Biaya Utilitas

Setelah kamu mendapatkan apartemen yang diinginkan, selanjutnya adalah memperkirakan biaya utilitas seperti listrik, penghangat ruangan, air, sampah dan masih banyak lagi. Secara umum, rincian biaya utilitas adalah sebagai berikut:

• Biaya listrik, penghangat ruangan, air, dan sampah : TRY 331-850 per bulan
• Pulsa telepon untuk satu ponsel : TRY 0,42-1
• Internet 60 Mbps atau lebih, unlimited data : TRY 90-200 perbulan

3. Biaya makanan dan minuman di Turki

Biaya selanjutnya yang harus diperhatikan adalah makanan dan minuman saat akan tinggal di sana. Beberapa harga makanan dan minuman yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut.

• Makanan di restoran murah: TRY 20-50 per porsi
• Makanan di restoran menengah : TRY 90-300 per porsi
• Makan di McDonalds : TRY 25-35 per porsi
• Air mineral (0,33 liter botol) : TRY 1-5 per botol (1,5 liter botol : TRY 1,3 – 3)

Dari harga di atas, kita bisa melihat bahwa harga makan di restoran cukup tinggi sehingga kamu lebih baik masak sendiri agar bisa menghemat pengeluaran.

4. Biaya Transportasi

Tidak jauh berbeda dengan negara lain, kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus, taksi, atau kereta untuk alat transportasi. Rincian harganya bisa kamu lihat di bawah ini.

• Tiket sekali jalan dengan transportasi lokal: TRY 3,00 – 5,5
• Taksi dengan tarif normal: TRY 5,00 -12 (tarif 1 km:TRY 3,00 – 10,00)
• Sewa mobil seharian: TRY 220.000-312.000
• Bensin (1 liter) : TRY 6,5-8,3

5. Biaya hiburan

Untuk hiburan, kamu bisa mendatangi taman-taman, museum, hingga bioskop yang tersebar di Turki dengan harga yang berbeda-beda. Untuk menonton film di bioskop, kamu harus merogoh kocek sebesar TRY 20-40 per tiket.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Dari ulasan di atas kita bisa melihat bahwa biaya kuliah dan biaya hidup di Turki ada yang terjangkau dan ada juga yang cukup mahal. Tinggal bagaimana kamu dapat mengatur keuangan saat tinggal di sana nanti.

Instagram