Beragam Agama di Singapura dengan Persentase Berbeda Setiap Etnis

Agama di Singapura ini ditandai dengan adanya keberagaman keyakinan serta praktiknya dalam keagamaan yang dikarenakan oleh campuran berbagai macam etnis masyarakat berasal dari negara lain. Singapura ini merupakan salah satu negara yang paling beragam dengan agama di dalamnya.

Baca Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk beli token listrik

Hal ini membuat Singapura memiliki toleransi yang sangat tinggi dengan adanya berbagai macam agama. Akan tetapi persentase untuk agama yang ada di Singapura lebih banyak yang menganut agama Buddha.

Persentase Agama di Singapura

Beragam Agama di Singapura dengan Persentase Berbeda Setiap Etnis

Dari sensus yang telah dilakukan pada tahun 2020, agama yang memiliki jumlah pengikut paling banyak di Singapura adalah Buddha dengan jumlahnya kisaran 31.10 persen dari total penduduknya. Hal ini diikuti oleh adanya agama lain yakni Kristen dengan jumlah persentasenya kisaran 18.90 persen dan terbesar kedua di Singapura.

Selain itu agama yang ada di Singapura juga ada agama Islam dengan persentase jumlahnya 15.60 persen, Taoisme 8.80 persen dan Hindu sebanyak 5 persen. Di negara Singapura ini juga terdapat agama lain dengan jumlah persentasenya 0.80 persen dan juga tidak menganut agama lainnya sebanyak 20.00 persen.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Toleransi Agama di Singapura

Pemerintah Singapura telah lama berusaha untuk menjaga toleransi yang cukup tinggi di negara ini dan menjaga kerukunan antar umat beragama di negara Singapura. Akan tetapi juga mencetak saksi-saksi Yehuwa dan juga Gereja Unifikasi.

Sementara itu untuk di sekolah-sekolah, semua siswa akan diajarkan mengenai ilmu sosial pelajaran tentang kerusuhan Maria Hertogh dan juga 1964 Kerusuhan Ras sebagai pengingat dari adanya konsekuensi konflik antara beragama yang cukup marak.

Kelas ras campuran sebagai interaksi antara siswa dari berbagai macam ras dan juga perayaan festival beragama juga membantu dalam menanamkan toleransi antar umat beragama dan pemahaman sejak muda.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Agama Berdasarkan Etnik di Singapura

Singapura yang memiliki keberagaman agama kini memang membuat keharmonisan tersendiri. Ketiga etnik besar yang ada di Singapura seperti halnya Tionghoa, Melayu dan juga India dan lainnya merupakan salah satu keturunan daru Indonesia, Eropa dan Amerika.

Inilah daftar persentase agama di Singapura berdasarkan dengan etnik:

1. Etnik Tionghoa

Penduduk Singapura dengan etnik China atau Tionghoa sebanyak 76.84 persen dan berdasarkan agama didominasi oleh Tionghoa yang menganut agama Buddha. Selain itu juga banyak yang menganut agama Kristen sebanyak 20.90 persen untuk Kristen Protestan 68.78 persen dan juga Katolik sebanyak 31.22 persen.

Sementara itu juga ada Taoisme sebanyak 12.30 persen serta penduduk di Singapura tanpa memiliki agama sangat signifikan mencapai 23.30 persen. Adapun untuk daftar persentase lebih jelasnya sebagai berikut:

Persentase Pemeluk Agama Etnik Tionghoa di Singapura

Buddha: 42.30 persen
Tanpa Agama: 23.30 persen
Kristen: 20.90 persen
Taoisme: 12.30 persen
Islam: 0.34 persen
Hindu: 0.01 persen
Lainnya: 0.23 persen

2. Melayu

Agama di Singapura juga banyak dianut oleh penduduk etnik Melayu hingga mencapai 11.87 persen dari keseluruhan penduduk di Singapura. Hampir semua keturunan Melayu banyak yang menganut agama Islam.

Adapun untuk daftar persentase agama yang ada di etnik Melayu sebagai berikut:

Persentase Pemeluk Agama Etnik Melayu di Singapura

Islam: 99.17 persen
Kristen: 0.39 persen
Tanpa Agama: 0.28 persen
Buddha: 0.05 persen
Hindu: 0.03 persen
Lainnya: 0.05 persen

3. India

Penduduk di Singapura juga ada keturunan India yang sangat signifikan memenuhi negara di Asia ini. Berdasarkan data dari sensus penduduk pada tahun 2015 terdapat kurang lebih 8.25 persen warga yang ada di Singapura dengan etnik India.

Mayoritasnya dari etnis India ini menganut agama Hindu akan tetapi juga banyak yang menganut agama lainnya seperti halnya Islam, Kristen dan juga Sikh. Berikut inilah daftar persentase agama untuk etnis India yang dapat diketahui:

Persentase Pemeluk Agama Etnik India di Singapura

Hindu: 59.88 persen
Islam: 21.28 persen
Kristen: 12.10 persen
Sikh: 4.26 persen
Tanpa Agama: 1.37 persen
Buddha: 0.66 persen
Lainnya: 0.40 persen

4. Etnis Lain

Pada umumnya selain ada etnis Tionghoa, Melayu dan India di Singapura merupakan keturunan dari Eurasia atau Eropa yang telah bekerja ataupun sudah menjadi Resident Permanent di Singapura.

Sekarang ini banyak sekali orang asing yang memilih tinggal di Singapura bahkan selain Eropa juga banyak di kalangan termasuk Indonesia, Afrika dan Asia yang lain. Semua etnik yang lainnya ini telah mencapai 3.03 persen dari keseluruhan penduduk di Singapura, berikut daftar persentasenya:

Persentase Pemeluk Agama Etnik Lain di Singapura

Kristen: 60.00 persen
Buddha: 20.64 persen
Tanpa Agama: 13.40 persen
Islam: 7.85 persen
Toisme: 0.08 persen
Hindu: 0.40 persen
Lainnya: 0.90 persen

Bahasa Resmi dan Pendidikan di Singapura

Selain agama di Singapura juga memiliki beberapa bahasa resmi yang digunakan di negara ini seperti halnya Mandarin, Melayu dan Tamil meskipun memang warga negara di Singapura menggunakan bahasa sehari-hari dengan bahasa Inggris. Adanya keempat bahasa yang digunakan ini untuk melakukan komunikasi setiap hari dengan sesama warga di negara Singapura.

Tidak hanya sebagai bahasa resmi saja, bahasa juga diterapkan dalam pendidikan kewarganegaraan yang telah menyatu pada berbagai macam pelajaran karakter tingkat SD dan bahkan sebelum masuk kuliah. Hal ini berfungi untuk meningkatkan kesadaran dari semua warga Singapura pentingnya ada keragaman di setiap negara.

Masyarakat Tanpa Agama

Di Singapura terdapat beberapa kelompok yang mana tidak menganut agama seperti warga Singapura lainnya dan kemungkinan sebenarnya memiliki keyakinan hanya saja tidak diidentifikasi kelompok tunggal. Kelompok tanpa agama ini juga berkembang sebab merasa bahwa agama tidak ada hubungannya dengan moralitas publik.

Mereka lebih melihat bahwa agama itu hanya urusan pribadi setiap orang tanpa harus dicampuradukan di dalam kehidupan sosial masyarakat. Sampai sekarang ini di Singapura banyak umat tanpa agama dengan jumlahnya yang terus meningkat dalam waktu yang sama.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai agama di Singapura dengan persentase setiap masing-masing agama. Singapura sebagai negara dengan agama yang beragam sehingga mampu menghasilkan toleransi tinggi.

Instagram