Biaya Kuliah di Universitas Sains Malaysia

Malaysia menawarkan pengalaman akademik yang unik dengan mempunyai pilihan program studi yang cukup menarik. Salah satu Universitas di Malaysia yaitu Universitas Sains Malaysia mempunyai reputasi dengan fakultas beserta jurusan yang berkualitas tinggi. Biaya kuliah di Universitas Sains Malaysia dapat terbilang terjangkau dibandingkan negara-negara bagian Barat.

Mengenal Universitas Sains Malaysia Dan Peringkatnya

Perlu kalian ketahui Universitas Sains Malaysia (USM) merupakan institusi publik di Gelugor, Malaysia. Didirikan sebagai universitas kedua di Malaysia pada tahun 1969 dan dikenal sebagai Universiti Pulau Pinang.

Universitas Sains Malaysia memiliki pendaftaran hampir 30.000 dan lebih dari 4.000 mahasiswa International mahasiswa setiap tahunnya, selain itu USM menawarkan program sarjana dan pascasarjana di 17 sekolah di kampus utama, 6 sekolah di kampus Teknik, dan 3 sekolah di kampus Kesehatan.

Diakui sebagai salah satu institusi publik terbaik di Malaysia, Universitas Sains Malaysia telah masuk dalam peringkat 150 institusi teratas di QS World University Rankings pada tahun 2021 dan 2022. USM juga berada di peringkat ke-34 di QS Asian University Rankings.

Dalam THE Impact Rankings 2021, Universitas Sains Malaysia mengantongi peringkat ke-39. Peringkat terbaik lembaga tersebut adalah dalam kondisi kesehatan dan kesejahteraan yang baik, tidak ada kemiskinan, kemitraan untuk mencapai tujuan dan perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang kuat.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Fakultas dan Jurusan di Universitas Sains Malaysia

Universitas Sains Malaysia memiliki beberapa jenjang pendidikan mulai dari sarjana hingga program doktor. Berikut Fakultas dan jurusannya.

1. Fakultas Sains

Pertama adalah Fakultas Sains. Cocok sekali untuk mereka yang mempunyai ketertarikan di bidang sains. Di mana ilmu sains ini tidak melulu tentang makhluk hidup. Tapi ada juga ilmu tentang biologi ataupun fisika. Ada beberapa jurusan yang dapat Kalian pilih sesuai minat dan fokus studi. Ini dia program pendidikan di fakultas tersebut.

  • Biologi
  • Kimia
  • Fisika
  • Matematika
  • Sains Komputer

2. Fakultas Teknik

Kedua adalah Fakultas Teknik. Bagi kalian yang ingin mempelajari tentang teknologi masa kini dan menerapkannya dalam sebuah projek praktis cocok sekali untuk mempelajari ilmunya. Ada beberapa jurusan yang dapat kalian pilih sesuai minat dan fokus studi. Ini dia program pendidikan di falkutas tersebut.

  • Teknik Elektronik
  • Teknik Mekanikal
  • Teknik Kimia
  • Teknik Sipil
  • Teknologi Maklumat

3. Fakultas Kedokteran

Ketiga adalah Fakultas Kedokteran. Untuk kalian yang ingin melanjutkan perguruan tinggi sebagai dokter di luar negri. Kalian dapat mempertimbangkan Universitas Sains Malaysia untuk mempelajari ilmu dalam dunia medis. Ada beberapa jurusan yang dapat kalian pilih sesuai minat dan fokus studi. Ini dia program pendidikan di falkutas tersebut.

  • Ilmu Medis
  • Ilmu Kesehatan
  • Ilmu Farmasi
  • Institut Kemajuan Medis dan Ahli Gigi
  • Ilmu Kedokteran Gigi

4. Fakultas Pendidikan

Terakhir merupakan Fakultas Pendidikan. Untuk kalian yang mempunyai bakat mengajar dan ingin menjadi calon pengajar cocok sekali untuk memilih fakultas pendidikan. Ini dia program pendidikan di falkutas tersebut.

  • Pendidikan Awal Kanak-Kanak
  • Pendidikan Khas
  • Pendidikan Sains
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Matematika

Selain keempat fakultas di atas, masih ada beberapa fakultas dan jurusan lainnya. Seperti Ekonomi dan Ilmu Kemanusiaan yang ada di Malaysia. Nah, jika sudah mengetahui jurusan yang ingin diambil. Berapakah biaya kuliah di Universitas Sains Malaysia, yang merupakan kampus terbaik di Malaysia.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Biaya Kuliah di Universitas Sains Malaysia

Bagi calon mahasiswa selain mempersiapkan bekal mental untuk bersaing dengan mahasiswa lain di perkuliahan. Hal terpeting  yang tidak boleh kalian lewatkan ialah soal biaya. Karena biaya menjadi faktor kelancaran dalam masa kuliah dari awal hingga kelulusan nanti.

Estimasi biaya kuliah biasanya tergantung dengan jurusan yang kalian pilih. Selain itu biaya pendidikan sarjana tentu berbeda dengan program master. Perhitungan biaya kuliah dihitung berdasarkan rata-rata per tahun.

Namun, tidak perlu khawatir. Biaya kuliah di Universitas Sains Malaysia terbilang cukup terjangkau dibandingkan negara bagian barat. Rata-rata biaya kuliah berkisar antara RM20.000 hingga RM40.000 per tahun atau setara dengan sekitar Rp. 70 juta hingga Rp. 140 juta. Selain itu kalian perlu mempertimbangkan soal biaya hidup selama berada di negara orang. Mulai dari tempat tinggal, akomodasi, makan, dan lainnya.

Biaya selain Akademik

Kalian harus mepertimbangkan biaya lainnya, mahasiswa akan dibebakan biaya yang masih termasuk dalam lingkup akademik. Ini dia merupakan rician secara umumnya.

1. Kesehatan

Setiap mahasiswa internasional harus mempunya asuransi kesehatan. Untuk mendapatkannya kalian dapat menghubungi instasi terkait seperti FWD Group adalah perusahaan asuransi yang dapat memberikan penawaran layanan kesehatan lengkap di Malaysia.

2. Keperluan Kuliah

Sebagai seorang mahasiswa tentuk kalian membutuhkan perlatan kuliah seperti buku, peralatan tulis dan lainnya. Selain itu ada pula biaya untuk melakukan penelitan yang harus memerlukan biaya.

3. Biaya Hidup

Biaya hidup di Malaysia dapat terbilang sama dengan biaya hidup di Indonesia. Namun kalian harus antisipasi selma kalian kuliah di Universitas Sains Malaysia. Berikut rincian umumnya.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store   350px appstore

Demikianlah ulasan seputar biaya kuliah di Universitas Sains Malaysia lengkap beserta faktor-faktor yang perlu kalian pertimbangkan. Semoga melalui informasi ini bisa menambah pengetahuan serta wawasan, utamanya bagi calon mahasiswa.