Visi Misi Bank Indonesia untuk Mencapai Tujuan yang Dicitakan

Visi misi bank Indonesia merupakan tujuan yang pastinya ingin dicapai sebagai pertumbuhan dan pengembangan untuk masa depan. Dalam menjalankan kapasitasnya ini Bank Indonesia bergerak sebagai Bank sentral yang memiliki satu tujuan tunggal yakni untuk mencapai dan memelihara kestabilan pada nilai rupiah.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia ini memiliki tugas dalam proses pengelolaan terhadap tiga bidang yakni sistem pembayaran, moneter serta stabilitas sistem keuangan. Pada ketiga bidang utama dari Bank Indonesia itu perlu diintegrasi supaya tujuan tunggal bisa tercapai secara efektif dan efisien.

Visi Misi Bank Indonesia untuk Mencapai Tujuan yang Dicitakan

Visi Misi Bank Indonesia

1. Visi

Menjadi bank sentral digital terdepan yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional dan terbaik di antara negara emerging markets untuk Indonesia maju.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

2. Misi

1. Mencapai dan memelihara stabilitas nilai Rupiah melalui efektivitas kebijakan moneter dan bauran Kebijakan Bank Indonesia;

2. Turut menjaga stabilitas sistem keuangan melalui efektivitas kebijakan makroprudensial Bank Indonesia dan sinergi dengan kebijakan mikroprudensial Otoritas Jasa Keuangan;

3. Turut mengembangkan ekonomi dan keuangan digital melalui penguatan kebijakan sistem pembayaran Bank Indonesia dan sinergi dengan kebijakan Pemerintah serta mitra strategis lain;

4. Turut mendukung stabilitas makroekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui sinergi bauran Kebijakan Bank Indonesia dengan kebijakan fiskal dan reformasi struktural Pemerintah serta kebijakan mitra strategis lain;

5. Turut meningkatkan pendalaman pasar keuangan untuk memperkuat efektivitas kebijakan Bank Indonesia dan mendukung pembiayaan ekonomi nasional;

6. Turut mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat nasional hingga di tingkat daerah;

7. Mewujudkan bank sentral berbasis digital dalam kebijakan dan kelembagaan melalui penguatan organisasi, sumber daya manusia, tata kelola dan sistem informasi yang handal, serta peran internasional yang proaktif.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Nilai Strategis dari Visi Misi Bank Indonesia

Dalam menjalankan visi misinya sendiri, Bank Indonesia memiliki nilai strategis yang harus diterapkannya. Dengan demikian akan lebih mudah dalam membuat perencanaan untuk mencapai tujuan yang akan diterapkan oleh Bank Indonesia.

Adapun untuk nilai-nilai strategis yang dimiliki oleh Bank Indonesia sebagai berikut:

Kode Etik dan Pedoman Perilaku

Dalam pencapaian visi misi bank Indonesia menjadi lembaga Bank sentral yang menjalankan kinerjanya secara kredibel dan terbaik di lingkup regional memiliki syarat atas dukungan kinerja yang cukup tinggi berasal dari perilaku SDM Bank Indonesia yang jujur, terintegrasi dan profesional. Ketidak adanya aspek terhadap perilaku yang sudah disebutkan terus itu memiliki potensi untuk menghambat pada proses pencapaian kerja dan bahkan bisa meningkatkan risiko hukum hingga reputasi.

Dengan demikian bisa berdampak pada ketidakpercayaan pemangku kepentingan atau publik terhadap pelaksanaan tugas yang dijalankan oleh Bank Indonesia karena untuk kredibilitas lembaga sangat berhubungan dengan kepercayaan publik tentang perilaku dari SDM. Proses untuk menciptakan perilaku yang sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia akan dibutuhkan aturan dalam mengatur secara jelas dari etik serta norma perilaku secara menyeluruh pihak SDM yang disertai pada proses penegakan yang dilakukan secara konsisten, adapun untuk penerapan ketentuan kode etik serta pedoman perilaku dari Bank Indonesia sebagai berikut:

  • Menghindari terjadinya konflik antar kepentingan
  • Menegakkan integritas serta profesionalisme
  • Menjaga kemandirian dan ketidak berpihakan
  • Menjaga kesusilaan, kesopanan serta perilaku masyarakat
  • Bersikap secara adil.

Tujuan Tunggal Bank Indonesia

Adanya tujuan tunggal dari visi misi bank Indonesia sebagai Bank sentral membuat posisinya memiliki satu tujuan tunggal dalam mencapai serta melakukan pemeliharaan terhadap kestabilan nilai rupiah. Bentuk kestabilan dari nilai rupiah ini mengandung adanya dua aspek yaitu kestabilan pada mata uang negara asing serta kestabilan nilai mata uang pada barang hingga jasa.

Pada aspek kestabilan nilai mata uang untuk barang dan jasa tercermin dengan adanya perkembangan laju inflasi, sedangkan untuk kestabilan terhadap mata uang negara asing tercermin pada proses perkembangan dari nilai tukar rupiah untuk mata uang dari negara lain. Hadirnya perumusan untuk tujuan tunggal ini guna memperjelas adanya sasaran yang akan dicapai oleh Bank Indonesia hingga batas tanggung jawab sehingga bisa tercapai atau tidaknya tujuan tersebut bisa diukur dengan lebih mudah.

Tiga Pilar Utama Bank Indonesia

Dalam mencapai tujuannya tentunya harus berlandaskan visi misi bank Indonesia yang didukung oleh adanya tiga pilar. Tiga pilar utama dari Bank Indonesia tersebut menjadi tiga bidang utama dari tugas yang harus.

Semua bidang yang harus dilakukan oleh bank indonesia tersebut harus diintegrasi supaya untuk proses pencapaian dan pemeliharaan kestabilan dari nilai mata uang rupiah bisa dicapai secara efektif dan efisien. Adapun untuk tugas dan fungsi dari Bank Indonesia sudah dituangkan dalam bentuk 3 pilar utama sebagai berikut:

  • Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
  • Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
  • Stabilitas sistem keuangan.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Setrika
Bisnis Jasa Keuangan
Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan
Bisnis Jasa Bodyguard

Visi Sistem Pembayaran Indonesia dari Bank Indonesia Untuk 2025

Bank Indonesia akan menghadirkan sistem pembayaran Indonesia di tahun 2025 yang akan memastikan arus dari digitalisasi mengalami perkembangan khususnya pada ekosistem ekonomi serta keuangan digital menjadi lebih kondusif. Adanya visi tersebut menjadi respon atas perkembangan digitalisasi yang mampu mengubah tingkat risiko secara signifikan.

Adapun untuk visi sistem pembayaran Indonesia diantaranya:

  • Mendukung adanya integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional sehingga memberikan jaminan terhadap fungsi bank sentral untuk menjalankan proses peredaran uang, stabilitas sistem keuangan serta kebijakan moneter hingga mampu mendukung inklusi keuangan
  • Mendukung adanya digitalisasi dari perbankan sebagai bentuk lembaga utama untuk ekonomi dan keuangan digital dengan adanya open banking atau memanfaatkan teknologi digital dan data dalam menjalankan bisnis keuangan
  • Menjamin tersedianya inter link untuk fintech dan perbankan dalam menghindari tingkat risiko shadow banking melalui pengaturan dari teknologi digital, kerjasama bisnis serta kepemilikan perusahaan
  • Menjamin adanya keseimbangan dari inovasi dan consumers protection, integritas dan stabilitas hingga persaingan pada sebuah usaha yang lebih sehat menggunakan penerapan KYC serta AML/CFT
  • Menjamin untuk memberikan kepentingan nasional di dalam sektor ekonomi dan keuangan digital antar negara dengan adanya kewajiban pada proses transaksi domestik yang terjadi di dalam negeri serta penyelenggaraan kerjasama asing dan domestik yang memperhatikan prinsip resiprokalitas.

Cara Mendaftarkan Akun Jack untuk Kemudahan Finansial Perusahaan Anda

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian yang terkait dengan visi misi bank Indonesia. Adanya visi misi tersebut membuat Bank Indonesia memiliki komitmen yang matang dalam mencapai tujuannya.