Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula

Artikel ini membahas tentang tips traveling ke Thailand untuk kamu yang suka backpackeran dan menikmati indahnya banyak pantai di Thailand. Selamat membaca!

Salah satu destinasi turis mancanegara kalangan milenial di Asia Tenggara adalah negara Thailand. Negara yang dikenal sebagai Negara Gajah Putih ini, memiliki banyak objek wisata dan menawarkan berbagai kenyamanan.

Tips Traveling ke Thailand

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Pixabay/aiworldexplore

Untuk kamu yang ingin berlibur ke Thailand pertama kali, pastikan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan terencana. Inilah beberapa tips traveling ke Thailand untuk pemula agar menjadi sangat menyenangkan.

1. Menyiapkan paspor

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Pixabay/Skitterphoto

Tips traveling ke Thailand yang pertama, siapa saja yang mau ke luar negeri, paspor merupakan syarat wajib yang harus dimiliki. Saat ini membuat paspor cukup mudah, karena hanya dengan mendownload aplikasi layanan paspor online di Android ataupun IOS.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Cina

Setelah mendaftar kamu akan memperoleh nomor antrian yang kemudian akan mengarahkan kamu untuk datang ke kantor imigrasi untuk diproses lebih lanjut.

2. Membuat anggaran sesuai kebutuhan

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Pixabay/stevepb

Tips traveling ke Thailand yang kedua, sebelum kamu pergi berlibur ke Thailand sebaiknya terlebih dahulu susun beberapa pengeluaran yang kamu butuhkan agar dapat memperkirakan biaya hiburan yang dibutuhkan. Mulai dari tiket pulang pergi, transportasi penginapan, makanan dan oleh-oleh sebagai kategori alokasi budget.

Namun, sebaiknya jumlah nominal tidak harus tepat karena kamu juga harus memperkirakan biaya darurat yang menjadi anggaran tak terduga sebagai dana untuk berjaga-jaga.

3. Mencari waktu yang tepat

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Unsplash/Estée Janssens

Tips traveling ke Thailand yang ketiga, untuk berlibur hemat, sebaiknya kamu memilih jadwal yang tidak bersamaan dengan musim liburan sehingga tempat wisata yang ingin kamu kunjungi cenderung lebih tenang tidak terlalu ramai dengan kedatangan wisatawan. Waktu low season ini, biasanya terjadi di bulan Maret hingga September, dimana harga tiket penerbangan dan penginapan lebih murah dibandingkan hari biasa.

4. Tentukan tujuan wisata

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Pixabay/sasint

Tips traveling ke Thailand yang ke-4, Thailand memiliki banyak destinasi wisata, sehingga sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu untuk memilih tempat wisata yang sesuai dengan keinginan, seperti ke Bangkok Chonburi, Chiang Mai dan sebagainya.Setelah menentukan kota mana yang akan kamu kunjungi, maka tentukan pula destinasi wisata yang terdapat di kota tersebut.

5. Membuat list destinasi wisata

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Unsplash/Mathew Schwartz

Tips traveling ke Thailand yang ke-5, buatlah list destinasi yang ingin kamu kunjungi, agar lebih terencana dan tidak kebingungan saat sampai di kota tujuan. List ini akan berguna sebagai acuan untuk memperhitungkan berapa lama perjalanan waktu tempuh antara destinasi satu dengan destinasi yang lainnya, sehingga kamu dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata dalam sehari.

Thailand cukup terkenal dengan destinasi wisata budaya dan alamnya, yang mewajibkan kamu untuk berkunjung ke kuil dan pantainya. Meskipun ada banyak tempat wisata modern di sana, namun jangan lupa untuk eksplor ke Bangkok yang akan menyuguhkan berbagai destinasi budaya yang dimilikinya.

6. Menyiapkan tiket pesawat dan penginapan sebelum berangkat

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Unsplash/Nicole Geri

Tips traveling ke Thailand yang ke-6, tiket pesawat dan penginapan merupakan hal penting yang dibutuhkan saat berlibur. Saat ini, untuk membeli tiket pesawat dan penginapan sangat mudah, karena terdapat banyak platform online yang memberikan penawaran kepada masyarakat untuk membeli tiket dengan harga penginapan dan maskapai yang bervariasi.

Kamu juga bisa mencari tiket pesawat dan hotel promo, yang dapat kamu cari dari iklan website yang memberikan promo dengan cuma-cuma.

7. Mempelajari percakapan sederhana dalam bahasa Thailand

Tips traveling ke Thailand yang ke-7, belajar bahasa dasar tidak wajib, namun jika kamu memahami percakapan sederhana dalam bahasa Thailand tentu akan mempermudah kamu saat berlibur di Thailand. Terutama saat kamu berbelanja dan bertanya ketika baru saja tiba di negara tujuan kamu berlibur.

Kamu bisa mempelajari beberapa kalimat sederhana, seperti mengucapkan salam, terima kasih atau kalimat bertanya berbelanja.

8. Menukar mata uang

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Unsplash/Hamza Baig

Tips traveling ke Thailand yang ke-8, sebelum keberangkatan kamu menuju Thailand sebaiknya pastikan kamu sudah menukar uang di money changer yang banyak ditemukan di bandara ataupun mall. Pastikan pula kamu membawa uang Rupiah yang cukup untuk menukar dengan mata uang Thailand yaitu Bath.

Disarankan kamu menukar uang ketika masih berada di Indonesia, karena penukaran uang di Thailand cukup mahal dan mata uang Rupiah nilai tukarnya rendah.

9. Membeli SIM card dan paket internet

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Unsplash/ROBIN WORRALL

Tips traveling ke Thailand yang ke-9, saat sampai di bandara Thailand tentu akan ada konter yang menjual SIM card dan paket internet. Sales counter akan bertanya kepada kamu, berapa lama akan tinggal di Thailand dan meminta hp paspor juga uang.

10. Menggunakan transportasi umum di Thailand

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Pixabay/Pexels

Tips traveling ke Thailand yang ke-10, saat berlibur di Thailand kamu dapat menggunakan transportasi umum yang telah disediakan di negara Thailand, seperti angkutan umum, bus, MRT, taxi dan BTS Skytrain untuk ke destinasi wisata. Kamu bisa memilih transportasi umum yang mana saja untuk mempermudahkan perjalanan kamu saat berlibur di Thailand.

11. Mencicipi jajanan street food

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Pixabay/Michelle_Raponi

Tips traveling ke Thailand yang ke-11, Thailand merupakan surga kuliner bagi wisatawan yang menyukai makanan dengan cita rasa unik dan menarik, karena terdapat banyak street food yang harus kamu kunjungi dan coba di negara Thailand. Selain rasanya yang lezat, harga street food Thailand juga ramah di kantong para wisatawan.

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

Namun, untuk para muslim yang berlibur ke Thailand sebaiknya mengecek terlebih dahulu bahan makanan yang digunakan karena sajian kuliner Thailand banyak menggunakan daging babi.

12. Bawa Pakaian Seperlunya

Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula
Unsplash/Mantas Hesthaven

Tips traveling ke Thailand yang ke-12, tips packing saat berencana jalan-jalan ke Thailand adalah kamu tidak perlu bawa baju satu lemari. Namun, jangan lupa kamu juga membawa pakaian resmi seperti batik untuk berjaga-jaga jika kamu diundang dan datang ke tempat wisata yang memerlukan pakaian sopan.

Karena iklim di Thailand tidak jauh berbeda dengan Indonesia, maka sebaiknya kamu membawa pakaian santai untuk sehari-hari. Kamu tidak perlu membawa pakaian tebal seperti jaket atau sepatu boots karena di Thailand tidak ada musim dingin.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

13. Berbelanja di Thailand

Tips traveling ke Thailand yang terakhir, saat kamu berkunjung ke pasar Thailand, kamu bisa menawar sehingga bisa mendapatkan harga barang yang diinginkan menjadi lebih murah. Apabila kamu ingin berburu dan membeli oleh-oleh serta baju dalam jumlah yang banyak, maka kamu wajib untuk datang ke Platinum Fashion Mall di Bangkok.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, biasanya satu baju atasan rata-rata tidak sampai Rp 100.000. Kamu bisa membeli baju di pasar Thailand ini untuk oleh-oleh atau dijual kembali di Indonesia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Nah, itulah dia sederetan tips traveling ke Thailand untuk wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke negara ini. Selain itu, untuk menghemat budget kamu saat berlibur sebaiknya kunjungi tempat wisata gratis yang yang banyak ditawarkan oleh Thailand.

Instagram